Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Menghemat Listrik Paling Efektif Agar Tagihan Tidak Membengkak

by Kyla Damasha on 22 November, 2019

Cara menghemat listrik memang harus diketahui oleh setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat. Dapat dikatakan bahwa saat ini ketergantungan kita terhadap listrik memang terbilang cukup tinggi. Bagaimana tidak? Berbagai aktivitas yang ada saat ini memang hampir sebagian besar membutuhkan aliran listrik sebagai pendukungnya.

Ditambah lagi dengan kehadiran gadget ataupun perangkat teknologi lainnya yang membuat listrik itu sendiri semakin dibutuhkan. Namun, perlu disadari bahwa listrik merupakan salah satu sumber daya terbesar yang tidak menutup kemungkinan untuk habis atau tidak diproduksi lagi. Nah, hal inilah yang membuat kita harus mulai mengetahui dan belajar cara menghemat listrik yang benar.

Penggunaan listrik berlebih tidak hanya akan merusak bumi semakin lebih parah, melainkan juga akan membuat pengeluaran rumah tanggamu membengkak. Maka dari itu, dibandingkan kamu harus mengeluarkan biaya lebih untuk listrik, mending mulai saja belajar cara menghemat listrik. Caranya tidak susah kok. Kamu hanya perlu mengetahui beberapa langkah berikut ini.

1. Mulai Beralih ke Listrik Pulsa

Cara menghemat listrik yang pertama adalah mengganti sistem listrik rumahmu menjadi pulsa. Cara ini bisa dikatakan cukup efektif karena dengan menggunakan pulsa, kamu hanya perlu membayar biaya sesuai kebutuhan dan apabila saldo pulsa sudah habis terpakai, maka secara otomatis listrik rumahmu akan mati.

Selain itu, meteran listrik dengan pulsa juga menggunakan sistem prabayar yang mana kamu bisa menentukan seberapa besar kecilnya  listrik yang kamu butuhkan di awal. Jika kamu sering lupa mematikan barang-barang yang terhubung dengan listrik seperti mematikan lampu atau tv, cara menghemat listrik dengan pulsa bisa menjadi pilihan yang cocok.

2. Mencabut Kabel atau Peralatan yang Tidak Digunakan

Cara menghemat listrik selanjutnya yaitu dengan selalu mencabut kabel atau peralatan-peralatan yang sedang tidak digunakan. Terkadang kita sering banget meninggalkan Hp yang sedang di charge semalaman atau laptop yang mencolok ke stop kontak selama berhari-hari. Walaupun ini bisa menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, mungkin akan lebih baik jika kamu mulai memperbaiki kebiasaan tersebut.

Dengan meninggalkan barang-barang dalam keadaan tercolok ke stop kontak meskipun barang tersebut sedang tidak digunakan, tanpa disadari listrik kamu akan tersedot sehingga membuat tagihan akhir bulan pun semakin membengkak.

3. Menyalakan Lampu Seperlunya

Meskipun terlihat kecil, ternyata lampu juga memiliki pengaruh besar terhadap bengkaknya pengeluaran biaya rumah tangga lho. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mematikan lampu sebagai salah satu cara menghemat listrik paling ampuh dan berpengaruh. Jika perlu, janganlah menyalakan lampu apabila tidak terlalu dibutuhkan.

Sebagai contoh, kamu bisa hanya menyalakan lampu ketika sudah sore menjelang malam saja dan manfaatkannya sinar matahari sebagai penerangan ketika masih pagi dan siang. Dengan membiasakan diri terhadap hal-hal kecil tersebut tanpa disadari akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga lho.

(Baca Juga: 10 Cara Sederhana Menghemat Uang Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga)
4. Menggunakan AC dengan Bijak

Di Indonesia, khususnya Jakarta yang memiliki cuaca begitu panas, memang berteduh di ruangan ber-Ac akan menjadi sangat menyenangkan. Hanya saja, ternyata AC juga merupakan salah satu penyebab bengkaknya pengeluaran rumah tangga lho. Cobalah untuk menggunakan AC dengan bijak.

Sebagai contoh, segera matikan AC setiap pagi sebelum mulai beraktivitas dan baru menyalakannya kembali ketika akan tidur. Dengan begitu, tidak hanya kamu bisa berkontribusi langsung dalam melindungi bumi melainkan juga sekaligus mencegah membengkaknya pengeluaran rumah tangga.

Selain itu, alternatif lainnya dalam cara menghemat listrik yaitu dengan menggunakan AC hemat energi. Kamu juga bisa mensiasatinya dengan mengaktifkan timer agar AC bisa mati secara otomatis di waktu yang telah kamu tentukan.

5. Meminimalisir Penggunaan Dispenser

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa penggunaan dispenser ternyata jauh lebih banyak menyedot listrik dibandingkan AC dan kulkas. Jadi, salah satu cara menghemat listrik yang bisa kamu lakukan dalam hal ini yaitu dengan tidak terlalu sering menggunakan pemanas dan pendingin air di dispenser.

Sebaliknya, jika kamu sedang membutuhkan air panas untuk membuat teh atau air dingin untuk minum sirup, kamu bisa menggunakan cara manual yaitu dengan memasak air panas di kompor atau meletakan air di dalam kulkas.

6. Bijak dalam Menggunakan Kulkas

Sama halnya dengan AC, kulkas juga cukup banyak menyedot listrik dan menjadi salah satu penyebab bengkaknya pengeluaran rumah tangga. Meskipun kulkas sangatlah dibutuhkan, terutama untuk membuat makanan tidak cepat basi, ada baiknya kamu juga bisa menggunakan kulkas tersebut sebagai salah satu cara menghemat listrik.

Sebagai contoh, ketika ingin bepergian keluar rumah dalam waktu yang cukup lama, maka kamu bisa menurunkan suhu kulkas ke suhu yang paling kecil. Selain itu jangan lupa juga untuk mematikan lampu kulkas sebelum ditinggalkan apabila memungkinkan.

7. Trik Menggunakan Rice Cooker

Meskipun rice cooker tidak menyedot terlalu banyak listrik, tetap saja kamu harus mengetahui cara menghemat listrik rice cooker agar bisa membantu dalam meringankan biaya listrik. Nah, salah satu cara menghemat listrik mudah yang mungkin belum banyak diketahui orang yaitu dengan memasak nasi menggunakan air yang sudah mendidih dibandingkan air dingin.

Dengan memasak nasi menggunakan air mendidih, proses menanak nasi itu sendiri menjadi lebih singkat sehingga konsumsi listrik pun tidak terlalu besar pula.

8. Setrika dengan Pengatur Otomatis

Cara menghemat listrik selanjutnya yaitu dengan menggunakan setrika yang terdapat pengatur otomatis. Untuk ibu rumah tangga mungkin sudah banyak yang tahu bahwa setrika yang tidak memiliki pengatur otomatis akan bekerja mengalirkan listrik secara terus menerus tanpa kita sadari, yang tentunya hal tersebut akan menyedot banyak aliran listrik.

Dikarenakan hal itulah disarankan agar kamu menggunakan setrika dengan pengatur otomatis agar konsumsi listrinya itu sendiri dapat dikontrol menjadi lebih hemat.

9. Jangan Tinggalkan Alat Elektronik Menyala Ketika Tidur

Inilah cara menghemat listrik yang paling penting namun sering kali masih banyak orang yang lupa, yaitu jangan pernah meninggalkan alat elektronik apapun dalam keadaan menyala ketika tidur. Tanpa kita sadari, alat elektronik yang meskipun sedang tidak kita gunakan secara tidak langsung justru mengkonsumsi listrik yang paling banyak.

Sebagai contoh, meninggalkan Hp yang ter-charge semalaman atau laptop yang masih tercolok di stop kontak.

Jadi, sebenarnya cara menghemat listrik tidak terlalu susah, bukan? Banyak sekali cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk meminimalisir penggunaan listrik agar pengeluaran rumah tangga pun tidak membengkak. Yuk, mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dengan mengikuti beberapa cara menghemat listrik.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda