Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD dalam Hitungan Detik!

by Rafly Aditia on 14 Maret, 2017

tips lamar kerja_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Saat membuka lowongan kerja, biasanya perusahaan akan meminta calon karyawannya untuk mengirim cv dan surat lamaran kerja.

Kedua hal tersebut, bisa dibilang sangat menentukan apakah kamu dipanggil untuk wawancara kerja atau tidak. Perlu diketahui, menurut riset yang dilakukan Times of India, pihak HRD hanya melihat surat lamaran maksimal selama 6 detik saja!

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana caranya membuat surat lamaran yang menarik perhatian HRD agar diundang interview atau wawancara kerja, simak saja langsung beberapa tips berikut ini:

Tidak perlu cantumkan informasi tidak penting

Dalam membuat surat lamaran, kamu tidak perlu mencantumkan informasi tidak penting seperti usia ataupun jenis kelamin. Karena sebenarnya, lewat foto, nama serta informasi yang ada di dalam CV pihak HRD bisa dengan mudah mengetahui hal-hal tersebut.

Beritahukan keahlian dan pengalaman kerjamu

Dalam menulis surat lamaran, ada baiknya bagimu untuk menjual diri secara profesional. Beritahukan keahlian yang dimiliki dan relevan dengan pekerjaan yang ingin dilamar. Selain itu, jangan lupa untuk mengulas pengalaman kerjamu, misalnya memberitahukan bahwa kamu sudah memiliki pengalaman bekerja 3 tahun dengan spesialisasi di posisi tertentu misalnya.

Tunjukkan ketertarikanmu terhadap perusahaan

Ada baiknya menunjukkan ketertarikan terhadap perusahaan lewat surat lamaran kerja. Caranya? Mudah saja, cukup bilang bahwa kamu tertarik untuk mengenal perusahaan lebih lanjut, mengetahui rencana dan tujuan perusahaan, memulai karier di perusahaan tersebut dan merasa sangat diapresiasi apabila  surat lamaran kerja yang kamu kirim mendapatkan perhatian dan balasan dari perusahaan.

Kalau bisa, pakai bahasa Inggris!

Yup, tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris menjadi nilai lebih yang cukup mempengaruhi ketertarikan pihak HRD. Usahakan menulis surat lamaran kerja dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Tidak perlu takut, yang penting kamu harus percaya diri dalam menulis surat lamaran menggunakan bahasa Inggris.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami