Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ada 13 Kebiasaan Orang Kaya dan Sukses, Apa Kita Punya Salah Satunya?

by Ariesta on 8 Juni, 2017

kebiasaan orang sukses _ investasi - CekAja.com

Punya mimpi jadi orang kaya dan sukses? Semuanya harus dimulai dengan mengubah kebiasaan. Ya, untuk menjadi sukses dan kaya harus dimulai dari hal terkecil.

Hal ini dibuktikan oleh Thomas C. Corley yang mempelajari kebiasaan sehari-hari 177 orang kaya dalam lima tahun. Orang-orang kaya yang dia pelajari adalah mereka yang kaya dari nol alias dari jerih payah sendiri, bukan kaya karena warisan.

Dalam bukunya yang berjudul ‘Change Your Habits, Change Your Life’, dia menulis, kebiasaan turut menentukan sukses atau tidaknya seseorang di masa depan.

Ada sebab dan akibat yang berhubungan dengan kebiasaan. Kebiasaan adalah sebab dari seseorang menjadi kaya, miskin, bahagia, sedih, stres, sehat, atau sakit. Kabar baiknya, kebiasaan bisa diubah. Dan sekarang saatnya mengubah kebiasaan dengan mengikuti kebiasaan orang kaya dan sukses.

Rajin membaca

Berapa banyak buku yang sudah dibaca dalam seminggu? Atau jangan-jangan buku yang dibaca dalam setahun hanya 1 atau 2 saja? Berdasarkan studi Corley, 80 persen orang kaya meluangkan 30 menit untuk membaca bacaan mendidik.

Mereka membaca buku bernilai pengetahuan, bukan seperti novel atau bacaan lainnya yang bernilai hiburan. Jenis buku yang sering dibaca orang kaya adalah biografi orang sukses, buku pengembangan kepribadian, dan sejarah.

Berolahraga

Bagi banyak orang, menggerakan badan alias olahraga adalah hal yang sulit. Rasanya malas sekali untuk berolarharga. Tapi bagi orang kaya dan sukses, olaharga adalah kewajiban.

Sebanyak 76 persen orang kaya melakukan aeronik paling tidak 30 menit setiap hari. Gerakan-gerakan yang dilakukan ternasuk kardio seperti berlari, jogging, berjalan, atau bersepeda.

Cardio tidak hanya bagus untuk tubuh, tapi juga untuk otak. Cardio membantu pertumbuhan neuron (sel otak) dan meningkatkan produksi glukosa. Glukosa merupakan bahan bakar otak.

Bergaul dengan orang sukses

Orang kaya yang diteliti Corley memilih bergaul dengan orang-orang yang punya tujuan, optimis, antusias, dan punya mental yang positif. Mereka menghindari orang-orang yang selalu berprasangka buruk, senang merisak, mengkritik dengan cara menjatuhkan, dan berkepribadian negatif.

Gigih mengejar impian

“Mengejar mimpi dan tujuan ternyata menciptakan kebahagiaan jangka panjang yang akhirnya menambah pundi-pundi kekayaan,” kata Corley dalam bukunya.

Sementara itu banyak orang yang membuat kesalahan dengan mengejar mimpi orang lain, misalnya orangtua. Misalnya ketika disuruh kuliah di kedokteran, anak nurut-nurut saja padahal passion yang sebenarnya adalah bisnis.

“Passion membuat kerja jadi menyenangkan,” kata Corley. “Passion memberikan energi, fokus, dan kegigihan dalam menghadapi kegagalan, kesalahan, dan penolakan.”

Bangun pagi

Hampir 50 persen orang kaya dan sukses yang dipelajari Corley bangun paling tidak tiga jam sebelum jam kerja dimulai. Jika jam kerja dimulai jam sembilan, maka mereka sudah bangun sejak jam lima lalu mengisi pagi dengan membaca, meditasi, olahraga, dan makan makanan sehat.

Punya banyak sumber penghasilan

Orang kaya dan sukses tidak bergantung dari satu sumber penghasilan saja. Sebanyak 65 persen orang kaya yang dipelajari Corley paling tidak punya tiga sumber pendapatan. Sumber pendapatan tersebut meliputi sewa properti, investasi saham, dan bisnis sampingan.

Berkonsultasi pada ahli

Orang kaya dan sukses berkonsultasi pada ahli untuk mengelola kekayaan. Karenanya mereka memakai jasa penasihat/perencana keuangan. Mereka juga memiliki mentor atau orang yang lebih cakap untuk ditanya-tanyai.

Punya kepribadian positif

Kalau kamu terbiasa nyinyir di media sosial, sering berprasangka buruk, dan berdebat kosong, sebaiknya segera hilangkan sifat-sifat ini. Karena menurut Corley, orang kaya dan sukses punya kepribadian yang positif.

Tidak ikut arus

Memang, terkadang kita harus berbaur dan menyesuaikan diri dengan masyarakat. Tapi terlalu ikut arus justru membuat kita jadi tidak unik. Orang kaya dan sukses justru menciptakan tren baru yang membuat orang-orang ingin mengikutinya. Entah dalam bentuk produk unik di pasaran, ide, atau gaya berbusana.

Punya etiket yang bagus

Orang kaya dan sukses menguasai aturan-aturan, prinsip, dan etiket. Hal ini termasuk tata cara makan (table manner), tata cara berterima kasih, memilih prioritas, dan berpakaian sesuai acara yang dihadiri. Kalau kamu merasa perlu untuk belajar khusus di sekolah kepribadian, jangan ragu karena keputusan ini merupakan investasi untuk meraih sukses.

Membantu orang lain untuk sukses

“Membantu orang lain untuk meraih sukses dan mewujudkan mimpi pada kenyataannya membuat kita makin sukses,” tulis Corley. “Sedikit orang yang sadar kalau kita butuh sebuah tim untuk mencapai sukses.

Cara terbaik untuk membentuk tim adalah dengan menawarkan bantuan pada orang lain yang ingin sukses. “Fokuslah menolong orang yang benar-benar ingin sukses, punya kepribadian optimis, dan positif.”

Meluangkan waktu 15-30 menit hanya untuk berpikir

Berdasarkan studi Corley, berpikir merupakan kunci kesuksesan. Para orang kaya ini akan berpikir di tempat sunyi, di waktu pagi, dalam durasi paling tidak 15 menit setiap hari.

Kesempatan menyendiri ini digunakan untuk brainstorming mengenai berbagai hal. Mulai dari karier, finansial, kesehatan, dan amal. Mereka mengajukan pertanyaan pada diri sendiri seperti, “Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak uang? Apakah pekerjaanku membuatku bahagia? Dan sebagainya.”

Tidak takut akan kritik

Ketakutan akan kritik merupakan alasan kenapa kita tidak bisa mengukur keberhasilan. Kritik sangatlah esensial karena merupakan bahan pembelajaran. Tanggapan orang lain tentang diri kita berguna agar kita tidak salah jalan, terus belajar, serta terus tumbuh.

Terima kritik dengan tangan terbuka. Gunakan kritik membangun untuk memperbaiki diri agar lebih sukses.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami