Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Cek Usia Laptop atau PC Termudah Buat Kamu yang Gaptek

by Ayunindya Annistri on 29 Oktober, 2019

Ditengah perkembangan teknologi yang kian pesat, laptop atau personal computer (PC) menjadi salah satu barang elektronik yang banyak digunakan. Selain berfungsi untuk menunjang pekerjaan, penggunaan laptop tak ubahnya menjadi alat untuk menghibur diri di kala penat melanda.

Dengan berbagai merk, tipe, maupun desain, siapa saja bisa membeli laptop. Namun bagi sebagian orang yang masih belum paham betul mengenai teknologi terutama laptop, mengetahui cara cek usia laptop atau PC serta spesifikasinya wajib diketahui terlebih dahulu. Agar di kemudian hari, kamu tidak merasa rugi karena telah salah memilih laptop.

Cara Cek Usia Laptop atau PC

Setiap orang yang baru membeli laptop atau PC umumnya harus mengetahui usia dari kedua perangkat tersebut. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencoba cara cek usia laptop atau PC via bios yang bisa kamu temukan di Windows versi terbaru yaitu versi 8 dan 10.

Melakukan pengecekan usia laptop melalui basic input output system alias bios sangatlah gampang. Kamu hanya perlu klik menu “Start” kemudian masuk ke “Run”. Apabila kamu kesulitan menemukan menu “Run” di laptop atau PC, coba lakukan cara singkat dengan menekan simbol Windows bersamaan dengan tombol “+” dan “R”.

(Baca juga: Laptop VS Desktop, Mana Lebih Cocok untuk Karyawan Kantoran?)

Setelah itu, ketik kode CMD saat menu Command Prompt muncul. Kemudian ketik systeminfo maka akan muncul beberapa informasi terkait umur bios yang biasanya tidak jauh berbeda dengan umur laptop atau PC.

Namun perlu diingat, cara cek usia laptop atau PC menggunakan bios ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang belum pernah sama sekali melakukan update bios.

Cara Merawat Laptop atau PC Agar Tetap Awet

Setelah mengetahui cara cek usia laptop atau PC, langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara merawat laptop agar tetap awet. Masalahnya terkadang kita sering tidak menghiraukan hal-hal sepele yang justru memicu kerusakan laptop atau PC.

Nah daripada rugi jutaan rupiah, mending baca 5 cara merawat laptop PC agar tetap awet dibawah ini.

1. Jangan terlalu sering bermain game berat

Tidak sedikit orang yang gemar bermain game di laptop atau PC merasa lupa waktu saat tengah bermain. Hal ini justru menyebabkan performa kerja PC atau laptop menurun. Apalagi bila games yang dimainkan tergolong dalam game berat seperti GTA maupun PES.

2. Gunakan anti-virus dan update secara berkala

Ancaman malware maupun spyware selalu mengincar terutama pada era cyber. Untuk itu kamu perlu melindungi laptop atau PC yang dimiliki dengan memasang anti-virus. Lakukan juga update program anti-virus secara berkala guna mengenali virus-virus baru yang mengancam keselamatan data pada laptop atau PC.

3. Hapus file-file yang ada dalam Recycle Bin

Sudah tahukan kalau file-file yang kamu hapus tidak secara otomatis hilang dari laptop atau PC? Ya, file tersebut biasanya masih tersimpan di Recycle Bin. Hal ini dimaksudkan agar suatu saat pengguna masih bisa mengakses file tersebut dan mengembalikannya ke fitur dokumen.

Tetapi perlu kamu ketahui bahwa file-file yang terlalu banyak menumpuk dalam Recycle Bin justru akan menyita banyak ruang harddisk dan membuat sistem pembacaan harddisk menjadi lebih lambat.

4. Jangan men-download file sembarangan

Bukan karena usia, biasanya laptop atau PC yang tiba-tiba sering mengalami eror dikarenakan keteledoran kamu dalam men-download file dari berbagai situs tak dikenal. Padahal dengan kamu men-download file tersebut, kamu memicu datangnya virus berbahaya yang bisa saja mengganggu kinerja dari laptop atau PC yang dimiliki.

5. Bersihkan debu yang ada di laptop atau PC secara rutin

Menjaga kebersihan laptop atau PC tentunya sangat penting untuk dilakukan baik pada bagian luar maupun dalam. Kamu bisa membersihkannya secara rutin satu bulan sekali.

Khusus PC, kamu dapat membersihkan bagian motherboard-nya terlebih dahulu. Kemudian bersihkan pula bagian periferal lainnya seperti RAM, Video Card, Modem, CDR, Sound Card, serta kipas dengan sikat halus. Jangan lupa untuk selalu menggunakan cover agar bagian monitor, CPU, keyboard dan mouse selalu terlindungi dari debu yang membandel.

(Baca juga: Trik Agar Gadai Laptop di Pegadaian Jadi Lebih Menguntungkan)

Sedangkan untuk laptop, gunakan alkohol, kain berserat halus, kapas, dan alat peniup debu untuk membersihkan debu yang ada pada bagian luar dan dalam laptop.

Jika ingin membersihkan bagian luar, kamu bisa menggunakan alkohol dain kain halus untuk membersihkan keyboard dan celah-celah kecil antar keyboard. Bila masih ada noda yang menyangkut, coba gunakan spons melamin dengan cara digosokkan secara perlahan.

Untuk bagian dalam sendiri, kamu bisa memakai alat peniup debu di setiap celah mulai dari keyboard, lubang angin, hingga port USB. Sebelum membersihkan, pastikan dulu laptop yang dimiliki sudah ter-shutdown dan baterai sudah terkepas dari laptop.

Jadi gimana? Mudah bukan cara cek usia laptop dan PC serta perawatannya? Oiya, kalau kamu ingin membeli perangkat terbaru tapi terhalang dana. Coba saja akses produk pinjaman dana dan kreditmu hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau