Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Alasan Tepat untuk Segera Keluar dari Pekerjaan!

by Miftahul Khoer on 23 Oktober, 2018

Ada satu masa seseorang akan merasa jenuh dengan pekerjaannya. Salah satu keputusan yang diambil adalah resign dari perusahaan dan mencari pekerjaan baru. Nah, ini alasan tepat untuk segera keluar dari pekerjaan.

alasan resign

Alasan berhenti bekerja di perusahaan untuk mencari jenis pekerjaan baru ini sebagian besar dialami oleh generasi milenial. Makanya banyak yang menyebutkan bahwa generasi milenial dicap sebagai generasi yang gampang pindah-pindah kerja.

Banyak alasan seseorang mungkin termasuk Anda sering merasa jenuh bekerja dan merasa perlu mendapatkan pekerjaan baru. Apa saja alasan-alasan yang sering dirasakan orang untuk pindah kerja tersebut? Yuk Cek.

Lingkungan tak menyenangkan

Punya kolega atau bos di lingkungan kerja yang cuek, suka marah-marah atau jarang beriteraksi bisa membuat kerja Anda tak nyaman. Boro-boro betah dan terus bertahan kerja di satu perusahaan, yang ada Anda malah ingin segera keluar dan mencari pekerjaan baru.

Selain persoalan rekan kerja, lingkungan yang tak menyenangkan seperti ruang kantor yang kotor atau jorok juga menyebabkan Anda gak betah dan bosan lama-lama bekerja di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda sudah mengalami hal ini, sebaiknya Anda cari pekerjaan yang lingkungannya sangat mendukung dan menggugah semangat kerja. Jika kantor rapi, ruangan kerja bersih dan rekan karja nyaman, maka niscaya kerja Anda bisa betah dan ogah untuk berpindah kerja.

Gaji tidak sesuai

Mengapa banyak orang resign dari sebuah pekerjaan? Karena gajinya tidak sesuai. Ya, alasan ini benar. Hampir semua orang yang pernah resign dari pekerjaannya adalah karena alasan gaji yang diterima tak layak dengan pekerjaannya.

Saat ini masih banyak perusahaan-perusahaan yang membayarkan gajinya di bawah upah minimum. Padahal jam kerjanya hampir melebihi ketentuan yang ditetapkan.

Kalau Anda sudah merasakan tanda-tanda ini dalam pekerjaan Anda, maka jangan tunggu lama lagi. Segera perbaiki CV Anda dan cari pekerjaan yang lebih layak.

(Baca juga: Mau Kerja Freelance? Cek 4 Pekerjaan Menggiurkan Ini!)
Tidak bekerja dengan hati

Banyak kasus seseorang yang bekerja di perusahaan besar, gaji mumpuni, fasilitas banyak didapat tapi merasa ingin resign dan mencari pekerjaan baru.

Apa alasannya? Ternyata bukan hanya persoalan materi saja orang tak betah dengan pekerjaannya, melainkan jenis pekerjaan yang ia jalani tidak sesuai dengan panggilan hatinya.

Sebagai contoh, seseorang yang baru menyadari bahwa pekerjaanya tersebut diyakini berurusan dengan hal-hal riba yang dilarang oleh agama yang diyakininya.

Kemudian orang tersebut rela berhenti dari pekerjaannya karena tidak sesuai dengan hati. Dengan demikian, jika Anda mengalami hal seperti ini, maka sudah saatnya Anda mendapatkan pekerjaan baru yang sejalan dengan panggilan hati Anda.

(Baca juga: 6 Hal yang Bisa Ditiru dari Kesuksesan Sule)
Masa depan perusahaan tak jelas

Penting bagi Anda untuk segera meninggalkan pekerjaan saat ini jika sudah mencium bahwa perusahaan Anda tak jelas masa depannya.

Anda bisa mengetahui misalnya ketika perusahaan sering telat bayar gaji kepada Anda. Jika hal ini terus terjadi, maka Anda akan merasa dirugikan oleh perusahaan.

Dari pada terus menerus dirugikan, sebaiknya Anda cari pekerjaan baru yang masa depannya lebih cerah. Namun baiknya Anda cari tahu dulu apakah perusahaan yang baru tersebut adalah perusahaan yang bonafit atau enggak. Ini penting untuk mengukur kondisi sebuah perusahaan bagus dan bias berkembang atau malah diambang kebangkrutan.

(Baca juga: Kuliah Jurusan IT? Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Didapat)
Tidak ada tantangan baru

Coba tanya kepada diri Anda sendiri. Sudah berapa lama Anda bekerja dengan perusahaan Anda sekarang? Apakah pekerjaan yang Anda lakukan dari sejak awal hanya melakukan hal yang begitu-begitu saja, tanpa ada tantangan baru?

Tak sedikit lho orang yang merasa jenuh dan bosan mengerjakan rutinitas yang tidak berubah sama sekali. JIka Anda tetap ditempatkan sebagai staf untuk pekerjaan yang tidak berubah, maka sebaiknya Anda cari jenis pekerjaan baru yang bisa membuat Anda memiliki pengalaman baru.

Fasilitas tak sesuai

Pemerintah telah mengharuskan bagi setiap perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan dan juga Ketenagakerjaan. Ini merupakan salah satu fasilitas dasar bagi perusahaan yang harus diberikan kepada karyawannya.

Jika dua hal ini tidak diberikan oleh perusahaan, maka Anda wajib menuntutnya. Jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan merupakan hal penting bagi Anda selaku pekerja.

Jika fasilitas dari perusahaan tak sesuai diberikan kepada karyawan, maka sudah saatnya Anda cari kerja di perusahaan baru yang memberikan banyak fasilitas kepada karyawannya.

Selain dua jaminan tadi, karyawan juga wajib memeroleh tunjangan, seperti tunjangan kendaraan, pulsa, makan, dan tunjangan-tunjangan lain yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa Anda harus segera pindah bekerja di perusahaan baru yang lebih mumpuni. Lebih bagus lagi Anda resign bekerja untuk mendirikan perusahaan dan memperkerjakan orang.

Jika memang Anda butuh panduan finansial secara profesional untuk membangun usaha, Anda bisa akses Cekaja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami