Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Agar Dompet Tetap Sehat saat Puasa di Ramadhan

by lhmdi on 10 Juni, 2016

tips bisnis kuliner puasa - CekAja.com

Menyajikan tubuh yang sehat saat puasa di bulan Ramadhan memang sebuah keharusan. Namun, ada kesehatan penting lainnya yang mesti dijaga saat bulan puasa. Hal tersebut adalah kesehatan dompet!

Tidak bisa dipungkiri lagi, saat puasa ini, kebutuhan akan lebih besar dari sebelumnya. Sebagai contoh, mulai dari teman sekolah dasar hingga teman kuliah akan selalu memberikan undangan untuk mengikuti acara berbuka puasa bersama.

Tidak tanggung-tanggung acara berbuka puasa ini bisa membuat pengeluaran atau isi dompet kamu akan berkurang. Padahal masih banyak kebutuhan lainnya yang perlu dipersiapkan, beberapa diantaranya adalah persiapan tiket mudik hingga memenuhi kebutuhan lainnya.

Nah! Agar dompet tidak menjadi cepat kosong selama bulan puasa, ada beberapa tips yang perlu dipersiapkan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Memilih undangan buka puasa yang tepat

Dari sekian banyak undangan berbuka puasa, yang datang, baik dari teman-teman yang pernah satu sekolah dasar, kuliah, undangan dari mantan, hingga mantan gebetan tentunya akan membuat kamu binggung. Oleh karena itu, ini saat yang tepat untuk membatasi undangan buka puasa yang kamu terima.

Bukan bermaksud sombong, namun kamu harus membuat prioritas disini. Terutama tentang pengeluaran atau isi dompet diri kamu sendiri. Sebagai solusinya, tidak wajib rasanya untuk mendatangi semua acara buka puasa bersama.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat prioritas dan membuat perhitungan pengeluarannya terlebih dahulu.

  1. Memperkirakan jumlah pengeluaran

Nah! Setelah memilih undangan buka puasa mana saja yang akan kamu pilih, sekarang saatnya untuk menyiapkan atau membagi pengeluaran tersebut. Catat pengeluaran atau jumlah uang yang akan kamu persiapkan, dan jangan pernah memaksakan untuk mengeluarkan uang di luar batas kemampuan kamu.

Oleh karena itu, gunakan uang tersebut secara bijak, karena kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan untuk berbagai macam kebutuhan lainnya.

  1. Cerdik memilih tempat

Tempat-tempat untuk berbuka puasa biasanya identik dengan restoran, lounge atau kafe-kafe. Namun, disini kamu harus bisa lebih cerdik. Sebagai contoh, kamu bisa mengusulkan untuk berbuka puasa di rumah seorang teman saja. Sebagai persiapan untuk menu buka puasanya, kamu bisa mengajak teman-teman yang lain untuk membeli serta memasaknya sendiri.

Cara ini setidaknya akan membuat pengeluaran tidak terlalu besar seperti berbuka puasa bersama teman-teman di restoran mahal dan isi dompet pun tetap sehat saat puasa Ramadhan yang sedang kamu lalui.

  1. Mencari tempat alternatif

Buka puasa tidak harus di kafe atau restoran mahal. Kamu bisa berkumpul bersama teman-teman di taman-taman kota yang semakin banyak disediakan pemerintah saat ini. Toh, pada kenyataannya, acara buka puasa bersama tidak lebih dari sekedar ajang silaturrahmi.

Selain itu, berbagai menu buka puasa yang dijajakan pedagang di sekitar taman pun tidak kalah lezatnya di bandingkan dengan di restoran. Bahkan harganya lebih murah! Kamu bisa memberikan usul untuk memilih tempat alternatif seperti mendatangi taman-taman kota untuk menikmati buka puasa bersama teman-teman. Dan yang paling penting, isi dompet kamu tidak akan terkuras habis!

  1. Manfaatkan fitur kartu kredit

Jika dirasa, belum ada yang setuju dengan usulmu untuk berbuka puasa di rumah, maka restoran atau kafe pun tentunya akan menjadi pilihan. Agar pengeluaran kamu tidak terlalu membengkak, sebenarnya kamu bisa menggunakan fasilitas kartu kredit.

Tentunya sangat banyak bank-bank penerbit kartu kredit saat ini bekerjasama dengan restoran atau kafe-kafe tertentu memberikan potongan harga, cashback dan berbagai macam fitur lainnya.

Cara ini bisa menjadi alternatif agar pengeluaran yang sudah kamu siapkan sebelumnya tidak terganggu, namun diganti dengan menggunakan kartu kredit. Selain itu dompet pun tetap sehat saat puasa karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk mengikuti acara berbuka puasa bersama teman-teman.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami