Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Berikut Tips Investasi Pakai Uang THR Lebaran

by JTO on 13 Juni, 2016

Libur Lebaran telah usai, namun semoga uang THR yang telah kamu terima tempo hari masih pada tempatnya, ya! THR atau Tunjangan Hari Raya ibarat gaji ekstra namun sayangnya tak jarang yang akhirnya punya pengeluaran ekstra – padahal tak butuh. Akhirnya, uang tambahan tersebut lenyap begitu saja.

Sebenarnya ada cara agar uang THR yang kamu terima jauh lebih bermanfaat. Salah satunya adalah tips investasi pakai uang THR!

Yap! Dari sekian banyak ide untuk ‘menyelamatkan’ uang THR kamu, kamu bisa coba investasi saja. Cara ini cukup aman dan hampir mustahil merugi. Investasi apa saja yang bisa kamu coba dengan uang THR yang kamu miliki? Berikut penjelasannya.

Selamatkan Uang dengan Tips Investasi Pakai Uang THR

1.    Menabung
Metode investasi ini adalah metode paling klasik dan tak bisa diabaikan. Menabung merupakan cara paling mudah bagi kamu yang ingin uang THR kamu tersebut jadi lebih bermanfaat. Jika memang THR tak perlu digunakan untuk beli tiket mudik dan keperluan lain, silakan gunakan penghasilan kamu yang lain untuk menutupi biaya tersebut. Sementara itu, uang THR dapat kamu simpan saja.

Setidaknya kamu bisa sisihkan 50% dari THR untuk diinvestasikan, baik itu tabungan dan jenis investasi lainnya .

2.    Beli emas
Bagi kamu yang merasa masih pemula berinvestasi, membeli emas bisa jadi opsi menarik dan paling mudah. Bagi para wanita – apalagi yang baru bekerja, kalian dapat beli emas dalam perhiasan saja. Memang dari segi nilai investasi, emas dalam bentuk perhiasan tidaklah begitu ‘bernilai tinggi’ saat dijual kembali. Akan tetapi, kamu bisa tampil lebih cantik namun juga tak begitu merugi.

Opsi lain tentu saja dengan mulai membeli emas batangan saja. Kamu bisa simpan di safe deposit box ataupun menyimpan sendiri. Mungkin terlihat kecil nilainya tetapi setidaknya tak tergerus inflasi. Apabila kamu rajin untuk berupaya menyisihkan dana setiap bulannya untuk emas tersebut, tak terasa tabungan kamu semakin besar.

3.    Reksadana
Investasi reksadana tergolong sangat mudah untuk dimulai namun memberi profit yang bisa dibilang paling besar pula. Pilihlah manajer investasi yang kredibel dan instrumen investasi yang tak berisiko tinggi. Oh iya, sebagai informasi saja, memulai investasi reksadana juga tak menuntut pembayaran awal yang tinggi. Dengan uang sekitar Rp 250.000 saja kamu sudah bisa punya akun reksadana.

Namun, dengan uang THR tersebut, kamu bisalah, ya, untuk menyisihkan dana yang cukup besar untuk memulai reksadana. Kamu akan lebih bersemangat karena dana yang kamu mulai tak bernilai kecil.

Yang pasti satu hal yang kamu butuhkan adalah: berkomitmen! Komitmen untuk tidak boros menggunakan THR yang kamu terima. Sebisa mungkin, apabila tak perlu gunakan THR, anggap uang tersebut tak ada. Kadang kala, kita bisa jadi merasa ada keperluan ini-itu padahal sebenarnya tak perlu-perlu amat. Oleh sebab itu, bijaksanalah untuk berkeinginan. Pikirkan masa depan. Lumayan, kan, THR yang bernilai gaji sebulan – yang ibaratnya uang tersebut diperoleh tanpa bekerja – bisa kamu investasikan.

Jangan lupa juga untuk berinvestasi dalam bentuk kebaikan. Tak hanya memikirkan diri sendiri, uang THR yang kamu peroleh tersebut bisa kamu salurkan bagi yang membutuhkan. Sisihkan sekian persen dari dana tersebut untuk disumbangkan untuk mereka yang benar-benar membutuhkan. Uang THR yang kamu miliki tersebut pun akan jauh lebih bermakna lagi!
Selamat berinvestasi!

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami