Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Beda Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri, Cek di Sini!

by Tisyrin on 25 July, 2018

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seringkali Anda berhadapan dengan berbagai risiko buruk baik terhadap diri Anda sendiri, properti, hingga kendaraan Anda. Risiko yang terjadi bisa merugikan Anda secara finansial. Oleh karena itu, penting sekali untuk memiliki perlindungan berupa asuransi.

paspor online _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul di benak orang tentang asuransi adalah apa perbedaan antara asuransi perjalanan dan asuransi kecelakaan diri? Meski terdengar mirip, keduanya adalah produk yang jauh berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Khususnya bagi Anda para penggila traveling, tentu harus memahami apa perbedaan kedua jenis asuransi tersebut. Ingatlah bahwa selama dalam perjalanan, berbagai risiko mengintai Anda. Dan, kerugian finansial yang tak sedikit juga menanti apabila Anda tidak melakukan antisipasi.

Yuk, kenali lebih jauh perbedaan antara asuransi perjalanan dan asuransi kecelakaan diri.

Widget TRV Insurance

(Baca juga: INFOGRAFIS: Fakta-fakta tentang Anak dan Remaja dalam Dunia Digital)

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan akan sangat berguna bagi Anda yang akan bepergian dalam jangka waktu tertentu untuk traveling maupun urusan bisnis dan pekerjaan. Anda dapat menggunakan asuransi perjalanan saat akan ke luar kota atau luar negeri.

Namun sayangnya, kebanyakan dari Anda hanya  sibuk menyiapkan pakaian atau perlengkapan lainnya saat akan bepergian. Ya, banyak orang yang lupa untuk membeli asuransi perjalanan sebelum bepergian.

Mengapa asuransi perjalanan ini penting? Inilah ulasan tentang asuransi perjalanan dari segi perlindungan yang diberikan, durasi perlindungan, serta preminya.

(Baca juga: Cek Motor Jadul yang Harganya Tak Main-main, Salah Satunya Yamaha RX-King!)

Perlindungan yang Diberikan

Secara umum, asuransi perjalanan memberikan perlindungan terhadap risiko medis selama perjalanan serta perlindungan terhadap ketidaknyamanan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Bentuk perlindungannya antara lain biaya medis karena kecelakaan, kematian karena kecelakaan, cacat tetap akibat kecelakaan, kondisi medis darurat, pemulangan jenazah, hingga biaya pemakaman di luar negeri.

Sementara ketidaknyamanan perjalanan yang dimaksud antara lain keterlambatan penerbangan, bagasi hilang atau rusak, kehilangan dokumen perjalanan, kehilangan uang pribadi, kepulangan lebih awal, pembatalan perjalanan, penundaan perjalanan, terorisme, dan sebagainya.

(Baca juga: Ingin Punya Asuransi Kesehatan yang Sesuai? Cek Kiat-kiat Ini!)

Durasi Perlindungan

Durasi perlindungan asuransi perjalanan terbatas, yaitu hanya memberikan perlindungan selama Anda melakukan suatu perjalanan. Jadi, nasabah hanya bisa membeli asuransi perjalanan ini ketika akan melakukan suatu perjalanan ke luar kota atau luar negeri.

Durasi perlindungan tergantung dari berapa lama Anda melakukan perjalanan. Umumnya adalah dalam hitungan hari hingga satu bulan perjalananan. Dalam jangka waktu tersebut, Anda terlindungi dari berbagai risiko yang mengintai.

Premi asuransi perjalanan terbilang murah. Perusahaan asuransi biasanya menawarkan premi mulai dari puluhan ribu atau ratusan ribu saja. Premi asuransi perjalanan umumnya tidak sampai 1 persen dari seluruh biaya perjalanan yang harus Anda keluarkan.

(Baca juga: Penerapan Mata Uang Digital untuk Fintech Perlu Kajian)

Nasabah membayar premi sekali saja untuk mendapatkan perlindungan dalam sekali perjalanan. Jadi, setiap Anda akan pergi, jangan lupa untuk menyiapkan bujet untuk membeli asuransi perjalanan. Ingat, manfaat yang diberikan sangatlah besar jika dibandingkan dengan preminya yang kecil.

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri juga sangat penting. Seperti jenis asuransi lainnya, asuransi kecelakaan diri dapat meringankan beban finansial Anda. Berikut pembahasan lebih lengkap tentang asuransi kecelakaan diri.

Perlindungan yang Diberikan

Berbeda dengan asuransi perjalanan yang juga menanggung ketidaknyamanan selama perjalanan, asuransi kecelakaan diri hanya memberikan perlindungan yang berkaitan dengan kecelakaan.

(Baca juga: Cek! 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik)

Yang perlu Anda perhatikan adalah, asuransi ini bukan hanya melindungi dari kecelakaan kendaraan bermotor, tetapi juga menanggung kecelakaan lainnya yang datangnya tiba-tiba alias tidak direncanakan. Kecelakaan semacam itu bisa terjadi di mana saja, misalnya terpeleset di kamar mandi, jatuh dari tangga, tersandung, dan sebagainya.

Apa saja perlindungan yang diberikan? Asuransi kecelakaan diri memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, cacat tetap, hingga biaya perawatan atau pengobatan karena kecelakaan.  Jika nasabah meninggal dunia karena kecelakaan, maka ahli waris akan mendapatkan santunan.

Durasi Perlindungan

Berbeda dengan asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri memberikan perlindungan dalam durasi yang lebih panjang. Polis asuransi kecelakaan diri adalah polis tahunan. Perlindungan berlaku selama polis asuransi masih berlaku.

(Baca juga: Ini 10 Maskapai Terbaik di Dunia, Ada Garuda Indonesia Loh!)

Jadi, asuransi kecelakaan diri melindungi Anda sepanjang hari, baik ketika sedang bekerja, melakukan perjalanan, berkendara, bahkan ketika tidak sedang beraktivitas.

Seperti halnya asuransi perjalanan, premi asuransi kecelakaan diri juga terbilang murah. Perusahaan asuransi rata-rata menawarkan premi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu saja per tahunnya. Jika melihat deretan manfaat yang diberikan, tentu premi sebesar itu terhitung sangat murah bukan?

Saat ini, Anda dapat mengajukan asuransi secara online, salah satunya melalui CekAja.com. CekAja.com adalah e-commerce finansial nomor satu di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan terpercaya, termasuk perusahaan asuransi.

(Baca juga: Fakta-fakta tentang Leukimia yang Serang Anak Denada)

Dengan mengajukan asuransi secara online, akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Anda juga bisa membandingkan terlebih dahulu produk satu dengan lainnya. Hanya dengan bermodalkan internet, Anda bisa mendapatkan asuransi terbaik. Yuk cek!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami