Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Enam Hal yang Bisa Dilakukan Bumil Agar Tidak Stres

by Miftahul Khoer on 26 November, 2019

Memiliki keturunan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu beberapa pasangan. Namun, ternyata tidak begitu mudah untuk dijalani, terutama oleh sang wanita, alias ibu hamil atau belakangan lebih populer disingkat bumil.

film Dua Garis Biru

Banyak hal biasanya menjadi beban pikiran ibu hamil, termasuk kesehatan, keuangan, dan hubungan dengan sang suami, termasuk juga bagaimana kondisi si bayi yang ada di perutnya. Selain itu, banyak ibu hamil mulai berpikir bisakah mereka jadi ibu yang baik saat si kecil sudah lahir ke dunia.

  • Hal yang Wajar

Berdasarkan penelitian dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di Houston, Amerika Serikat (AS), ibu hamil yang khawatir adalah hal yang wajar. Namun, jangan berlarut-larut agar tidak menjadi stres dan membahayakan kandungannya.

(Baca juga: Kehamilan Kosong, Ini Ciri-cirinya Seperti yang Dialami Titi Kamal)

Berdasarkan penelitian tersebut, akan lebih baik kalau ibu hamil fokus dan selalu positif pada kesehatannya, apa yang dia makan, dan cukup tidur, serta bisa tetap aktif berkegiatan. Selain itu, ibu hamil juga bisa fokus pada perubahan baik yang terjadi pada tubuh dan hidupnya selama mengandung. Meski begitu, ada pula hal-hal yang bisa ibu hamil lakukan agar tetap bisa berpikiran positif.

  • Memahami Tubuh

Banyak perempuan tidak mengenali tubuhnya karena budaya yang mengakar. Padahal, sangat penting bagi perempuan untuk kenal dengan tubuhnya, apalagi selama masa kehamilam.

Oleh karena itu, pikirkan, tulis, atau bahkan bicarakan bagaimana hubungan ibu hamil dengan tubuhnya terbentuk. Jangan segan untuk menantang pikiran negatif akan memperluas pengalaman positif bagi tubuh. Selain itu, identifikasi pemicu apa yang mungkin muncul sepanjang perjalanan ini akan membantu ibu hamil dan keluarga mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan.

  • Pahami Perubahan

Banyak ibu hamil sangat khawatir dengan kenaikan berat badannya. Padahal, memahami kenaikan berat badan dalam kehamilan dan mengapa hal itu terjadi dapat membantu ibu hamil menjadi lebih ingin tahu dan kurang menghakimi tentang perubahan tubuhnya tersebut.

Pasalnya, pertambahan berat badan meliputi pertumbuhan bayi, peningkatan volume darah, plasenta, pertumbuhan jaringan payudara, dan cairan ketuban. Mendukung kehamilan yang sehat membutuhkan penambahan berat badan dan perubahan-perubahan ini dalam tubuh adalah tanda kesehatan.

  • Membangun Tim yang Tangguh dengan Suami

Saat ini membesarkan anak bukan hanya tanggung jawab seorang ibu. Banyak penelitian menyebutkan bahwa peran ayah sangat penting, termasuk juga pada masa kandungan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun tim yang tangguh dengan suami.

Selain suami, sangat penting untuk mendapatkan dukungan terbaik, termasuk dari keluarga bahkan dokter atau bidan. Tim inilah yang menjadi support system bagi ibu hamil dan juga masa pemulihan pasca-persalinan.

  • Mendapatkan Dukungan Terbaik

Saat ini, terutama tinggal di kota besar sangat rentan dengan stres, dan hal ini sangat mungkin terjadi pada ibu hamil. Oleh karena itu, pastikan ibu hamil sangat mungkin membutuhkan dukungan dari luar selama masa kehamilan.

Jangan ragu untuk bertemu terapis, bergabunglah dengan seseorang secara langsung atau kelompok pendukung online maupun offline yang didedikasikan untuk kepositifan tubuh, atau kenali teman dan keluarga yang dapat membantu mendorong dan mendukung.

  • Bijak Mengatur Keuangan

Saat hamil, terutama di Indonesia dengan mitos “ngidam” sangat mungkin membuat kantong calon orang tua jebol. Terutama bagi ibu hamil, jangan terbawa nafsu membeli beragam makanan, hanya karena boleh makan apapun, apalagi kalau bayi di dalam perut berat badannya masih kurang.

Jajan tentu akan menyenangkan, tapi ingatlah tentang kesehatan, dan juga dana yang kalau dihitung-hitung ternyata cukup menguras kantong.

(Baca juga: 7 Tren Ibu Hamil Zaman Now)

Ditambah lagi, menjelang persalinan, terutama calon ibu tentu ingin membeli berbagai hal yang dikira akan dibutuhkan oleh sang anak. Padahal, dibandingkan membeli yang tidak perlu, lebih baik ibu dan bapak baru membelikan sang anak asuransi demi masa depannya.

Saat ini juga banyak keperluan bayi yang bisa disewa, selain bisa menghemat kantong menyewa keperluan bayi juga akan sangat membantu mengurangi hal-hal yang tidak perlu di rumah.

Nah bagi kamu yang tengah mengandung, boleh loh mencoba tips ini demi menjaga kesehatan jiwa kamu. Dapatkan beragam tips finansial lainnya dari CekAja.com, yang juga bisa memberikan alternatif solusi dana cadangan yang dibutuhkan menjelang proses melahirkan.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.