Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bisnis yang Digandrungi Anak Muda Indonesia Umur 20-an

by Surtan Siahaan on 13 Mei, 2016

hemat kuota internet _ kartu kredit - CekAja.com

Keterbatasan lapangan pekerjaan sektor formal di Indonesia ternyata punya dampak positif juga. Bisnis anak muda yang kreatif banyak bermunculan.

Ya, banyak pemberitaan yang memunculan bahwa belakangan ini muncul anak-anak muda yang terjun di dunia bisnis. Jumlahnya pun semakin banyak dan mulai menggeser paradigma bahwa bisnis hanya untuk orang yang sudah berumur.

Menariknya, sektor bisnis anak muda ternyata cenderung seragam. Biasanya, jenis bisnis tersebut sesuai dengan karakter anak muda yang cenderung bebas dan kreatif. Nah, mau tahu bisnis apa saja yang digandrungi anak muda? Berikut ulasannya:

Bisnis kuliner

Banyaknya tayangan kompetisi memasak di televisi ternyata sukses membuat anak muda senang masak-masakan. Tidak sedikit yang kemudian menjadikan hobinya itu sebagai bisnis. Maklum, bisnis makanan sangat cocok dengan anak muda karena mengandalkan kreativitas dan syarat modalnya juga tidak terlalu besar.

Promo Kartu Kredit BCA - CekAja.com

Hanya bermodal keahlian masak dan instagram atau sosial media lainnya, banyak anak muda terjun di bisnis ini. Banyak di antara mereka sukses menjadi pebisnis kuliner, sebut saja nama pendiri Maicih, Dimas Ginanjar Merdeka, pendiri Kebab Baba Rafi, Hendy Setiono hingga anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming yang mendirikan Martabak Markobar. (Baca juga: Cara Bisnis Undangan Pernikahan dengan Modal Minim)

Bisnis warung kopi

Budaya minum kopi yang tengah jadi tren di kalangan anak muda juga memunculkan bisnis baru. Di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, menjamur cafe-cafe khusus ngopi yang didirikan anak-anak muda.

Usianya berkisat antara 20 tahun hingga 30 tahun. Mereka pun mengemas warung kopi dengan cara khas anak muda. Tidak hanya itu, bisnis kedai kopi pun memunculkan profesi baru yakni peracik kopi alias barista yang juga menjadi salah satu profesi yang digemari anak muda. Apalagi gaji Barista sangat menarik untuk anak muda.

Gunakan internet dan bikin bisnis anak muda yang menguntungkan

1# Bisnis online

Gadget dan internet adalah dunia yang sangat dekat dengan anak muda. Dengan kehadiran smartphone, internet bahkan menjadi hal yang tidak dapat lepas dari anak muda. Tidak heran jika tren jual-beli online banyak diminati oleh anak-anak muda.

Alasannya, jenis bisnis ini mudah dilakukan sehingga bisa menjadi pekerjaan sampingan di luar aktivitas utamanya seperti sekolah atau kuliah. Selain itu, modal untuk menjalankan bisnis ini tidak besar. Cukup dengan laptop dan jaringan internet, anak muda sudah bisa membuka bisnis online sendiri.

2# Developer game

Sama seperti internet, game adalah dunia yang juga dekat dengan anak muda. Jika sebelumnya anak muda Indonesia hanya bisa menjadi konsumen game, saat ini situasinya sudah berubah.

Banyak anak-anak muda yang mendirikan perusahaan pengembang game. Bahkan, tidak hanya menjual game, bisnis anak muda di bidang game pun berkembang ke arah sekolah-sekolah developer game.

Pada tahun 2012 saja, sudah terdapat sekitar 70 perusahaan developer game di Indonesia. Jumlah tersebut diprediksi semakin berlipat setelah tingginya permintaan dari penyedia konten yang juga operator telekomunikasi.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami