Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini 10 Jurusan Unpad Paling Favorit Bidang Saintek dan Soshum 2019

by Vera Khairifah on 19 November, 2019

Memilih jurusan kuliah bukan lah hal yang mudah dilakukan. Dengan persaingan masuk kuliah yang tinggi, kamu harus berusaha keras untuk membidik jurusan kuliah terfavorit. Untuk kamu yang ingin kuliah di Bandung, berikut jurusan Unpad paling favorit di tahun 2019 ini.

Ini 10 Jurusan Unpad Paling Favorit Bidang Saintek dan Soshum 2019

Kualitas Jurusan Unpad

Kualitas pendidikan Unpad memang tak diragukan lagi. Pada tahun 2019, Unpad menjadi perguruan tinggi terbaik nomor empat di Indonesia (berdasarkan QS University Ranking).

Hampir seluruh jurusan yang ada di kampus yang terletak di daerah Dipati Ukur dan Jatinangor, Bandung, ini juga terakreditasi A. Beberapa nama terkenal di Indonesia juga merupakan lulusan Unpad. Sebut saja Hotman Paris Hutapea, Megawati Soekarnoputri, Aa Gym, Annisa Pohan, Ernest Prakasa dan masih banyak lagi.

Ada beberapa jurusan Unpad paling favorit tingakt S1 yang bisa kamu pilih untuk masa kuliah tahun 2020. Sebab umumnya, kategori jurusan Unpad paling favorit tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Perkiraan jurusan Unpad paling favorit ini didasarkan pada perhitungan peluang pendaftar lolos dalam mengerjakan soal ujian masuk, serta jumlah pendaftar keseluruhan dan dibandingkan dengan jumlah kuota bangku yang tersedia untuk mahasiswa baru.

Istilah perbandingan ini disebut sebagai passing grade. Semakin tinggi angka passing grade, maka persentase angka peminatan jurusan itu oleh pendaftar pun semakin tinggi juga.

Jurusan Unpad Paling Favorit (Saintek)
1. Pendidikan Dokter

Jurusan yang melahirkan Dokter masa depan ini masih diminati banyak calon mahasiswa. Kebutuhan tenaga medis seperti Dokter memang dibutuhkan mengingat pertumbuhan penduduk Indonesia yang terus meningkat. Passing grade jurusan Unpad ini sangat tinggi, yakni 54,5 persen.

2. Kedokteran Hewan

Profesi sebagai Dokter Hewan juga cukup diminati. Jurusan ini memiliki passing grade 45,8 persen. Di kalangan pemburu jurusan ini, Unpad memang menjadi incaran. Letak kampus untuk jurusan ini berada di kampus Unpad Jatinangor, Bandung.

(Baca Juga: Ini Universitas Terbaik di Indonesia dan Pencetak Lulusan Berkualitas 2020)
3. Teknik Elektro

Jurusan yang mempelajari bidang ilmu kelistrikan memiliki passing grade tinggi, yakni 41,3 persen. Lulusan dari jurusan ini memang terbilang akan selalu dibutuhkan di semua perusahaan. Karena ilmu kelistrikan dipakai di semua gedung dan bangunan.

4. Psikologi

Posisi ke-empat ditempati oleh jurusan Psikologi. Lulusannya akan berprofesi sebagai Psikolog jika melanjutkan ke jenjang S2 Profesi. Jurusan Psikologi sangat terkenal di Unpad dengan persaingan masuk yang tinggi. Tidak heran, sebab angka passing grade-nya saja 40,8 persen.

5. Ilmu Aktuaria

Ini adalah jurusan baru yang ada di Unpad, baru dibuka tahun 2018 lalu. Untuk kamu yang masih asing mendengarnya, Ilmu Aktuaria adalah ilmu yang mempelajari pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang.

Ilmu ini merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan dan program komputer. Walau baru dibuka, peminat jurusan ini langsung melonjak, yakni dengan passing grade 40,5 persen.

Jurusan Unpad Paling Favorit (Soshum)
1. Akuntansi

Fakultas Ekonomi terutama jurusan Akuntansi memang sejak dulu terkenal. Peminat tinggi dibuktikan dengan angka passing grade 44,5 persen pada tahun 2019 ini. Lulusannya bisa bekerja di mana saja karena seluruh perusahaan membutuhkan para Akuntan.

2. Bisnis Digital

Jika di bidang Saintek ada jurusan baru Ilmu Aktuaria, maka di bidang Soshum ada jurusan Bisnis Digital yang langsung menjadi jurusan Unpad paling favorit. Bayangkan saja, angka passing grade-nya 44,2 persen! Jurusan ini dibuat untuk memprakarsai hadirnya jurusan kuliah yang tidak konservatif alias kekinian.

3. Ilmu Hubungan Internasional

Ilmu Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara. Mulai dari cakupan organisasi, peran negara, dan banyak hal lainnya. Lulusannya kebanyakan bekerja di kantor kedutaan atau perusahaan multinasional. Jurusan Unpad ini memiliki passing grade 41,6 persen.

4. Manajemen

Selain Akuntansi, jurusan Manajemen dari Fakultas yang sama juga masuk ke jajaran jurusan Unpad paling favorit. Manajemen memiliki angka passing grade 38,8 persen. Ilmu ini mempelajari kegiatan mengelola, merencanakan dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan.

5. Manajemen Komunikasi

Ilmu Manajemen Komunikasi memang bisa diaplikasikan ke segala bidang dan kegiatan, baik internal ataupun eksternal pada orgaisasi atau perusahaan. Tak heran jika ini menjadi salah satu jurusan Unpad paling favorit dengan angka passing grade 37,7 persen.

Jadi, mana nih yang menjadi jurusan incaran kamu? Tak usah ragu untuk melanjutkan kuliah, sebab pinjaman dana pendidikan bisa kamu dapatkan dengan mudah di CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast