Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Ini Tandanya Mobil Kamu Harus Segera dibawa ke Bengkel

by Ariesta on 15 February, 2017

penyebab mobil cepat rusak _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Coba bayangkan. Kamu sudah mempersiapkan liburan sejak jauh-jauh hari ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi. Tapi di tengah jalan, mobil yang kamu kendarai bersuara aneh hingga akhirnya mogok.

Sayangnya tidak semua orang punya kemampuan untuk mendiagnosis kalau kendaraan pribadi sedang bermasalah. Mengganti oli secara rutin saja tidak cukup. Kalau mobilmu menunjukkan tanda-tanda seperti berikut ini, segera periksakan ke bengkel.

Mesin bergetar dan kasar

Jika mesin mulai terasa kasar saat idling (berhenti sejenak misalnya di lampu merah), atau bergetar ketika mesin dinyalakan, inilah saatnya untuk membawa mobilmu ke bengkel. Penyebabnya bisa jadi overcompensating lonjakan listrik, filter bahan bakar tersumbat , atau busi kotor. Semua ‘penyakit; ini bisa relatif mudah diperbaiki.

Bensin lebih cepat habis

Jika setelah berkendara kamu menemukan bensin lebih cepat habis padahal fuel indicator menunjukkan bensin masih penuh, saatnya mengecek filter udara pada mesin, filter bahan bakar, dan sensor oksigen.

Lampu indikator mati

Check engine light (CEL) yang terdapat di dashboard punya peran penting. Jika lampunya menyala, tandanya mobilmu mengalami kegagalan mesin. Bahkan jika mobil baik-baik saja, mobilmu harus diinspeksi untuk mengetahui apa yang rusak.

(Baca juga: Orang-orang Ini Berhasil Menjadi Kaya Karena Menulis)

Tidak bisa menambah kecepatan

Menambah kecepatan adalah kesenangan bagi pengendara. Apalagi jika jalan sedang lenggang. Meski berisiko, membah kecepatan juga membuktikan performa kendaraan. Injektor bensin yang tersumbat dapat menjadi salah satu penyebabnya. Untuk memperbaikinya, kamu harus mengganti komponen yang rusak.

Tentang Penulis