Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cobain 6 Wisata Kuliner Enak Berharga Murah di Pantai Losari Makassar

by Vera Khairifah on 21 Oktober, 2019

Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar, tidak hanya dikenal karena budaya dan adat istiadat yang masih cukup terjaga. Tapi kekayaan kulinernya juga menarik banyak wisatawan.

Untuk kamu yang mengunjungi kota ini, Pantai Losari tentu wajib disinggahi. Jarak dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar menuju pantai ini hanya 21 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu setengah jam saja.

Selain karena pemandangan pantai yang indah, ada banyak wisata kuliner enak di Makassar harga murah yang tersedia. Mulai dari Coto Makassar, Sop Saudara, Pisang Ijo, dan masih banyak lainnya.

Tips Wisata Kuliner di Makassar

Nah, sebelum memanjakan lidah dan perut kamu dengan makanan-makanan enak di Pantai Losari, Makassar, ada empat hal yang perlu kamu ketahui terlebih dulu supaya makin menikmati momen wisata kuliner itu sendiri.

For your information, suhu di kota Makassar terbilang cukup panas, apalagi di area Pantai Losari yang berdekatan dengan laut. Sengatan matahari bisa mencapai 35 derajat Celcius bahkan lebih saat siang hari.

Makanya, kamu disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman. Gunakan bahan kaos yang menyerap keringat secara maksimal agar kamu tidak kegerahan. Tidak ada salahnya juga memakai payung dan kacamata hitam.

Wisata kuliner enak di Makassar harga murah memang menggoda iman. Siapkan kondisi badan yang sehat dan perut yang kosong untuk menampung semua makanan enak yang ditemui. Sebab di sekitar Pantai Losari, kedai makanan ringan maupun berat banyak berjejer di sepanjang jalan. Sayang dong kalau perutmu sudah terisi dengan makanan dari hotel?

Di area sekitar Pantai Losari, tempat wisata kuliner enak di Makassar harga murah tersedia banyak banget. Hanya berjarak beberapa meter saja, kamu sudah bisa menemui tempat makan lain yang sama enaknya. Jadi, lebih baik kamu menggunakan sepeda motor untuk berkeliling dibandingkan dengan menggunakan mobil. Sebab tidak semua tempat makan menyediakan ruang parkir yang luas.

Selain karena suhu panas di siang hari, pemandangan Pantai Losari lebih indah jika kamu kunjungi di sore hari. Sinar matahari yang beranjak kembali ke peraduan membuat nuansa romantis terasa. Agenda wisata kuliner enak di Makassar harga murah pun dijamin makin terasa asyik.

Tempat Wisata Kuliner Enak di Makassar Harga Murah

Ada beberapa wisata kuliner enak di Makassar harga murah yang bisa kamu kunjungi di sekitar Pantai Losari, di antaranya:

1. Coto Nusantara Merpati

Menu Coto Makassar menjadi makanan khas Makassar nomor satu yang wajib dicoba. Ini adalah sop daging sapi beserta jeroannya yang dimasak dengan bumbu khusus dalam waktu lama. Sehingga daging akan terasa lembut saat dikunyah. Coto Nusantara Merpati adalah salah satu tempat makan paling recomended.

(Baca juga: 7 Tempat Wisata Kuliner Enak di Semarang Harga Murah Paling Recomended)

Letaknya ada di Jalan Merpati No. 2, Kunjung Mae, Makassar. Semangkuk Coto Makassar dijual seharga Rp18.000 saja dengan porsi daging yang lumayan banyak. Tempat wisata kuliner enak di Makassar harga murah ini buka di jam 07.00 WITA dan tutup jam 17.30 WITA.

2. Sop Konro Sulawesi

Masih merasa kurang kenyang setelah makan Coto Makassar? Yuk, tambah porsi makan dengan sajian Sop Konro dari rumah makan Sulawesi. Ini adalah sup iga yang dijamin kenikmatannya.

Sop Konro Sulawesi berada di dekat area China Town atau Pecinan, di sekitar Pasar Bacan. Tepatnya di Jalan Sulawesi No. 246, Melayu Baru, Makassar. Harga Sop Konro Sulawesi dijual Rp25.000, sudah termasuk satu porsi nasi putih. Murah, kan?

3. Pisang Epe’ Mandiri

Menghabiskan waktu di Pantai Losari tak lengkap kalau tidak dibarengi dengan makan Pisang Epe’. Salah satu jajanan wisata kuliner enak di Makassar harga murah ini memiliki cita rasa manis. Pisang dibakar dan disajikan dengan cairan gula merah atau kuah dengan rasa durian.

Namun, di Pisang Epe’ Mandiri yang berlokasi di Jalan Ali Malaka No.45, Maloku, Makassar, ada banyak topping yang bisa dipilih. Mulai dari nutella, keju, cokelat, dan lainnya. Pisang Epe’ Mandiri buka di jam 18.00 WITA sampai jam 24.00 WITA, dan menjual menunya mulai dari harga belasan ribu Rupiah.

4. Pisang Ijo Lasinrang

Selain Pisang Epe’, makanan ringan lainnya seperti Pisang Ijo juga menjadi salah satu yang diburu saat wisatawan melakukan wisata kuliner enak di Makassar harga murah. Jika kamu berminat, langsung saja kunjungi Pisang Ijo Lasinrang di Jalan Lasinrang No. 28, Mangkura.

Buka mulai jam 11.00 WITA – 22.00 WITA. Selain Pisang Ijo, ada juga menu makanan bakmi yang cukup enak, lho. Untuk harga, bakmi dijual mulai harga Rp18.000, dan Pisang Ijo seharga Rp20.000.

5. Jalangkote & Lumpia Lasinrang

Jalangkote atau pastel khas Makassar dan lumpia bisa menjadi alternatif untuk menemani jalan-jalan di Pantai Losari. Toko yang direkomendasikan untuk menu ini adalah Jalangkote dan Lumpia Asli Lasinrang yang ada di Jalan Lasinrang No. 11A.

(Baca juga: Ini 8 Tempat Kuliner di Bandung yang Murah Meriah, Kuy Kepoin!)

Setiap potong jalangkote dan lumpia dijual murah saja, di bawah Rp5.000. Toko ini buka mulai pukul 08.30 WITA – 20.00 WITA.

6. Aroma Kapurung Palopo Hj. Fatma

Terakhir, ada menu makanan Kapurung atau tepung sagu yang dimasak menjadi papeda lalu disiram kuah udang yang gurih. Tempat wisata kuliner enak di Makassar harga murah bernama Aroma Kapurung Palopo Hj. Fatma menjualnya. Tidak jauh dari Pantai Losari, yakni di Jalan Mappanyukki No. 66C, Mario, Mariso, Makassar, toko ini buka di jam 08.00 WITA – 22.00 WITA. Semangkuk Kapurung dijual seharga Rp 20 ribu saja.

Mengingat menu masakan khas Makassar mengandung banyak daging dan jeroan, tidak ada salahnya kamu memeriksa kondisi kesehatan terlebih dulu sebelum berangkat liburan ke Makassar ya. Jangan sampai niat makan-makan enak terganggu kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. 

Untuk mendapatkan perlindungan kesehatan lebih baik, dapatkan asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com ya.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast