Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Kelebihan 5 Merek Kosmetik Lokal yang Sedang Tren

by Sindhi Aderianti on 26 Oktober, 2018

Kosmetik tampaknya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari wanita. Apalagi sejak era beauty influencer marak, hampir semua kaum hawa rasanya tidak mau ketinggalan mengikuti tren kosmetik yang mereka rekomendasikan.

wanita kaya - CekAja.com

Latar belakang inilah yang kemudian membuat pengusaha industri kecantikan memanfaatkan peluang yang ada. Bukan hanya luar negeri, tapi juga dalam negeri.

Tidak kalah berkualitasnya dengan merek kosmetik yang telah mendunia, 5 merek kosmetik lokal ini telah berhasil menguasai pasarnya masing-masing. Bahkan dalam waktu kurang dari 5 tahun! Siapa sajakah mereka dan apa kelebihan yang dimiliki produknya?

1. Rollover Reaction

Di awal kehadirannya, merek kosmetik lokal yang digawangi oleh Dinar Amanda ini amat menarik perhatian. Lip matte bertajuk “Sueded” keluarannya memiliki konsep lip and cheek yang dapat diaplikasikan sebagai lipstick, blush on, dan eyeshadow.

Warna-warnanya pun lengkap mulai dari shade yang nude hingga bold. Meskipun matte, formulanya tidak lengket dan ringan di bibir. Di samping itu, cocok pula dengan skin tone kulit wanita Indonesia yang umumnya didominasi sawo matang.

Tak berhenti sampai di situ, kini Rollover Reaction semakin cerdas mengembangkan bisnis kosmetiknya. Bukan hanya lipstick, namun produk kecantikan lain yang sudah dikeluarkannya terbukti mulai beragam. Ada liquid eyeshadow, face wipes, brow mascara, sampai face mist. Anda bisa mendapatkan produk-produknya tersebut secara online ataupun langsung melalui gerai resminya di Plaza Indonesia.

2. BLP Beauty

Berbekal dari pengalamannya sebagai seorang makeup artist, Lizzie Parra menjajal kemampuan berbisnisnya dengan membuat merek kosmetik lokal bernama BLP Beauty. Sejak berdiri, BLP lebih banyak bermain pada penjualan online melalui website resmi www.blpbeauty.com serta beberapa e-commerce yang bekerjasama.

Produk andalannya adalah lip coat yang terdiri dari belasan warna-warna cantik. Tak heran jika para BLP girls, sebutan untuk konsumennya jadi kalap ingin membeli semua shade yang dijual.

Sukses dengan produk lipstick, kurang lebih dua tahun setelahnya BLP Beauty kemudian meluncurkan produk lain yang juga menjadi favorit. Di antaranya adalah lip tint, brow definer, eyeshadow stick, fake lashes, eyeliner, dan face powder. Semakin lengkap!

(Baca juga: 5 Trik Hemat Makan di Restoran Mewah)
3. Luxcrime

Dari semua merek kosmetik lokal, Luxcrime termasuk salah satu yang paling dulu mengeluarkan produk skincare di sela-sela penjualan lipstick mereka. Sebut saja charcoal mint mud mask, body & lip scrub, dan moisturizer.

Semua kandungan di dalam skincare tersebut juga terbuat dari bahan-bahan alami. Selain skincare, merek kosmetik dengan tagline “I, Makeup, Skin, Happy” ini juga memiliki rangkaian produk brush set khusus untuk mata yang patut dicoba.

Di awal September lalu, Luxcrime pun telah mengeluarkan 3 varian liquid lipstick di mana mereka berkolaborasi dengan 3 influencer sebagai muse mereka, yaitu Shafa Harris, Titan Tyra dan Rachel Goddard. Disusul dengan produk highlighter yang terdiri dari 2 shade berbeda.

(Baca juga:  Mengintip Mobil-mobil Mewah di Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali)
4. SASC

Berdiri sejak pertengahan tahun 2017, Socially Aware Sexy Cosmetics atau biasa disingkat SASC bisa dibilang merupakan merek kosmetik lokal yang berbeda. Dengan konsep social enterprise, SASC memiliki misi sosial tersendiri.

Jadi setiap lipstick yang terjual, beberapa persennya akan disumbangkan kepada yayasan amal di Indonesia. Secara tidak langsung, konsep tersebut mengajarakan konsumennya untuk berbagi, bukan?

Ide SASC muncul dari Pricilla Pangemanan, selaku Co Founder SASC Official. Lalu Ia mengolaborasikan produk lipsticknya dengan 5 muse yang inspiring di bidangnya masing-masing seperti, warna Dazzling Deeds x Dita Soedarjo, Miraculous x Michelle Pangemanan, Antoinette x Anaz Siantar , Vivacious Vixen x Valencia Tanoe, dan Heroine x Harumi PS. Kandungan lipstick SASC pun non paraben, sehingga aman dipakai khususnya untuk ibu hamil dan menyusui.

Belum lama ini, SASC juga mengeluarkan produk hasil kolaborasi dengan beauty vlogger Titan Tyra,  yakni brow definer dan waterproof eyeliner.

5. ESQA Cosmetics

ESQA didirikan oleh dua orang wanita yang sudah bersahabat sejak kecil, yakni Cindy Angelina Adranacus dan Kezia Joy Toemion. Produk liquid lipstick yang dimiliki ini diklaim sebagai yang paling tahan lama.

Mereka juga sempat berkolaborasi bersama penyanyi Bunga Citra Lestari, dimana produk yang diluncurkan mereka tambah dengan kehadiran lip gloss. Uniknya bukan lip gloss transparan, tapi terdiri dari 3 warna berbeda. Bukan hanya liquid lipstick dan lip gloss, ESQA juga memiliki produk kosmetik lain yang tak kalah difavoritkan.

Salah satunya adalah palette berisi highlighter, blush on. Berkomitmen untuk mengihindari bahan-bahan kimia berbahaya, semua produk yang ESQA tergolong makeup vegan, yang tidak mengandung parabens, triclosan, sodium lauryl sulfate, dan gluten.

Selain memiliki kelebihan di atas, rata-rata harga yang dibanderol setiap produknya juga terjangkau. Kalau sudah begitu, maka pantas kalau merek kosmetik lokal semakin menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Hitung-hitung dengan membeli produk lokal, berarti Anda juga ikut membantu perekonomian Indonesia. Setuju?

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami