Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Daftar Biaya Kuliah di Fakultas-Fakultas Favorit UI

by lhmdi on 6 Agustus, 2017

biaya kuliah_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Dana untuk melanjutkan pendidikan selalu menjadi perhitungan penting bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN ) di Indonesia.

Misalnya, biaya kuliah UI atau di Universitas Indonesia, sebagai PTN bergengsi yang dikenal sangat mahal. Namun kini, para calon mahasiswa atau mahasiswi yang mencoba mengejar mimpinya kuliah di Universitas Indonesia tidak perlu khawatir lagi.

Sejak tahun 2013, Universitas Indonesia menerapkan sistem baru dalam skema pembayaran biaya uang kuliah. Melalui sistem ini biaya yang diperlukan tidak lagi menjadi besar dan justru membuka kesempatan bagi siapa pun untuk belajar di Universitas Indonesia.

Selain itu, terdapat dua jenis beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia.

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia menyediakan dua jenis beasiswa yaitu beasiswa yang berasal dari UI dan juga dari pihak sponsor yang bekerjasama dengan UI.

Pihak Universitas Indonesia sendiri tidak memisahkan jenis beasiswa yang diberikannya. Namun, khusus beasiswa dari sponsor, Universitas Indonesia mensosialisasikannya melalui syarat yang diberikan oleh pihak sponsor.

Lalu, berapa sebenarnya biaya kuliah yang harus dikeluarkan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikanya di Universitas Indonesia?

Daftar Biaya Kuliah UI Berdasarkan Fakultas Favorit

kuliah setelah berkeluarga _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Pada bulan April 2017 yang lalu, Tempo melakukan survey nasional pada pelajar yang akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Survey ini bertujuan untuk mencari tahu fakultas favorit dan yang akan menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa. Survey yang dilakukan terhadap 859 responden ini disebar di berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa dianaranya adalah Jabodetabek, Yogyakarta, Medan, Surabaya hingga Makasar. Dari survey tersebut nama beberapa fakultas dari Universitas Indonesia menjadi pilihan favorit para siswa untuk menlanjutkan pendidikan.

Akan tetapi survey ini tentunya masih akan terus berkembang dan menjadi pertimbangan calon mahasiswa untuk memilih saat akan melanjutkan pendidikan di Universitas.

Lalu, fakultas apa saja yang menjadi pilihan para calon mahasiswa  jika mereka ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia? Berapa biaya kuliah UI yang harus mereka siapkan untuk masing-masing fakultas ini?

  1. Fakultas Hukum

Survey yang dirilis Tempo menyebutkan, cloan mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Hukum, memilih fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Terdapat tujuh minat yang ditawarkan Universitas Indonesia bagi calon mahasiswa yang akan menempuh studi di fakultas Hukum. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Hukum Tentang Hubungan Antar Sesama Anggota Masyarakat.
  2. Hukum Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan.
  3. Praktisi Hukum.
  4. Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi.
  5. Hukum Tentang Hubungan Negara dan Masyarakat.
  6. Hukum Tentang Hubungan Transnasional.
  7. Hukum Tentang Kesejahteraan Masyarakat dan Masalah Sosial.

Lalu, berapa biaya yang harus dipersiapkan jika calon mahasiswa fakultas Hukum di Universitas Indonesia?

Khusus untuk pendidikan S1 reguler, fakultas hukum Universitas Indonesia menrapkan skema BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

BOP-B ini berada di angka Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000. Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan S1, sejak 2013 Universitas Indonesia menerapkan penghapusan uang pangkal, karena sudah disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Selain itu, untuk fakultas Hukum, UI menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan fakultas hukum, sehingga tidak dikenakan biaya per SKS.

  1. Fakultas Kedokteran Umum

Nama fakultas Kedokteran Umum memang selalu menjadi pilihan bagi setiap para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan atau mencapai cita-citanya menjadi dokter.

Hasil survey Tempo pun mengungkapkan bahwa fakultas Kedokteran umum UI adalah PTN favorit para pelajar.

Namun, momok menakutkan bernama biaya biasanya selalu menghantui para pelajar yang akan mencoba untuk masuk ke fakultas Kedokteran Umum. Namun, biaya kuliah UI khusus untuk fakultas Kedokteran Umum ternyata tidak semahal yang diperkirakan.

Melalui sistem BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) yang diterapkan oleh UI, biaya kuliah ini disesuaikan dengan kemampuan penangugng biaya kuliah. Untuk nominalnya, BOP-B fakultas Kedokteran Universitas Indonesia membagi biayanya dari Rp 100.000 hingga Rp 7.500.000.

Selain itu, sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran nantinya calon mahasiswa akan membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan Kedokteran Umum tanpa harus dikenakan biaya per SKS.

  1. Fakultas Ilmu Komunikasi

Fakultas favorit berikutnya yang menjadi incaran berdasarkan survey Tempo adalah Ilmu Komunikasi.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik di fakultas ini, nantinya dapat mempelejari berbagai bidang ilmu seperti Jurnalisme, Komunikasi Media, Hubungan Masyarakat,  dan Periklanan.

Bahkan, bagi yang ingin melanjutkan pendidikan hingga Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia menawarkan bidang ilmu Manajemen Media, Komunikasi  Promosi dan Pemasaran, Komunikasi Korporasi dan Manajemen Komunikasi Politik.

Nah, bagi yang ingin melanjutkan pendidikan menuju Sarjana, biaya kuliah UI di fakultas Ilmu Komunikasi ini tetap memakai skema Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan dengan nominal Rp 100.000 hingga Rp5.000.000.

Calon mahasiswa pun nantinya tidak akan dibebankan lagi dengan uang SKS karena fakultas Ilmu Komunikasi menerapkan sistem UKT sebagai sistem pembayaran dimana calon mahasiswa hanya membayar biaya satuan pendidikan

  1. Fakultas Ilmu Manajemen

Fakultas favorit berikutnya berdasarkan survey Tempo adalah Ilmu Manajemen. Namun yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa adalah, Universitas Indonesia membuka kesempatan ini hanya melalui dua jalur yaitu SNMPTN, dan jalur ujian tulis SBMPTN dan SIMAK-UI.

Minat studi yang ditawarkan terdiri dari empat ilmu manajemen, yaitu:

  1. Manajemen Keuangan.
  2. Manajemen Pemasaran.
  3. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi.
  4. Manajemen Operasi.

Melalui BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) Univrsitas Indonesia memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk tidak terbebani dengan biaya kuliah karena hanya perlu mengeluarkan dana BOP-B di angka Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000.

Untuk dapat mengikuti pendidikan UI tidak mengenakan uang pangkal karena  disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Widget TRV Insurance

  1. Fakultas Hubungan Internasional

Terakhir, fakultas Ilmu Hubungan Internasional ternyata menjadi favorit para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia.

Melalui fakultas ini, calon mahasiswa akan mendapatkan pendidikan seperti Diplomasi dan Analisis Politik Luar Negeri, Teori Ekonomi Politik Internasional, Isu-isu Keamanan Transnasional, dan Kebijakan Luar Negeri Indonesia.

Ingin tahu berapa besar biaya kuliah UI di fakultas Hubungan Internasional? Jangan khawatir, fakultas Hubungan Internasional pun menggunakan skema BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

Angkanya berkisar di angka Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000, tanpa uang pangkal, serta menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT tanpa dikenakan biaya tambahan per SKS.

Mengenal Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan DI UI

biaya kuliah - CekAja.com

 

Berdasarkan uraian tadi, hampir semua fakultas favorit di Universitas Indonesia menerapkan sistem BOP-B atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan.

Namun, karena ingin membuak akses pendidikan yang lebih luas dan dapat dinikmati semua orang, BOP-B dijalankan. Kelebihan dari BOP-B  biaya SKS atau pratikum sudah tergabung dalam BOP-B

BOP-B sendiri bukanlah bentuk dari keringanan biaya kuliah, namun ditujukan agar biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan dapat disesukan dengan kemampuan keuangan penanggung biaya kuliah masing-masing calon mahasiswa.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan skema biaya kuliah BPO-B maka dibutuhkan beberapa dokumen pelengkap seperti

  1. Surat keterangan bertempat tinggal di lingkungan sekitar.
  2. Dokumen berupa penpadatan per bulan atau per tahun.

3. Dokumen pengeluaran yang terjadi dallam satu bulan atau satu tahun

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.