Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Cara Tepat Memilih Wedding Organizer Terpercaya

by Sindhi Aderianti on 14 Januari, 2019

Pernikahan adalah momen yang amat penting bagi setiap pasangan. Mewujudkan pernikahan impian butuh persiapan yang matang. Namun, banyak diantara calon pengantin yang tidak punya cukup waktu untuk melakukannya. Wedding organizer jadi solusi akan hal tersebut.  

persiapan pernikahan _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Persiapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan pesta pernikahan mulai dari mulai memilih vendor undangan, wedding dress, dekorasi, souvenir, katering, dan masih banyak lagi. Repot? Pastinya. Nah, wedding organizer menawarkan beberapa paket fasilitas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Ada yang menyediakan d-day package, all in, hingga wedding planner. Ketiganya memiliki perbedaan dari segi service yang dibutuhkan calon pengantin.

Jika Anda benar-benar blank dan ingin semuanya dibantu, maka pilihan yang tepat adalah wedding planner. Dengan paket tersebut, wedding organizer akan mendampingi Anda step by step mulai dari persiapan, memberikan usulan-usulan konsep dan tema, hingga membantu mengkoordinasikan dengan seluruh vendor.

(Baca juga: Cek! 5 Kebutuhan Utama Pasangan yang Baru Menikah)

Peran Penting Lain Wedding Organizer

Di Indonesia, menyiapkan acara pernikahan selalu melibatkan keluarga besar. Oleh karena itu, wedding organizer juga memiliki peran penting lainnya yang patut diperhitungkan, contohnya sebagai penengah.

Karena melibatkan keluarga besar, tentu banyak keinginan yang disampaikan, baik itu dari orangtua ataupun sanak saudara lain. Menyatukan berbagai persepsi, pendapat, dan keinginan keluarga ini bukan perkara mudah. Hal ini bahkan kerap menimbulkan keributan.

Melalui kehadiran wedding organizer, saran paling objektif akan diberi untuk menengahkan kedua belah pihak keluarga. Semua dilakukan tanpa ada kesan “pilih kasih”, sehingga masalah pertengkaran karena beda pendapat pun bisa teratasi.

Wedding Organizer atau Panitia Keluarga?

Terkadang, ada pula yang berpikir daripada membayar jasa wedding organizer dengan harga mahal, lebih baik membentuk panitia keluarga. Pertanyaannya satu, apakah semua benar-benar bisa diandalkan dalam keberlangsungan acara dari awal sampai akhir?

Wedding organizer digawangi oleh banyak anggota yang begitu kompeten menangani setiap rencana pernikahan. Lebih dari puluhan hingga ratusan acara sudah pernah mereka garap. Lain halnya dengan panitia keluarga yang profesionalitasnya hanya didasarkan pada pengalaman anggota keluarga yang sudah pernah melangsungkan pesta pernikahan.

Terkadang, beberapa resepsi pernikahan tertentu memerlukan kebutuhan yang sifatnya privasi. Seperti persoalan finansial yang terbilang sensitif, Anda tentu tidak ingin semua keluarga mengetahuinya dan menjadi perbincangan di kemudian hari. Cukup beberapa orang terpercaya saja yang menyimpan rahasia tersebut, dalam hal ini adalah pihak wedding organizer.

(Baca juga: Menikah dengan Jasa Wedding Organizer atau Bantuan Keluarga?)

Kasus Penipuan Wedding Organizer di Palembang

Baru-baru ini, kasus penipuan wedding organizer sempat terjadi di Palembang, Sumatera Selatan. Setelah mengikat kontrak dengan salah satu wedding organizer untuk mengurusi acara pernikahannya, pihak terkait justru mendadak lepas tanggung jawab dan hilang begitu saja.

Akibat kejadian itu, sebanyak 1.000 tamu undangan dari acara pernikahan ANG dan FDL yang hadir harus menahan lapar lantaran katering yang dijanjikan tak kunjung datang.

Bukan hanya rugi ratusan juta saja, kedua mempelai juga harus menanggung malu. Kalau sudah begitu, tidak ada satupun yang bisa dimintai pertanggungjawaban, selain menunggu proses hukum terhadap pemilik wedding organizer terkait.

Pilah-Pilih Wedding Organizer

Begitu banyak wedding organizer yang menawarkan jasanya, tak pelak membuat Anda harus lebih selektif dalam menjatuhkan pilihan. Apalagi, setelah ada kasus penipuan wedding organizer di Palembang yang amat merugikan itu.

Jika hari H pernikahan Anda masih lama, jangan gegabah. Lakukan beberapa riset mengenai wedding organizer terlebih dahulu agar tidak salah pilih. Berikut ini tipnya:

  • Minta referensi dari yang sudah menikah

Cari referensi dari mana saja. Selain internet, Anda juga bisa meminta saran dari teman atau keluarga yang sudah menikah. Ini salah satu cara paling mudah untuk menemukan wedding organizer yang tepat.

Biasanya, orang-orang terdekat Anda akan memberikan testimoni yang netral dari pengalaman pribadi mereka. Tentu mereka juga tidak mungkin tega merekomendasikan wedding organizer kalau memang kurang layak bukan?

  • Kunjungi wedding fair

Masih belum cukup meyakinkan? Coba luangkan waktu untuk mengunjungi wedding fair bersama pasangan. Pameran semacam ini biasanya diadakan setiap tahun dengan menggaet banyak vendor pernikahan terpercaya.

Melalui wedding fair, Anda bisa menemukan banyak pilihan wedding organizer hanya di satu tempat. Lakukan perbandingan, mana kira-kira yang memiliki service sesuai keinginan dan bujet. Jangan segan untuk bertanya sedetil mungkin selama mengunjungi booth mereka.

Kalau perlu, minta proposal penawaran dari bujet yang sudah Anda susun sendiri. Beri sedikit masukan, agar jumlah biaya yang Anda keluarkan untuk jasa wedding organizer dapat dipergunakan dengan maksimal.

(Baca juga: 6 Alasan Menikah Bikin Irit Ini Bakal Mengubah Pikiran Kita)
  • Cek portfolio mereka

Wedding organizer yang berpengalaman pastinya memiliki portfolio. Entah itu di media sosial atau situs resminya. Portfolio tersebut akan menunjukkan hasil kerja mereka dalam setiap acara pernikahan yang berbeda. Anda dapat mengeceknya melalui foto, video, dan testimoni.

Apabila memang ternyata sudah banyak acara yang mereka tangani, berarti wedding organizer itu sudah terpercaya. Anda bisa langsung meminta jadwal meeting pertama untuk membicarakan rencana pernikahan dari awal.

  • Semua kru peduli dan cekatan

Perhatikan setiap kru yang bekerja di wedding organizer pilihan Anda. Syaratnya harus peduli dan cekatan. Misalnya, mudah dihubungi untuk dimintai tolong hingga melakukan update meeting.

Tak dapat dipungkiri, acara yang sukses semua berawal dari sebuah komunikasi yang terjalin dengan baik. Sebab, kepedulian mereka akan sangat membantu dalam merinci catata-catatan penting yang harus dilakukan. Bahkan mereka tidak malu menghubungi untuk sekadar mengingatkan keperluan Anda terkait acara.

Itulah tip memilih wedding organizer terpercaya untuk Anda yang akan “menuju halal” dalam waktu dekat. Beruntunglah Indonesia memiliki banyak wedding organizer yang selain bisa dipercaya, juga kreatif dalam membantu wujudkan wedding dream setiap pasangan.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.