Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Berapa Sih Gaji Profesi yang Jadi Cita Cita Masa Kecil Kamu?

by Surtan Siahaan on 6 April, 2016

jajanan anak sekolah - CekAja.com

Saat kita kecil, pasti pernah memimpikan jadi apa kelak ketika dewasa. Pertanyaan mengenai cita-cita juga paling banyak ditanyakan saat kita kecil. Mulai dari astronot, dokter, pilot hingga tentara adalah profesi yang dulu sangat kita impikan untuk terwujud.

Namun, apakah sekian pekerjaan tersebut memberikan bayaran yang setimpal? Untuk mengetahui jawabannya, baca artikel Wise Bread yang telah diadaptasi CekAja berikut ini:

Astronot

rusia-berencana-latih-astronot-iran-r79

Meski kita tidak pernah memikirkan risikonya, kenyataannya profesi ini sangat memikat anak kecil. Sayangnya, kompensasi yang diberikan tidak sesuai dengan bahaya dan kesulitan yang harus dijalani. Berdasarkan situs resmi NASA, gaji para astronot berkisar antara US$ 65.140 hingga US$ 100.701 per tahun atau sekitar 846 juta hingga Rp 1,3 miliar.

(Baca juga: Bagaimana Kehidupan Istri-istri Para Miliarder di Dunia?)

Pilot

pilot-stress

Mungkin kemampuan pilot untuk terbang sangat memukau anak kecil. Belum lagi seragam yang membuat pilot tampak gagah dan keren. Tidak heran jika ada begitu banyak anak yang memiliki cita-cita ini saat kecil.

Namun, profesi pilot juga memiliki risiko tinggi. Beban risiko tersebut juga ditambah dengan jam kerja pilot yang cukup padat. Tapi berapa sih bayaran yang diperoleh untuk pekerjaan seberat ini?

Berdasarkan Ketua Penerbangan Berjadwal Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA), Bayu Sutanto, seperti diwawancarai Liputan 6, gaji pilot di Indonesia berkisar Rp 60 juta hingga Rp 80 juta per bulan.

Pramugari

foto-kegiatan-pramugari

Biasanya profesi ini menjadi cita-cita masa kecil anak perempuan. Wajah cantik dan penampilan yang menarik mungkin jadi alasan ketertarikan anak-anak perempuan. Belum lagi bonus berupa kesempatan jalan-jalan ke berbagai daerah di dalam dan luar negeri secara gratis.

Untuk penghasilan, seorang pramugari senior mendapat rata-rata bayaran senilai Rp 20 juta per bulan.

Dokter

dokter-indonesia-alodokter

Profesi satu ini sangat difavoritkan anak-anak. Mungkin kemampuan dokter mengobati orang sakit dan menyelamatkan nyawa orang adalah sisi positif yang sangat menarik minat anak-anak.

Di Indonesia, gaji seorang dokter memang belum setinggi seperti di luar negeri. Rata-rata dokter senior mengantongi Rp 56 juta per bulan. Sementara dokter magang hanya dibayar Rp 3 juta- Rp 4 juta per bulan.

(Baca juga: Ide Pesta Ultah Anak dengan Bujet Ratusan Ribu Rupiah)

TNI/ Polri

LARANGAN BERHENTI DI JALUR NAGREG DILANGGAR PEMUDIK. Sejumlah petugas Polwan (Polisi Wanita) mengatur arus lalu lintas dan menghimbau masyarakat untuk tidak berhenti di tengah terowongan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (22 Juli 2015). Meskipun sudah dilarang dan terdapat spanduk-spanduk himbauan, masyarakat yang melintas tidak menghiraukan himbauan tersebut menjadikan terowongan lingkar nagreg sebagai tempat istirahat dan ajang ber-selfie ria, padahal hal tersebut dapat menyebabkan kepadatan kendaraan dan rawan kecelakaan. KORAN SINDO/DEDE ARIP RACHMAN

Meski tidak sedikit anak perempuan yang bercita cita menjadi anggota TNI atu Polri, umumnya profesi ini lebih banyak diinginkan oleh anak laki-laki. Kesan gagah dan perwira yang menjadi citra profesi penegak hukum dan keamanan ini sangat memikat anak kecil.

Padahal, dalam kenyataannya risiko dari profesi ini juga tidak kecil. Meski demikian, gaji anggota TNI dan Polri masih tergolong rendah. Untuk pangkat terendah, penghasilan seorang anggota Polri mencapai Rp 3,4 juta juta per bulan sementara penghasilan anggota TNI dengan pangkat terendah hanya senilai Rp 3,3 juta.

Untuk pangkat tertinggi gaji perwira TNI/ Polri berkisar antara Rp 3,1 juta hingga Rp 5,6 juta dengan besaran tunjangan bervariasi mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 25 juta.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami