Cara Budidaya Ternak Ikan Hias Air Laut Hasil Menjanjikan

3 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Budidaya ternak ikan hias air laut memang terbilang menjadi usaha yang berpeluang besar. Hasilnya menjanjikan sebab ikan hias air laut dijual dengan harga tinggi di pasaran.

Cara Budidaya Ternak Ikan Hias Air Laut Hasil Menjanjikan

Dengan menyimak cara budidaya ternak ikan hias air laut ini, kamu akan lebih memahami proses pengembangbiakan ikan hias air laut yang agak beda dibanding ikan air tawar.

1. Menyiapkan Akuarium

Tahap pertama dalam budidaya ternak ikan hias air laut adalah dengan menyiapkan akuarium. For your information, ikan hias air laut membutuhkan akuarium sebagai tempat tinggal yang memiliki volume air yang banyak.

Yakni sekitar 1 ton volume air, sehingga kamu juga membutuhkan akuarium berukuran besar.

2. Membentuk Lingkungan Akuarium

Cara kedua dari budidaya ternak ikan hias air laut adalah membentuk lingkungan akuarium. Ikan hias air laut tak bisa hidup di lingkungan yang tak mirip dengan habitat aslinya.

Oleh karena itu, kamu perlu membentuk lingkungan akuarium dengan beberapa komponen. Mulai dari air laut yang asin, terumbu karang, kerikil, pasir laut, anemon dan lain sebagainya.

Tak usah bingung memikirkannya, sebab semuanya bisa kamu dapatkan di toko ikan hias air laut.

Nah, saat akuarium sudah diisi dengan air, diamkan selama 3 hingga 4 minggu agar kondisi air mirip seperti aslinya. Sehingga lebih nyaman untuk menjadi tempat tinggal para ikan.

Selanjutnya masukkan komponen lain seperti kerikil di dasar akuarium sebagai tempat menyimpan kotoran ikan, pasang lampu untuk menghangatkan air, dan pendingin akuarium untuk yang berisi karang.

3. Cek Kualitas Air

Selanjutnya, cek kualitas air yang baik dalam budidaya ternak ikan hias air laut. Isi akuarium dengan air laut (air asin) yang bisa kamu beli di toko-toko dengan volume yang sesuai dengan jenis ikan hias.

Pastikan suhu air akuarium sekitar 23 sampai 28 derajat Celsius. Juga, ukur derajat keasinan air laut dengan alat bernama refraktometer atau hidrometer.

Kisaran derajat keasinan ini sekitar 34 hingga 37 bagian per 1000 unit air. Selain itu, hitung kadar pH air dengan strip berwarna (bisa dibeli di toko ikan hias).

4. Beli Bibit

Untuk bibit ikan hias air laut, kamu bisa membelinya langsung dengan harga puluhan ribu rupiah. Membeli bibit ikan hias lebih mudah untuk para pemula di usaha budidaya ternak ikan hias air laut. Sebab, pemijahan ikan hias agak sulit.

Pertama-tama, kamu harus menjodohkan dua ikan di dalam wadah khusus. Pemantauan saat proses ini dibutuhkan karena tak semua jantan dan betina langsung merasa cocok dan langsung membuahi sel telur.

Ada kemungkinan di mana ikan justru berkelahi dan menganggap ikan lain sebagai lawan. Sebaliknya, jika sang pejantan dan betina cocok, maka betina akan memberi sinyal dengan memutari ikan jantan dan bersiap mengeluarkan telurnya.

Kemudian dibuahi oleh pejantan, dan telur pun berkembang selama beberapa hari dan menetas menjadi ikan kecil atau bibit.

Pastikan memilih bibit dari indukan kualitas terbaik, dan bibit ikan aktif, tidak cacat atau terjangkit penyakit. Bibit yang dijual di pasaran umumnya yang sudah berusia 2 minggu.

(Baca Juga: Cara Budidaya Ternak Belut Termudah Hingga Mendatangkan Untung Besar)

5. Pemindahan Bibit

Jika akuarium dan bibit sudah siap, maka kamu bisa memindahkan bibit ikan hias ke akuarium. Pindahkan perlahan dengan cara ikut memasukkan wadah ke dalam akuarium. Hal ini penting agar ikan tidak panik, stres dan malah berujung mati.

6. Pemeliharaan Ikan

Pemberian pakan ikan diberikan 3 kali sehari berupa pakan ikan pelet, jentik nyamuk, cacing renik, atau pun udang renik. Kualitas air dan kondisi akuarium juga harus diperhatikan terus secara rutin.

Jika air sudah terlihat tak lagi jernih dan banyak kotoran, ganti dengan air laut yang baru. Penggantian air dilakukan sekitar 2 sampai 3 minggu sekali. Air laut yang dijual harganya Rp 300,- per liter.

Masa pemeliharaan budidaya ternak ikan hias air laut memakan waktu beberapa bulan, tergantung dengan jenis ikan itu sendiri. Pemberian pakan yang rutin serta nutri dan kualitas air dan kebersihan akuarium akan membantu ikan tumbuh lebih cepat.

7. Pemasaran

Harga ikan hias dibanderol mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Kamu bisa menjualnya ke distributor toko ikan hias atau pengepul yang sudah memiliki jaringan pemasaran yang luas. Kamu juga bisa menjual secara online lewat e-commerce yang banyak tersedia saat ini.

Mulai usahamu dengan pengajuan modal dari produk KTA dengan syarat mudah di CekAja.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah