Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Awas Diare Menyerang di Musim Hujan, Kenali Penyebabnya

by Rafly Aditia on 15 Januari, 2017

tips banjir - CekAja.com

Saat ini Indonesia tengah berada dalam fase puncak musim hujan. Bahkan di beberapa daerah langganan banjir, sekarang sudah memasuki tahap waspada.

Salah satu hal yang paling menjadi perhatian saat puncak musim hujan adalah masalah kesehatan. Biasanya akan banyak sekali penyakit musiman yang muncul. Salah satu di antaranya adalah diare. Agar kita tetap sehat dan terhindar diare di musim hujan, simak informasi lengkap seputar diare berikut ini, mulai dari penyebab dan cara mengobati.

Apa itu diare?

Diare merupakan penyakit di saat feses atau tinja berubah menjadi cair. Diare juga kondisi di mana seseorang buang air besar sebanyak lebih dari tiga kali dalam kurun waktu 24 jam. Bahkan di negara berkembang, diare menjadi penyebab kematian paling umum dengan kematian mencapai 2,6 juta jiwa setiap tahun.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Beberapa penyebab diare

Ternyata penyebab diare pada orang dewasa dan anak-anak umumnya karena terjadinya infeksi pada usus. Hal ini bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi terkontaminasi mikroorganisme, bakteri, parasit, dan virus seperti norovirus dan rotavarius. Saat banjir biasanya bakteri jahat, virus, hingga mikroorganisme mudah menyebar serta mengontaminasi makan dan minuman.

Kenali gejala diare

Biasanya gejala yang timbul saat seseorang mengidap diare adalah muntah dan mencret yang terjadi secara terus menerus. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan dehidrasi ringan hingga berat.

Khusus pada anak, biasanya dehidrasi berat yang disebabkan diare akan membuat anak menjadi lebih sering menangis, gelisah, bibir dan lidah kering, bahkan denyut nadi melemah dan badan terasa dingin.

(Baca juga: 7 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan)

Cara mengobati diare

Diare berat ternyata sangat berbahaya karena tidak jarang penyakit satu ini menimbulkan kematian. Walau begitu, sebagian besar diare kerap sembuh dengan sendirinya selama tidak terjadi dehidrasi berat yang menjadi penyebab utama kematian. Untuk itu lakukanlah hal ini untuk mengobati diare:

  • Ganti cairan yang hilang dengan minum air putih atau infus pada kasus dehidrasi berat.
  • Makan makanan dan asupan yang cukup.
  • Gunakan obat seperlunya saja apabila masih dalam tahap ringan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.