Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cari Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank? Coba ke Lembaga Keuangan Berikut Ini

by lhmdi on 14 Oktober, 2016

Tidak hanya tabungan, namun bank dikenal juga sebagai tempat mendapatkan pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan atau dikenal juga dengan kredit tanpa agunan. Namun, kini mendapatkan pinjaman tanpa jaminan non bank juga bisa dilakukan oleh masyarakat.

Salah satunya adalah melalui lembaga keuangan selain yang memberikan penawaran pinjaman tanpa jaminan. Pinjaman tanpa jaminan non perbankan secara umum merupakan pinjaman jangka pendek. Selain itu, untuk mengajukan dana segar, lembaga keuangan ini juga memberikan  pinjaman dalam bentuk modal.

Meskipun berstatus sebagai lembaga keuangan, namun secara resmi perusahaan yang mendiakan dana pinjaman ini juga harus diakui oleh pemerintah, khususnya lembaga khusus bernama otoritas jasa keuangan atau yang dikenal dengan OJK.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Ingin tahu apa saja tempat meminjam tanpa jaminan non-bank yang ada di Indonesia? Ikuti penelusurannya berikut ini:

  1. Koperasi simpan pinjam

Koperasi memang sudah dikenal sejak dahulu. Tujuannya adalah mengumpulkan dana dari masyarakat, kemudian dipersiapkan dengan cara meminjamkannya kembali kepada anggota koperasi itu sendiri dan masyarakat lainnya yang membutuhkan dana pinjaman.

Modal Koperasi sendiri terdiri dari simpanan pokok yang dibayarkan satu kali saat menjadi anggota koperasi. Kemudian terdapat juga simpanan wajib yang dibayar selama menjadi anggota dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan dari keputusan rapat anggota. Terakhir, terdapat simpanan sukarela yang dibayar dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

Mendapatkan pinjaman dari koperasi sendiri memberikan banyak keuntungan. Beberapa diantaranya adalah tidak menggunakan jaminan, terhindar dari rentenir yang justru menambah beban biaya utang, serta setiap akhir tahun seluruh anggota mendapatkan SHU.

  1. Pegadaian

Lembaga keuangan yang dikenal dengan tagline “mengatasi masalah tanpa masalah” ini juga merupakan salah satu lembaga keuangan yang memberikan pinjaman tanpa jaminan non bank yang diakui oleh negara melalui Otoritas Jasa Keuangan atau  OJK.

Masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan juga bisa melakukannya di pegadaian. Tujuannya adalah agar masyarakat terhindar dari praktik riba, pinjaman tidak wajar serta membantu kebijakan program ekonomi pemerintah khusus untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

  1. Perusahaan modal ventura

Pinjaman tanpa jaminan non bank yang bisa dipilih berikutnya adalah modal ventura. Lembaga keuangan yang satu ini berupa pembiayaan dari sebuah perusahaan kepada satu perusahaan lainnya melalui pinjaman yang berbentuk penyertaan modal.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Bentuk pembiayaannya pun bervariasi, mulai dari obligasi serta pinjaman yang bersifat khusus dengan syarat pengembalian yang telah disepakai oleh kedua belah pihak.

Bagi kamu yang tertarik mengembangkan perusahaan sendiri serta ingin mendapatkan pinjaman berupa modal baru, maka modal ventura bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Beberapa keuntungan yang biasanya diperoleh menggunakan modal ventura adalah, tingkat keberhasilan usaha yang membaik, efisiensi dalam mendistribusikan produk berupa barang, pemanfaat dana perusahaan yang semakin membaik serta tingkat likuiditas yang meningkat.

Sekarang, kamu bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan non-bank melalui lembaga-lembaga keuangan resmi yang sudah terdaftar di OJK. Tertarik mencobanya?

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.