Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Menu Diet Sepekan yang Dapat Membentuk Tubuh Ideal

by Rafly Aditia on 19 April, 2016

Diet atau gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan merupakan hal yang perlu dilakukan bila kamu ingin sehat dan memiliki tubuh proporsional. Tetapi ingat, diet bukan berarti kamu membiarkan perutmu kelaparan.

Dalam diet, asupan diganti dengan makanan atau minuman sehat seperti jus buah dan sayuran. Kali ini, tim CekAja.com bakal memberikan rencana diet selama tujuh hari dengan menu jus buah dan sayuran yang kaya akan manfaat. Berikut daftarnya:

 

Hari pertama, green juice

Untuk hari pertama, kamu perlu beberapa sayuran hijau seperti seledri dan peterseli sebagai bahan utama. Mengapa harus kedua sayuran itu? Karena penelitian terbaru dari Ohio State University membuktikan, campuran zat-zat yang ada di kedua sayuran tersebut dapat membunuh sel kanker.

Sayuran ini juga kaya serat dan banyak mengandung garam mineral, vitamin dan amino yang berfungsi meremajakan kulit dan tubuh sehingga cocok dikonsumsi setelah kamu melakukan olahraga berat.

Hari kedua, jus tomat

Kamu bisa memilih jus tomat sebagai menu diet di hari kedua. Fakta membuktikan bahwa jus tomat memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Bukan cuma itu, jus tomat juga baik untuk program diet karena kandungan serta jumlah kalori yang cukup tinggi. Jadi, kamu tidak akan merasa lemas meski hanya mengkonsumsi tomat.

Hari ketiga, jus mentimun dan stroberi

Mungkin rasanya akan sedikit aneh. Tapi, lupakan soal rasa jika ingin memperoleh hasil yang optimal. Mencampurkan mentimun dan buah stroberi memang jarang dilakukan orang. Tetapi, mengingat stroberi adalah buah yang memiliki kandungan polifenol serta antioksidan tinggi membuatnya cocok digabungkan dengan mentimun yang kaya akan serat. Sebuah studi yang dilakukan para peneliti Harvard mengungkapkan, kombinasi jus ini bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. (Baca juga: 5 Cara Mudah Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab)

Hari keempat, jus blueberry dan kol

Di hari yang keempat, kamu bisa mencoba jus kombinasi blueberry dan kol. Kedua buah ini apabila dijus bersamaan bisa menghasilkan banyak sekali zat bermanfaat, salah satunya anthocyanin yang merupakan jenis zat flavonoid.  Kandungan tersebut akan membuat daya ingatmu menjadi lebih tajam, sehingga dapat melawan kepikunan yang bisa saja terjadi saat kamu tua kelak.

Hari kelima, jus bayam dan apel

Bagi kamu yang tidak begitu suka dengan bayam, bisa saja mencampurkan apel untuk memperkaya cita rasa rasa bayam yang cenderung hambar. Buatlah jus dari kombinasi sayuran dan buah tersebut agar kebutuhan vitamin K kamu terpenuhi.

Buah apel memiliki kandungan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh, sementara bayam akan membuat tulang jadi lebih kuat. Keduanya adalah kombinasi yang akan memenuhi kebutuhan tubuh kamu. (Baca juga: Fakta Tersembunyi dari Sosok Mark Zuckerberg)

Hari keenam, jus buah bit

Buah bit terkenal memiliki berbagai macam khasiat. Nah, untuk itu jus buah bit bisa menjadi pilihan menu diet mingguanmu. Jus buah bit dapat meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga bisa membuat kamu lebih bertenaga saat ingin bekerja atau berolahraga sekalipun.

Hari ketujuh, jus wortel dan jeruk

Kalau kamu ingin diet, konsumsi lah jus wortel dan jeruk. Kenapa? Karena kandungan vitamin C yang tinggi bisa menghantam kandungan kolesterol dalam tubuh. Tentunya menu ini bakal membuat kamu lebih sehat sekaligus mengusir lemak jenuh dari tubuh.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.