Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Bursa Mobil Bekas Tahun 2017 di Bawah Rp100 juta

by Surtan Siahaan on 1 Oktober, 2017

Bursa mobil bekas masih tetap menarik bagi pemburu kendaraan roda empat. Alasannya, membeli mobil bekas ternyata memberikan banyak keuntungan.

Pertama, harga mobil second atau bekas jelas lebih murah dibandingkan mobil baru. Kedua, meski harganya murah, jika jeli memilih kita bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang sangat baik. Ketiga, membeli mobil bekas juga bisa dilakukan secara kredit.

Jadi, tanpa perlu mengumpulkan uang tunai, kita sudah bisa memboyong mobil incaran menggunakan fasilitas kredit mobil dan juga motor.

Bila tertarik membeli mobil tangan kedua kita tentu wajib mendatangi pusat penjualan mobil bekas. Di sentra mobil offline tersebut, kita bisa memilih mobil yang sesuai dengan bujet yang kita punya.

Tidak perlu punya uang ratusan juta rupiah, kita sebenarnya sudah bisa membawa pulang mobil premium dengan modal puluhan juta saja.

Mau tahu mobil apa yang bisa kita bawa dengan uang di bawah Rp100 juta di tahun 2017? Berikut ini daftarnya:

Sedan bekas di bawah Rp 100 juta

Sedan selalu identik dengan mobil mewah. Tak heran, meski berstatus bekas harga sedan bisa tetap tinggi. Namun, bila kita mujur bisa saja memperoleh mobil sedan mewah dengan harga yang masih terjangkau kantong.

Menggunakan data yang dirilis tahun 2017 oleh sejumlah market place kendaraan, ini pilihan sedan dengan harga di bawah Rp 100 juta.

#1 Mercedes Benz C 200

Siapa yang tak kenal mobil buatan Mercedes? Selain umum diketahui sebagai mobil mewah, mobil-mobil buatan Mercedes juga dikenal awet. Untuk Mercedes Benz seri C 200 2.0 tahun pembuataan 1996 ternyata dibanderol senilai Rp 59 juta. Mobil ini menggunakan transimisi automatic.

#2 Hyundai Avega

Bagi yang mencari sedan yang lebih murah namun dengan tahun pembuatan lebih anyar, mobil satu ini layak dipertimbangkan. Pasaran HYUNDAI AVEGA GL M/T keluaran tahun 2007 akhir mencapai Rp 55 juta. Mobil dengan dapur pacu 1.500 cc ini punya sensor parkir belakang dan memiliki interior yang cukup bagus.

#3 BMW 323i 2.5 E39

Mobil BMW keluaran tahun 1996 ini bentuk bodynya masih bisa bersaing dengan sedan keluaran terbaru. Mobil jenis ini dengan kondisi AC yang masih baik, kaki-kaki yang terawat dan tidak berisik, indikator dan temperatur normal, audio masih berfungsi, interior masih rapih dan pajak belum mati, biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp59 juta.

#4 Honda City VTEC

Sedan dengan transmisi manual satu ini dibanderol dengan harga terjangkau meski diproduksi pada tahun 2005. Dengan spesifikasi pajak belum mati, full original, mesin dan kaki-kaki masih prima serta surat surat yang lengkap, sedan keluaran honda ini rata-rata dibanderol senilai Rp 85 juta.

Hatchback bekas di bawah Rp 100 juta

mobil wanita murah - CekAja.com

Hatchback adalah mobil yang sangat cocok untuk digunakan di dalam kota. Mobil yang ukuran bodinya kecil ini nyaman untuk jalanan yang macet.

Di Indonesia, minat yang tinggi akan mobil Hatchback membuat pabrikan berlomba-lomba mengeluarkan produksinya. Ini dalah daftar mobil hatchback yang harganya di bawah Rp 100 juta.

#1 Honda Jazz

Mobil keluaran Honda ini termasuk jenis yang laku di pasaran. Honda pun terus merilis harga kredit Honda Jazz terbaru untuk memenuhi tuntutan konsumen. Bila berminat membeli Honda Jazz, mobil yang diproduksi tahun 2007 dengan spesifikasi transmisi matic, surat lengkap dan jarak tempuh di bawah 30.000 kilometer dibanderol dengan harga Rp 90 juta.

#2 Toyota Yaris

Yaris juga dikenal sebagai kendaraan yang laku di pasaran. Toyota Yaris 1.5 dengan transmisi otomatis produksi tahun 2011 rata-rata dibanderol dengan harga Rp 99 juta. Jika beruntung, kita masih mendapatkan mobil satu ini dalam keadaan yang nyaris seperti baru.

#3 Suzuki Swift

Mobil yang satu ini dikenal premium. Mobil barunya dibanderol sekitar Rp200 jutaan. Namun, bila mau menurunkan tahun pembuatannya, kita masih bisa memperoleh Suzuki Swift seharga Rp 95 juta untuk pembuatan tahun 2007-2008. Pastikan seluruh surat kendaraan lengkap dan belum mati ketika membeli mobil bekas.

Trik menawar saat membeli mobil

mobil murah _ kredit mobil - CekAja.com

Bila berniat membeli mobil second, ada trik yang bisa kita gunakan agar mendapatkan harga yang paling baik. Langkahnya cukup sederhana, kok. Cekaja langkahnya di bawah ini.

Pertama, tetap jenis mobil dan tahun keluaran yang paling diinginkan termasuk merek dan transmisinya. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan gambaran mengenai harga rata-rata di pasaran.

Kedua, kunjungi kawasan jual-beli mobil bekas. Di bursa seperti ini harga yang diberikan cenderung bersaing.  Karena kompetisi yang ketat antar sesame penjual, biasanya harga yang diberikan tidak akan terlalu jauh dibandingkan showroom di kanan-kirinya.

Ketiga, coba cek bodi kendaraan. Cari yang masih mulus. Asal tahu saja, bagian mobil yang sering mengalami benturan adalah samping dan belakang. Jika pernah mengalami tabrakan, biasanya mobil akan didempul. Bekas dempul biasanya akan mengeluarkan suara khas bila diketok.

Keempat, cobalah menghidupkan mobil. Dengarkan bunyi mesin baik-baik. Bila ingin terdengar lebih jelas, buka kap dan perhatikan dengan saksama. Jika bunyi mesin berisik, artinya mobil butuh servis. Oleh karenannya, kita bisa menawar jauh dari harga yang diberikan di awal.

Kelima, periksa kabin dan cek seluruh panel serta tombol yang ada. Periksa apakah semuanya masih berfungsi dengan baik. Jika tidak, kita tentu butuh biaya lagi untuk memperbaikinya. Jadikan ini sebagai alasan ketika menawar. Hindari juga kendaraan dengan kondisi kabel-kabel listrik yang semerawut karena perbaikannya butuh biaya mahal jika kembali rusak.

Terakhir, kendarai mobil tersebut. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mengetes mobil adalah spooring dan balancing. Cara mengujinya sangat mudah. Saat mobil berjalan, coba lepas stir. Jika mobil melaju tidak lurus artinya ada masalah pada bagian itu.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami