Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ini 5 Tips Hemat Untuk Kamu yang Masih Sekolah

by Rafly Aditia on 22 Juli, 2016

Banyak pelajar yang masih kesulitan mengatur uang bulanannya. Padahal, mengelola uang bulanan adalah latihan agar kamu siap menghadapi hal yang lebih sulit lagi yakni mengatur keuangan saat bekerja nanti.

Untuk para pelajar di seluruh Indonesia, berikut ini ada 5 tips yang dapat dilakukan untuk mengirit biaya sekolah:

1. Cari info beasiswa

Untuk sekolah-sekolah negeri di kota besar seperti Jakarta, sebenarnya biaya pendidikan sudah gratis hingga taraf SMA. Tetapi, kalau di daerahmu tidak memberlakukan hal tersebut sebaiknya carilah info mengenai beasiswa. Hal ini akan sangat membantu meringankan pemngeluaran sekolah hingga lulus nanti.

(Baca juga: Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan yang Wajib Diketahui Orang Tua)

2. Jual buku-buku lama

Di rumah banyak buku-buku yang menganggur dan tidak terpakai? Mulai dari novel-novel lama, buku pelajaran, sampai komik? Sebaiknya jual saja untuk mendapatkan uang. Hasil penjualan buku tersebut, bisa kamu manfaatkan untuk modal bisnis kecil-kecilan seperti jual-beli buku bekas. Keuntungannya bisa kamu gunakan untuk mengcover kebutuhan uang saku.

3. Pinjam buku di perpustakaan

Dibanding harus beli buku dengan harga mahal, kenapa kamu tidak manfaatkan fasilitas di perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum. Tetapi, perlu kamu ingat bahwa buku tersebut bukan milikmu melainkan milik perpustakaan. Jadi jagalah baik-baik kondisi buku tersebut dan kembalikan tepat pada waktunya.

4. Manfaatkan kartu pelajar untuk belanja

Kamu harus pintar-pintar memanfaatkan statusmu sebagai pelajar. Ketika pergi belanja buku atau bahkan pergi makan di cafe bersama teman-teman, sebaiknya cari tempat yang menawarkan diskon khusus untuk pelajar. Pasalnya diskon yang diberikan kepada pelajar sangat membantu dan terkadang cukup besar nilainya.

(Baca juga: 5 Kerugian yang Kamu Dapat Jika Tidak Memiliki Pendidikan Tinggi)

5. Tekan biaya transportasi harian

Agar pengeluaran bulanan makin irit, cobalah hemat biaya transportasi. Apabila orang tua ingin menyediakan kendaraan, pilih kendaraan yang irit bensin. Karena kamu masih pelajar, jangan terlalu mementingkan gaya dibanding manfaat.

Bila kendaraan yang kamu gunakan irit bensin, kelebihan uang transportasi bisa ditabung. Kalau tabungan sudah banyak, bisa kamu manfaatkan untuk liburan atau membuat usaha kecil-kecilan.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.