Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Deretan Ponsel Ikonik, Kamu Pernah Punya yang Mana?

by Miftahul Khoer on 21 November, 2019

Masih ingat ponsel Motorola Razr yang pertama kali diluncurkan pada 2004? Ponsel ini termasuk ikonik dan sangat ngehits di zamannya. Saking terkenalnya ponsel ini, Lenovo yang sudah membeli saham Motorola mencoba membangkitkan nostalgia dengan meluncurkan Razr versi 2019.

smartphone 2018

Menurut laporan The Wall Street Journal, versi original Razr atau Razr V3 terjual lebih dari 130 juta unit di seluruh dunia. Kini, bekerjasama dengan Verizon, Razr hadir kembali sebagai smartphone yang dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong.

Bukan hanya sekadar bisa menelepon dan SMS, Razr 2019 memiliki fitur smartphone zaman sekarang. Namun, tetap bisa dilipat khas Razr. Apalagi Motorola juga memutuskan kalau ponsel ini hanya memiliki satu warna saja persis versi asli pada 2004.

Selain Razr, ada beberapa ponsel lain yang menjadi sangat ikonik pada zamannya. Apa saja ponsel tersebut? Yuk simak, siapa tahu ada yang pernah kamu miliki!

1. Nokia 3310

Pabrikan Nokia, asala Finlandia pernah merajai pasar ponsel di seluruh dunia. Nokia 3310 pertama kali dirilis pada 2000 dan nama besarnya masih dipercaya hingga saat ini.

Kalau ponsel zaman sekarang bisa langsung rusak usai sekali terjatuh, tidak begitu dengan Nokia 3310. Memang ponsel ini dikenal dengan tahan bantingnya. Meski terbilang tebal, ponsel ini masih sangat nyaman digenggam. Ponsel ini juga terkenal dengan permainan Snake-nya yang sudah cukup menghibur pada masanya.

2. Ericsson T28

Persaingan Nokia dan Ericsson pada zaman dahulu, bisa dibilang persis seperti persaingan Samsung dan Apple iPhone saat ini. Oleh karena itulah Ericsson T28 hadir sebagai saingan kuat Nokia 3310 yang tahan banting.

(Baca juga: Ponsel Resmi atau Black Market? Ikuti 4 Langkah Ini Untuk Memastikannya)

Dengan desain yang jauh berbeda, Ericsson T28 jadi favorit karena desainnya yang lebih tipis dan ringan. Sayangnya, layar yang terlalu kecil dianggap menyulitkan para penggunanya.

3. Nokia N Gage Classic

Gamer memang selalu menjadi target pasar yang menarik bahkan sejak zaman dahulu, tidak heran, Nokia sudah mengeluarkan ponsel khusus main game sejak 2003. Nokia N Gage Classic hadir dengan bentuk dan fitur yang khusus ditargetkan untuk para gamer.

Karena kesuksesan ponsel ini pula, Nokia beberapa kali mengeluarkan ponsel untuk bermain game. Sayangnya, kesusksesan N Gage Classic tidak bisa diikuti adik-adiknya.

4. Sony Ericsson W Series

Pada tahun 2005, Sony Ericsson mulai mengenalkan ponsel seri musik mereka yang ikonik, yaitu Sony Ericsson W Series. Desain-desain seri W ini merujuk pada Walkman dan ternyata sangat disukai banyak orang hingga terjual jutaan unit.

Sony Ericsson W Series memiliki beberapa desain candybar, flip, swivel, slider, bahkan yang disertai fungsi touchscreen.

5. Nokia 3650

Nokia 3650 yang pertama kali diluncurkan pada 2003 ini menjadi impian banyak anak muda pada masanya. Pasalnya, ponsel ini memiliki keypad yang melingkar sehingga terlihat unik dan menarik. Ini adalah ponsel pertama yang bisa merekam video dan sudah memiliki slot memory card untuk ruang penyimpanan yang lebih besar.

6. Nokia 6600

Tahun 2003 memang menjadi masa jaya Nokia, tidak heran pada masa itu, pabrikan asal Finlandia itu merilis banyak ponsel. Saingan terberat 3650 adalah 6600 yang meski punya dimensi yang terbilang tebal namun digemari.

Ponsel ini sudah memiliki layar berwarna, dengan kamera yang bisa memotret dan merekam video. Ponsel ini terjual hingga 150 juta unit karena masa penyimpanannya sebesar 32 MB kala itu sudah terbilang besar.

7. Motorola V70

Motorola V70 diluncurkan pada 2002 dengan desain unik dan cukup aneh karena model keypad yang bisa diputar di porosnya. Seri ini juga dikenal sebagai salah satu seri terburuk dari Motorola yang saat itu tengah merajai pasar.

(Baca juga: Cara Cek Imei HP Android dan iOS Lewat Ponsel serta Situs Kemenperin 2019)

Meski begitu, bagi para kolektor ponsel jadul, ponsel ini dihargai cukup tinggi justru karena desainnya yang dianggap buruk pada masanya tersebut.

8. Ericsson R310

Ericsson R310 lebih dikenal dengan Ericsson Hiu, ponsel ini menjadi favorit pegiat alam dengan desainnya yang tebal dan antena hiunya. Ericsson R310 ini dirilis oleh Ericsson pada tahun 2000 atau 17 tahun lampau dan dibanderol dengan harga yang cukup mahal pada masanya karena tahan banting dan debu.

Kalau kamu belum pernah dengar ponsel-ponsel ini mungkin kamu bisa tanyakan ibu atau ayah kamu dan menanyakan mana yang pernah jadi milik mereka.

Beli Ponsel Pakai BRI

Sementara untuk memiliki berbagai jenis ponsel kekinian macam Samsung Galaxy S10 Plus, Huawei P30 Pro, Huawei Mate 20 Pro, atau iPhone XS, langsung kunjungi saja BRIshoponline.com dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Dengan berbelanja di sana menggunakan seluruh tipe kartu kredit BRI kecuali Corporate Card, kamu bisa menikmati program cicilan 0% dengan tenor 3, 6, 12, sampai 24 bulan.

Miliki kartu kredit BRI sekarang juga melalui CekAja.com yang memungkinkan kamu memilih dan membandingkan langsung benefit kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Ajukan kartu kredit BRI sekarang juga di sini.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.