Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ini Cara Olahraga yang Tepat Agar Tidak Gampang Sakit

by Rafly Aditia on 7 November, 2016

Olahraga merupakan aktivitas yang harus kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh. Namun, kerap kali orang justru mengalami sakit ataupun cedera saat rutin berolahraga.

Apa penyebabnya Tentu saja pasti ada suatu kesalahan yang diperbuat, entah itu saat melakukan gerakan atau terlalu memaksakan diri saat latihan. Agar tubuhmu tetap bugar dan tak gampang sakit, berikut cara berolahraga yang tepat:

Wajib pemanasan dan pendinginan

Setiap kamu berolaharaga, apapun jenisnya kamu harus melakukan pemanasan dan pendinginan. Sebelum latihan, kamu harus melakukan pemanasan agar otot-otot tubuhmu dapat lebih rileks dan mencegah terjadinya kejang otot dan cedera.

Pendinginan dilakukan agar otot-otot yang kamu latih selama berolahraga tidak mengalami stres. Perlu diketahui, pendinginan juga perlu dilakukan agar otot tubuhmu tidak kaku.

(Baca juga: 6 Pertanda Kalau Tubuh Kamu Benar-benar Kurang Cairan)

Latihan aerobik jangan terlalu lama

Badan kesehatan dunia, WHO, pernah merekomendasikan agar orang dewasa melakukan latihan aerobik selama 300 menit per minggu. Sebenarnya anjuran itu tidak sepenuhnya benar. Alasannya, berlatih aerobik dalam waktu yang terlalu lama justru dapat membuat jantung dan paru-paru menjadi lebih lemah. Maka dari itu, kamu hanya perlu melakukan setidaknya 15 menit-20 menit per satu kali latihan.

High Intensity Interval Training

Untuk meningkatkan sistem imun dan menjaga kondisi tubuh terutama kesehatan jantung, kamu perlu melakukan High Intensity Interval Training alias latihan dengan tingkat intensitas tinggi. Artinya, kamu hanya perlu melakukan latihan sekitar 15 menit-20 menit dengan waktu istirahat yang minim.

(Baca juga: Alternatif Lokasi Liburan yang Cocok untuk Merenung di Akhir Tahun)

Metode HIIT juga terbukti sangat efektif bagi yang ingin membakar lemak tubuh. Jika ingin tubuh langsing, jenis latihan seperti ini harus kamu lakukan.

Butuh asuransi kesehatan yang menanggung biaya kesehatan penyakit berbahaya? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami