Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bingung Wisata di Jakarta? Cek Hal-hal yang Sering Terlupakan Soal Ibukota!

by Tisyrin N. T on 12 April, 2019

Pernyataan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro yang termuat di berbagai media mengenai pariwisata Jakarta membuat kita berpikir ulang, apa saja potensi wisata Jakarta? Di mata Bambang, masyarakat kerap merasa bingung jika membicarakan objek wisata di Jakarta. Oleh karena itu, dia meminta Jakarta bertransformasi untuk mengoptimalkan pariwisata.

Nah, apakah kamu termasuk yang merasa bingung? Apa yang ada di kepalamu jika membicarakan objek wisata Jakarta? Bisa jadi, kamu hanya mengenal objek wisata di Jakarta yang terbilang mainstream seperti Monas, Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah. Padahal, Jakarta punya banyak sekali tempat menarik lho!

Cobalah sesekali menjelajahi Jakarta lebih dalam, jangan cuma nongkrong di mal saja. Kalau kamu mau explore lebih jauh, wisata di Jakarta itu gak kalah asyik dengan daerah wisata semacam Bali atau Yogyakarta lho!

Inilah beberapa hal terkait wisata Jakarta yang sering terlupakan:

Kepulauan Seribu Punya Potensi Setara Maldives

Selama ini banyak yang “melupakan” bahwa Jakarta punya pantai-pantai cantik. Ya, Jakarta punya Kepulauan Seribu dengan potensinya yang luar biasa. Untungnya sekarang Kawasan Kepulauan Seribu sudah lebih tertata dengan dilengkapi berbagai infrastruktur, jadi suasananya disebut-sebut gak kalah dengan Maldives!

Kepulauan Seribu sudah jadi salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau semacam “Bali baru” yang dikembangkan pemerintah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2017-2018 sudah menata Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa. Proyek itu menelan anggaran hingga Rp36,16 miliar.

Untuk Pulau Tidung, telah dibangun fasilitas foodcourt, gazebo, dan pusat souvenir. Sementara di Pulau Untung Jawa, telah dilakukan pembangunan Taman Arsa, Taman Sakura, dan Jalan Gertak Mangrove atau Jembatan Pengantin.

Selanjutnya, pada tahun 2018-2019, pembangunan beberapa infrastruktur juga dilakukan di Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, hingga Pulau Harapan.

Kalau kamu kangen dengan air laut yang jernih, pantai pasir putih, dan ketenangan, tidak harus sewa vila di tepi pantai Bali. Cobalah untuk mengunjungi pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

(Baca juga: 7 Tempat Wisata Edukasi untuk Liburan dengan Anak)
Jakarta Punya 60-an Museum

Sudah berapa banyak museum di Jakarta yang sudah kamu kunjungi? Hanya satu atau dua? Sayang sekali lho, karena nyatanya, hingga tahun 2016, DKI Jakarta punya 64 museum. Jakarta adalah kota yang punya paling banyak museum di Indonesia.

Salah satu museum yang wajib dikunjungi adalah Museum Bank Indonesia di kawasan Kota Tua. Museum ini menyuguhkan sejarah Bank Indonesia, sehingga akan menambah wawasanmu soal ekonomi lebih kaya. Arsitekturnya juga sangat instagrammable, yang pasti akan membuat kamu betah.

Selain itu, masih banyak deretan museum lain di Jakarta yang gak kalah asyik, mulai dari Museum Nasional, Museum Layang-layang, Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Mandiri, dan sebagainya.

Jakarta Asyik untuk Menikmati Seni

Kalau bosan jalan-jalan ke mal, coba sesekali datang ke galeri seni. Nah, Jakarta punya banyak tempat asyik buat menikmati seni. Salah satunya kamu bisa datang ke Galeri Nasional (Galnas), yang lokasinya di depan Stasiun Gambir. Galeri ini punya banyak kegiatan mulai dari pameran, seminar, festival, hingga lomba.

Kamu bisa melihat berbagai karya seni mulai dari lukisan, grafis, keramik, seni instalasi, seni kriya, dan sebagainya. Kalau kamu penasaran dengan karya para seniman kenamaan, datang saja ke Galnas.

Kamu juga bisa mengunjungi Galeri Salihara yang menyajikan berbagai pertunjukkan mulai dari teater, musik, hingga tari. Di galeri tersebut juga seringkali ada kegiatan berupa kelas hingga diskusi. Tempat-tempat lain untuk menikmati seni di Jakarta yaitu Museum MACAN (The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara), Dia.Lo.Gue, Taman Ismail Marzuki, Art: 1 Museum, dan sebagainya.

(Baca juga: Ini Tujuan Wisata Favorit 2019)
Jakarta Punya Taman-taman Cantik

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta hingga 2013 memperlihatkan jumlah taman kota mencapai 2.166. Wilayah yang punya taman kota terbanyak adalah Jakarta Selatan, yaitu 597 taman. Sementara di Jakarta Pusat ada 446 taman dan Jakarta Timur 426 taman. Untuk wilayah Jakarta Utara ada 336 taman dan Jakarta Barat 331 taman.

Salah satu taman terpopuler adalah Taman Menteng, taman yang punya bangunan dengan bentuk rumah kaca sebagai ciri khasnya. Ada pula Taman Suropati yang dihiasi karya para pematung dari seluruh ASEAN.

Nah, itulah beberapa hal yang sering terlupakan di Jakarta. Kamu tertarik untuk menjelajah Jakarta lebih jauh? Jadi, gak perlu bingung lagi ya kalau ingin jalan-jalan di Jakarta.

Kalau kamu senang menjelajah ke berbagai tempat di Indonesia atau dunia, jangan lupa lengkapi perjalananmu dengan perlindungan yang memadai. Cek asuransi perjalanan terbaik di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami