Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Budidaya Tanaman Hias yang Bikin Rekeningmu Lebih Gendut

by Tisyrin N. T on 24 Oktober, 2016

budidaya tanaman - CekAja.com

Tanaman hias terdiri dari berbagai macam jenis. Kamu yang tertarik melakukan bisnis budidaya tanaman hias mungkin kebingungan, jenis apa yang potensial untuk dikembangkan.

Berikut 5 jenis tanaman hias yang peluang bisnisnya menjanjikan berdasarkan penelusuran CekAja.com.

Anggrek

Siapa yang tak mengenal anggrek? Anggrek terbilang sebagai tanaman hias yang tak lekang oleh zaman. Permintaannya cenderung stabil dari masa ke masa. Saat ini harga anggrek berkisar antara Rp 30.000–Rp 100.000 tergantung dari jenis dan usianya. Jika dalam sebulan kamu mampu menjual 200 – 500 anggrek, kamu bisa mengantongi omzet Rp 6 juta hingga dari Rp 15 juta per bulannya. (Baca juga: Catat 4 Hal Ini Agar Sukses Saat Bisnis Food Truck)

Kaktus mini

Saat ini kaktus mini terbilang tanaman hias yang laris. Selain sebagai penghias ruangan, kaktus mini pun cocok dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Potensi penjualannya tidak lagi ratusan pot per bulan, tetapi mencapai ribuan pot per bulannya. Harga jual kaktus mini saat ini mulai dari Rp 6.500 per pot, dan kamu bisa menjual 1.000-10.000 pot per bulannya. Agar semakin laris, kamu bisa memasarkan dan menjual kaktus mini secara online.

Adenium

Adenium atau kamboja Jepang dijual dengan harga sekitar Rp 50.000-Rp 70.000 per pohon. Kamu berpotensi mengantongi keuntungan 25% – 35% dari omzet tersebut. Cukup menggiurkan bukan? Bentuknya yang unik dengan bunga berwarna cerah mampu menarik perhatian para pecinta tanaman hias.

Anthurium

Terdapat dua jenis anthurium yakni anthurium daun dan anthurium bunga. Biasanya, anthurium punya bentuk daun yang indah, warnanya hijau tua dengan urat dan tulang daun yang besar dan menonjol. Tanaman yang sempat tenar pada 2006-2007 ini tidak benar-benar kehilangan peminat. Kamu masih bisa menjajal bisnis anthurium, apalagi harga jualnya tergolong tinggi yaitu mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Saat booming dahulu, harganya bahkan sempat menyentuh angka ratusan juta rupiah. (Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Kekinian dengan Untung Besar)

Melati gambir

Salah satu jenis melati yang populer yaitu melati gambir. Tanaman ini dapat digunakan untuk pewangi teh dan parfum. Budidaya melati gambir cukup menggiurkan dengan potensi keuntungan mencapai 50% dari omzet. Harga melati gambir ukuran 13 cm–100 cm berkisar antara Rp 2.250 hingga Rp 13.500, untuk ukuran semacam itu dapat dijual kepada pedagang tanaman hias hingga kolektor tanaman hias langsung.

Butuh modal untuk membersar skala bisnis-mu? Ajukan saja pinjaman tunai untuk segala kebutuhan di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.