Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Cara Buat Hubungan Cinta Makin Dalam dengan Pasangan

by Vera Khairifah on 3 Januari, 2020

Menjalani sebuah hubungan cinta memang tidak lah mudah. Apalagi jika hubungan tersebut sudah mengarah ke jenjang yang lebih serius yakni pernikahan, maupun mereka yang sudah menikah beberapa tahun. Setidaknya ada 10 cara buat hubungan cinta makin dalam yang perlu kamu tahu dan terapkan.

10 Cara Buat Hubungan Cinta Makin Dalam dengan Pasangan

Hal terpenting atau inti dari cara buat hubungan cinta makin dalam adalah komunikasi. Kamu dan pasangan disarankan untuk selalu mengomunikasikan hal apapun.

Baik hal-hal yang membuat nyaman, maupun yang membuat tak nyaman bersama pasangan. Saat hubungan cinta memasuki masa stabil yang cenderung membosankan, kamu dan pasangan juga harus berusaha mencari solusi bersama.

Berikut 10 cara buat hubungan cinta makin dalam dengan pasangan yang bisa kamu lakukan.

1. Coba lakukan hal baru

Cara buat hubungan cinta makin dalam dengan pasangan yang pertama adalah dengan mencoba melakukan hal baru. Kamu bisa mengatur rencana kencan yang berbeda. Misalnya mengunjungi tempat wisata baru, wisata kuliner bersama, main game online, memasak menu favorit bareng, dan lainnya.

Hal baru yang bisa kamu lakukan bisa berhubungan dengan hobi masing-masing, atau justru hal asing yang belum pernah dicoba sama sekali. Mencoba hal baru akan menimbulkan pengalaman dan kenangan baru buat kalian.

Hal ini akan membuat kamu dan pasangan merasakan cinta yang lebih dalam dari sebelumnya. Nah, sudah saatnya kamu diskusikan dengan pasangan soal hal ini.

2. Mengingat momen indah bersama

Di sela waktu mengobrol bersama pasangan, kamu bisa mengingat lagi momen indah di masa lalu. Misalnya cerita saat masa PDKT, rasa salah tingkat waktu first date, pengalaman lucu karena kehujanan bersama, dan masih banyak lagi lainnya.

Enggak ada salahnya kok untuk flashback. Bahkan hal ini bisa membuat kamu kembali teringat dengan hal baik pasanganmu. Dengan begitu, hubungan cinta pun makin dalam.

3. Pahami love language pasangan

Tahukah kamu, bahwa cara orang mengekspresikan rasa cintanya kepada pasangan itu berbeda-beda? Menurut seorang ahli hubunga cinta manusia Dr. Gary Chapman, ada 5 love language atau bahasa seseoarang untuk menyatakan cintanya.

Yakni words of affirmation (melalui kata-kata lisan mapun tulisan), physical touch (sentuhan fisik), receiving gifts (memberikan hadiah), quality time (kualitas waktu saat sedang bersama), dan acts of service (tindakan nyata yang membantu dan memberi rasa nyaman).

Setiap orang akan condong pada 1 dari 5 love language ini. Yang mana dia akan menunjukkan rasa sayangnya dengan cara itu, dan mengharapkan orang lain untuk menunjukkan rasa sayangnya dengan cara yang sama.

Cara buat hubungan cinta makin dalam bisa dengan memahami hal ini. Kalau kamu mengetahui mana love language pasanganmu, kamu akan lebih mengenalnya.

Termasuk mengetahui cara membuatnya makin sayang denganmu. Tes 5 love language bisa kamu lakukan di situs https://www.5lovelanguages.com/quizzes/.

4. Tunjukkan empati

Saat pasangan sedang membutuhkanmu, sebaikya kamu enggak hanya menunjukkan simpati, tapi juga empati atau rasapeduli yang disertai tindakan.

Misalnya dengan benar-benar mendengarkan keluh kesahnya serta memberikan solusi atau kalimat yang menenangkan. Turut berduka atau bersuka cita pada hal apapun yang terjadi pada pasangan. Ini lah cara buat hubungan cinta makin dalam.

5. Berikan pujian dan apresiasi

Siapa sih yang enggak senang dipuji? Nah, ini juga termasuk cara mudah untuk menyenangkan hati pasangan serta membuat hubungan jadi lebih harmonis. Tapi ingat, pujianmu juga tetap harus disertai kejujuran, bukan hanya gombalan aja.

Tunjukkan juga apresiasi mengenai kehadiran dan keahlian pasangan, serta untuk hal-hal yang sudah dilakukannya untuk kamu. Misalnya berterimakasih untuk sikap sabarnya, ucapan selamat atas prestasi kerja, dan lain sebagainya.

6. Katakan ‘I love you’

Cara buat hubungan cinta makin dalam lainnya adalah dengan sesering mungkin mengatakan I love you’. Jangan anggap enteng, ungkapan rasa sayang secara langsung ini juga dibutuhkan agar pasangan tahu bagaimana perasaanmu. Ini sangat berarti, apalagi jika si dia adalah orang yang sangat menjunjung words of affirmation.

7. Tunjukkan dukungan

Dukungan adalah salah satu cara buat hubungan cinta makin dalam. Agar pasangan mendapat suntikan semangat dari orang terkasihnya. Kamu bisa memberi dukungan dengan kata-kata penyemangat, atau datang dan menemaninya ke acara penting.

Jangan lupa pula untuk membantu mencari solusi bersama dari masalah yang dihadapi si dia. Agar setiap permasalahan tidak membuatnya menjadi stres dan dipikirkan sendiri.

8. Buat kejutan kecil-kecilan

Kejutan kecil bisa membuat pasanganmu senang dan pasti akan dijadikan momen yang diingat sepanjang masa. Jadi, enggak heran ini masuk sebagai cara buat hubungan cinta makin dalam dengan pasangan.

Enggak perlu ribet, kamu bisa membuat rencana dinner romantis di rumah dengan hiasan dan table manner. Atau masakin makanan favorit pasangan, berikan kado, kirimkan bunga atau makanan di momen tak terduga.

9. Jaga kualitas pertemuan

Kemudian, kamu juga harus menjaga kualitas pertemuan. Jika sedang ada masalah antara kalian berdua, momen bertemu harus dibuat menjadi waktu mencari solusi. Bukan malah beradu argumen dan meninggikan ego.

Juga, jangan sampai momen nge-date berdua jadi terganggu dengan urusan pekerjaan, main medsos, atau sibuk dengan gadget masing-masing. Perbanyak ngobrol dan berbagi banyak hal bersama.

10. Selesaikan masalah dengan baik

Bagaimana pun, kedewasaan sangat penting untuk menjaga sebuah hubungan. Udah enggak zaman lagi untuk saling kirim kode, dan berharap dia bisa baca pikiranmu dan peka.

Selesaikan masalah dengan baik. Jika kamu dan dia sama-sama saling sayang tentu saja bakal mencari solusi agar hubungan terjaga.

Kemampuan kalian mengatasi masalah dengan baik ini juga akan membuat hubungan cinta makin dalam.

Sayangi orang tersayang dan melindunginya dengan produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih melalui CekAja!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast