Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Atasi Ngantuk Saat Perjalanan Mudik Panjang Gunakan Mobil Pribadi

by Ariesta on 4 Juli, 2016

ngantuk saat nyetir _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Mengantuk adalah reaksi alami saat tubuh lelah. Rasa kantuk ibarat alarm bahwa tubuh butuh istirahat. Meski reaksi alami, bisa gawat jadinya kalau kantuk datang saat sedang menyetir mobil.

Di setiap musim mudik, kantuk  menjadi penyebab nomor satu kecelakaan lalu lintas, disusul melanggar batas kecepatan, tidak menjaga jarak, dan melanggar lampu lalu lintas. Selalu ingat bahwa sebagai pengemudi, kamu bertanggung jawab penuh atas keselamatan seluruh penumpang.

Karenanaya sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama mudik. Dan berikut tips atasi ngantuk ketika lakukan perjalanan mudik panjang gunakan mobil pribadi.

Komunikasi dengan penumpang di sebelah

Komunikasi pengemudi dengan penumpang yang duduk di sebelah membuat otak lebih waspada. Penumpang yang duduk di sebelah juga berperan mengingatkan driver agar mengurangi kecepatan atau jangan menyalip kendaraan di depannya. Komunikasi ini juga menyangkut persoalan untuk izin jika pengemudi sudah kelelahan dan minta istirahat.

Mendengarkan musik upbeat

Putar musik upbeat yang membangkitkan semangat. Hindari memutar lagu-lagu sendu yang justru bikin ngantuk makin menjadi. (Baca juga: Tips Setting Mobil Buat Mudik Lebaran)

Sedia air mineral dalam mobil

Selain untuk mengatasi rasa dahaga, air ini bisa digunakan untuk membasuh muka guna mengurangi rasa kantuk dan lelah. Jadi pengemudi tak perlu repot mencari toilet hanya untuk cuci muka.

Buka kaca jendela

Jika rasa kantuk menyerang, matikan AC dan bukalah kaca mobil. Penuhi paru-paru dengan segar. Mengantuk bisa terjadi karena sirkulasi udara dalam mobil tidak baik. Selain itu, kondisi dalam kabin yang dingin pun bisa membuat tubuh terlalu nyaman saat berkendara.

Mengisap permen

Permen mint, permen kopi, permen pedas,  atau permen asam bisa menekan kantuk.Taruhlah permen itu didekat dasboard sehingga mudah diraih.

Jangan menyetir lebih dari 2,5 jam

Perlu diingat, batas maksimal kemampuan tubuh dalam mengemudi hanya 2,5 jam. Jika melakukan perjalanan selama enam jam misalnya, kamu harus istirahat dua kali. Saat berhenti, pengemudi juga bisa melakukan beberapa gerakan ringan untuk membuat tubuh segar. (Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Mudik dengan Mobil Pribadi)

Menjulurkan ujung lidah ke langit-langit dalam mulut

Ada teknik khusus tapi sederhana untuk mengusir ngantuk. Caranya yakni dengan menjulurkan ujung lidah ke langit-langit dalam mulut. Lakukan 3-6 kali cukup membuat tubuh kembali segar. Lakukan cara ini juga semua cara di atas sudah kamu coba.

Kalau masih mengantuk juga, segera tepikan kendaraan untuk tidur sejenak. Banyak pengemudi yang suka membohongi dirinya sendiri dengan memaksakan tubuh yang lelah dan mata yang mengantuk untuk tetap fokus berkendara. Dan inilah yang menyebabkan kecelakaan yang akhirnya memakan banyak korban.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami