Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Harga BBM Non Subsidi Naik, Ini Tips Agar Mobil Irit Bahan Bakar

by Achmad Fauzi on 3 Juli, 2018

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kini mengalami kenaikan. Akan tetapi tidak semua jenis BBM yang mengalami kenaikan, hanya BBM jenis Pertamax Series dan Dex Series mulai hari ini dan berlaku di SPBU seluruh Indonesia. Sedangkan, Harga Premium, Solar dan Pertalite tidak naik.

mobil murah _ kredit kendaraan - CekAja.com

Dalam hal ini, Mulai 1 Juli Pertamina menetapkan harga Pertamax untuk wilayah DKI Jakarta Rp 9.500/liter, sementara Pertamax Turbo Rp 10.700/ liter. Sedangkan untuk Dex Series, ditetapkan harga Pertamina Dex Rp 10.500/liter, dan Dexlite Rp 9.000/liter.

Dengan adanya kenaikan BBM jenis tersebut, pastinya akan membuat pengeluaran akan bertambah. Maka dari itu Anda harus mencari cara agar tetap irit, meski harga BBM non subsidi itu naik. Nah berikut, tips yang bisa Anda lakukan agar mobil Anda lebih irit bahan bakar.

Jangan panaskan mobil terlalu lama

Jika Anda ingin irit BBM, maka jangan memanaskan mobil terlalu lama. Meskipun memanaskan mobil sebelum jalan adalah hal yang perlu, tapi Anda harus memperhatikan lamanya waktu untuk saat memanaskan mobil.

Anda hanya perlu memanaskan selama beberapa menit saja sebelum anda gunakan. Hal ini agar bensin tidak terkuras banyak saat Anda memanaskan mobil.

(Baca juga: Ini Daftar Kendaraan yang ‘Bebas’ dari Aturan Ganjil Genap)

Selain itu, apabila mobil Anda berhenti lebih dari satu menit, maka Anda perlu untuk mematikan mesin mobil. Hal ini juga berfungsi untuk menghemat penggunaan bahan bakar Anda.

Saat memanaskan mobil, Anda juga harus mengecek mesin mobil dengan mendengarkan bunyi mesin itu. Jika suara mesin halus maka mobil Anda masih dalam kondisi normal. Jika Anda merasa mesin mobil Anda kasar, maka Anda perlu melakukan servis, karena mesin mobil yang tidak prima akan membuat pemakaian bahan bakar lebih banyak.

Kurangi beban mobil

Mengurangi beban mobil juga merupakan salah satu cara agar pemakaian bahan bakar tetap irit. Pasalnya, beban mobil merupakan salah satu penyebab peningkatan pemakaian bahan bakar.

Maka dari itu, keluarkan barang yang tidak terlalu perlu dari mobil Anda. Jika mobil Anda triple seat, maka melipat jok yang paling belakang agar tidak menambah beban mobil. (Baca juga: Mengenal SLIK dan Manfaatnya dalam Mengajukan Kredit Pinjaman)

Selain itu, saat berkendara usahakan tidak membawa barang yang terlalu berat di dalam bagasi. Sebab, tambahan beban 100 pon dapat meningkatkan pemakaian bahan bakar sebesar 1%-2%. Anda juga perlu memilih ban yang sesuai dengan mobil. Pilihlah ban yang lebih sempit, sehinga membuat mobil Anda lebih Aerodinamis dan traksi lebih kecil.

Perhatikan gaya menyetir

Gaya menyetir juga bisa membuat mobil Anda menjadi lebih irit. Gaya menyetir misalnya jarang menyetir dengan kecepatan yang tinggi, karena hal ini akan menaikkan pemakaian BBM hingga. Maka dari itu, Anda harus santai dan tidak teburu-buru.

Anda juga harus memperhatikan pengaturan putaran mesin. Salah satunya, dengan memperhatikan RPM mesin mobil. Putaran mesin yang ideal saat berkendara yakni sekitar 3.000 RPM.

Selain itu, jangan terlalu sering mengerem saat berkendara. Karena, jika terlalu sering akan membuang energi yang baru dibakar oleh bahan bakar Anda. (Baca juga: Mau KPR? Kini Anda Bisa DP Rumah 0 Persen!)

Kurangi pemakaian AC saat macet

Agar mobil Anda lebih irit bahan bakar, maka Anda harus mengurangi memakai AC saat berkendara dalam keadaan macet. Pasalnya, jika AC dinyalakan terus menerus makan akan memperberat kerja mesin dan akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Karena hal itu, jika Anda terjebak kemacetan saat berkendara, maka matikan AC mobil dan bukalah kaca di pintu agar ada udara yang masuk di dalam mobil.

Selain itu, janganlah membuka jendela Anda saat AC mobil menyala. Sebab, hal itu akan memperboros pemakaian bahan bakar karena akan menyebabkan hambatan angin.

Gunakan alat penghemat bahan bakar

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba alat bantu untuk menghemat bahan bakar mobil. Sekarang ini, banyak alat penghemat bahan bakar yang dijual bebas, sepertin minicon. (Baca juga: INTERVIEW : Menilik Bisnis Jersey Bola Saat Piala Dunia)

Meski begitu, sebelum menggunakannya Anda perlu mempelajari bagaimana cara kerja dan dampak yang terjadi. Jangan sampai Anda salah langkah yang nantinya malah membuat mobil Anda boros.

Itulah, beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat mobil Anda lebih irit. Percayalah, jika Anda lakukan semua hal dilakukan dengan benar, maka diharapkan mobil Anda bisa lebih irit. Dengan begitu, tidak begitu dipusingkan dengan kenaikan harga BBM. Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami