Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Cara Beli Tiket Pesawat Murah yang Sudah Terbukti Penelitian

by Tisyrin on 6 November, 2017

Tiket Pesawat Murah Online - CekAja

Membeli tiket pesawat murah adalah kebutuhan wajib bagi yang ingin menghemat anggaran travelling atau liburan. Ada banyak cara untuk mendapatkan tiket di bawah harga standar, bahkan beberapa cara telah terbukti melalui penelitian.

Penelitian memperlihatkan bahwa traveler berpeluang besar mendapatkan tiket murah apabila membelinya sejak jauh-jauh hari. Inilah mengapa merencanakan perjalanan sejak jauh-jauh hari sangat penting.

Selain bisa menghemat pengeluaran untuk tiket, juga bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengumpulkan dana liburan. Siapa sangka ternyata waktu yang ideal untuk berburu tiket pesawat murah adalah 54 hari sebelum berangkat? Simak penjelasannya berikut ini :

Berburu sejak jauh-jauh hari

Ketika ingin mendapatkan tiket dengan harga yang ramah di kantong, kita sebaiknya meluangkan waktu khusus jauh sebelum tanggal keberangkatan untuk berburu tiket.

Sebuah riset dari US Travel and Tourism Industry memperlihatkan bahwa sebanyak 24% orang memilih memesan tiket sejak jauh-jauh hari sebagai salah satu cara untuk berhemat. Harga tiket pesawat memang lebih murah apabila membelinya sejak jauh-jauh hari.

Ingat, selain bisa membeli tiket pesawat murah dan punya banyak waktu untuk mengumpulkan dana, merencanakan perjalanan jauh-jauh hari juga memberikan manfaat lainnya.

Manfaat tersebut antara lain jika kita akan ke luar negeri, maka punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan paspor dan visa hingga mempersiapkan barang-barang yang diperlukan.

Widget TRV Insurance

Beli tiket 54 hari sebelumnya

Sebuah penelitian dari CheapAir pada tahun 2015 memperlihatkan, waktu paling ideal memesan tiket pesawat adalah 54 hari sebelum jadwal keberangkatan. Dalam risetnya CheapAir mengumpulkan data dari sekitar tiga juta penerbangan tujuan domestik dan  luar negeri.

Penelitian mengamati berdasarkan 320 hari hingga H-1 jadwal keberangkatan. Nah, maskapai penerbangan seringkali menyelipkan tiket murah 54 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Senada dengan penelitian tersebut, The Guardian pernah melakukan riset. Hasilnya membuktikan hal yang sama, yaitu waktu yang paling baik memesan tiket pesawat adalah 54 hari sebelum terbang. Hal tersebut akan memangkas biaya hingga 29% lebih murah dari biasanya.

Pilih bulan termurah untuk travelling ke luar negeri

SkyScanner pada tahun 2016 merilis bulan termurah untuk pergi liburan ke beberapa negara. Berikut gambarannya :

Hong Kong : Januari

Data SkyScanner memperlihatkan awal tahun alias bulan Januari adalah bulan paling murah untuk pergi ke Hong Kong. Jika pergi pada bulan tersebut, berpotensi berhemat hingga 21%.

Singapura, Amerika Serikat, dan Jerman : Februari

Februari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Singapura, Amerika Serikat, dan Jerman. Harga tiket ke Amerika Serikat di bulan ini lebih murah 11,8%, sedangkan harga tiket ke Jerman lebih murah 10,7%. Sementara untuk tujuan Singapura, bisa berhemat 31,3%.

Thailand : Maret

Bulan termurah untuk mendatangi Thailand adalah Maret. Jika mengincar Thailand untuk berwisata, pilihlah bulan Maret untuk menghemat biaya hingga 24,3%.

Australia : Mei

Bulan termurah untuk mendatangi Australia adalah Mei. Liburan ke Australia di bulan Mei bisa mengurangi biaya tiket pesawat 16,3% dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Jepang : Juni

Bermimpi ke Jepang? Susun rencana mendatangi Jepang di bulan Juni. Data SkyScanner memperlihatkan Juni adalah bulan termurah untuk mendatangi Jepang. Traveler bisa berhemat hingga 14,6%.

Belanda dan Malaysia : Oktober

Keliling Eropa bisa dimulai dari Belanda. Untuk mendapatkan tiket murah, bisa memilih bulan Oktober untuk menghemat biaya tiket pesawat hingga 8,4% dari biasanya. Bulan Oktober juga menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Malaysia, karena berpotensi berhemat tiket hingga 21,7%.

November : Inggris

Untuk mengunjungi Inggris dengan biaya miring, bisa memilih bulan November. Berangkat di bulan November ke Inggris berpotensi menghemat biaya tiket hingga 15,1%.

Hindari  berburu tiket di hari Sabtu dan Jumat

Laporan dari Orbitz.com memperlihatkan harga tiket pesawat yang dijual pada hari Sabtu berpotensi lebih mahal 7% dari harga tiket yang dijual di hari lainnya. Maka dari itu, sebaiknya tidak berburu tiket di hari Sabtu. Terdapat penelitian lain yang memperlihatkan bahwa di hari Selasa adalah hari terbaik untuk berburu tiket.

Ada pula penelitian yang memperlihatkan hari Jumat merupakan hari yang buruk untuk melakukan pembelian tiket pesawat. Harga tiket yang dijual di hari Jumat berpotensi 13% lebih mahal ketimbang harga tiket pesawat di hari Minggu.

Untuk membuat perjalanan lebih nyaman, jangan lupa untuk melindungi diri dari berbagai risiko. Oleh karena itu, selain membeli tiket pesawat murah, sempatkan memilih asuransi perjalanan yang memadai untuk menghadapi berbagai risiko buruk.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.