Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Cara Jadi Agen Perjalanan Terpercaya dan Banyak Pelanggan

by Vera Khairifah on 3 Maret, 2020

Bisnis perjalanan atau travel kini semakin banyak dilirik pengusaha. Pasalnya, permintaannya selalu ada dan konon sangat menguntungkan. Jika kamu juga tertarik, simak informasi mengenai cara jadi agen perjalanan terpercaya yang memiliki banyak pelanggan.

10 Cara Jadi Agen Perjalanan Terpercaya dan Banyak Pelanggan

1. Tentukan Jenis Jasa Perjalanan

Cara jadi agen perjalanan yang pertama adalah dengan menentukan jenis jasa perjalanan yang ingin kamu tawarkan. Ada banyak pilihannya sebagai berikut:

Penentuan jasa perjalanan ini selanjutnya akan mempengaruhi besaran modal, fasilitas dan kelengkapan pendukung, dan hal-hal lainnya.

2. Tentukan Profil Perusahaan

Setelah menentukan jenis jasa, kamu juga harus menentukan profil perusahaan. Maksudnya, kamu harus tahu tipe layanan seperti apa yang ingin ditawarkan, serta image untuk ciri khas dari perusahaan agen perjalanan ini.

Misalnya, kamu ingin publik melihat perusahaan mu sebagai agen perusahaan yang menawarkan paket murah wisata, komunikatif, dengan jaminan refund termudah. Atau kamu juga bisa menawarkan paket wisata eksklusif dengan tarif mahal.

Nah, penentuan profil perusahaan ini bergantung pada target konsumen yang kamu bidik.

3. Tentukan Jangkauan Lokasi Perjalanan

Cara jadi agen perjalanan yang selanjutnya adalah menentukan jangkauan lokasi perjalanan. Perjalanan kemana sajakah yang bakal jadi tawaran mu kepada konsumen? Misalnya trip ke Kepulauan Seribu, Thailand, atau malah hingga negara-negara di Eropa.

Penentuan ini disesuaikan dengan kapasitas layanan dan talent atau sumber daya manusia (SDM) yang agen perjalanan mu miliki.

4. Resmikan Bisnis Agen Perjalanan

Jika beberapa hal sudah matang, maka saatnya resmikan bisnis agen perjalan mu agar berbadan hukum. Ini sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen yang akan menggunakan jasa tersebut.

Peresmian ini juga berguna untuk mematenkan nama agen perjalananmu, agar tidak disamakan atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Jalin Kerjasama dengan Penyedia Jasa

Kerjasama tidak terlepas dari proses cara jadi agen perjalanan. Untuk mendapatkan harga penawaran jasa yang menarik konsumen, maka kamu juga harus mendapatkan harga kerjasama yang bagus pula.

Misalnya menjalin kerjasama dengan maskapai penerbangan dengan harga murah, menjalin kerjasama dengan para tour guide atau sopir mobil sewa dengan harga oke, dan lain sebagainya.

6. Kumpulkan dan Latih Talent

Memiliki pelayanan yang maksimal adalah cara jadi agen perjalanan yang tidak bisa dianggap remeh. Kumpulkan dan latih talent atau SDM secara maksimal. Tentukan standar pelayanan agen perjalanan mu sendiri.

Untuk pengembangan SDM ini, kamu perlu dibantu oleh staf HRD dan tenaga service trainer berpengalaman.

7. Buat Paket Hemat

Setiap konsumen pasti menginginkan harga murah untuk semua produk dan jasa. Nah, kamu bisa membuat beberapa promosi berupa paket hemat di agen perjalananmu.

Misalnya, paket bundling sewa mobil beserta sopir, atau pemesanan tiket pesawat sekaligus hotel yang harganya lebih murah. Potongan harga atau diskon juga akan menarik konsumen.

8. Gencarkan Promosi

Calon konsumen perlu menyadari keberadaan agen perjalananmu di industri travel agent ini. Oleh karenanya cara jadi agen perjalanan yang sukses adalah dengan menggencarkan promosi. Kamu bisa mulai menawarkan jasa ke orang terdekat terlebih dulu.

Mulai dari promosi mulut ke mulut, melalui akun media sosial, bantuan promosi dari orang terdekat hingga memasang iklan berbayar di media sosial atau bantuan selebgram.

Tidak hanya soal pengenalan nama (branding) agen perjalananmu, tapi promosi paling pas dilakukan saat kamu sedang memiliki penawaran harga murah dan kompetitif.

(Baca Juga: Begini Cara Sukses Bisnis Barang Bekas, Yuk Ikuti!)
9. Pasang Testimoni

Setelah memiliki konsumen meskipun dari orang terdekat sekalipun, kamu tentu bisa memiliki testimoni atau anggapan baik konsumen tentang bisnis agen perjalanan mu ini. Dengan adanya testimoni akan menarik calon konsumen baru untuk menggunakan jasa lagi.

Testimoni biasanya dipasang di situs resmi atau akun media sosial bisnis agen perjalanan.

10. Memaksimalkan Akun Media Sosial

Cara jadi agen perjalanan yang terakhir adalah dengan memanfaatkan akun media sosial dengan maksimal. For your information, media sosial kini memiliki fungsi dan peran besar dalam kemajuan bisnis yang kita rintis.

Dengan media sosial, kamu bisa mengembangkan branding perusahaan lewat iklan berbayar, postingan followers, menjaga kedekatan dengan konsumen maupun calon konsumen, wadah untuk promosi, dan masih banyak lagi.

Untuk mengukur tingkat kedekatanmu dengan followers, kamu bisa memanfaatkan fitur Analytic yang ada di semua media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, bahkan TikTok, dan lain-lain).

Nah, itu dia sederet cara jadi agen perjalanan buat kamu. Jika memulai bisnis terasa sulit karena kurangnya modal, kamu bisa ajukan produk KTA dari berbagai bank yang tersedia di CekAja.com. cara mengajukannya mudah, sebab dilakukan serba online.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast