Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini Tempat Menarik yang Bisa Dikunjungi Saat Berlebaran di Jakarta

by Ariesta on 26 Juni, 2017

mudik Jakarta _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Bagi yang tinggal di Jakarta dan tidak mudik, jangan sedih. Setidaknya, momen lelahnya bermacet-macetan dan mengeluarkan ongkos mudik bisa dihindari.

Justru inilah satu-satunya kesempatan untuk menikmati jalanan Jakarta yang lebih lenggang karena ditinggal penduduknya mudik lebaran. Kapan lagi bisa merasakan sepinya Jakarta? Berlebaran di Jakarta juga bukan berarti mati gaya. Ada banyak pilihan wisata yang seru. Berikut ini pilihannya

Berburu taman kota

Tiga tahun terakhir, Jakarta mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Salah satunya mengembalikan fungsi area resapan air lewat pembangunan taman-taman kota.

Kamu bisa piknik, jogging, olahraga, mengajak keponakan bermain, atau sekedar menghirup udara segar di taman. Wajah Jakarta yang semerawut langsung sirna ketika mengunjungi taman-taman cantik seperti Taman Hutan Tebet di Jakarta Selatan, Taman Situ Lembang di Jakarta Pusat, Taman Mataram di Jakarta Selatan, Taman Menteng di Jakarta Pusat, atau yang terbaru Taman Kalijodo.

Mau yang lebih rimbun? Kamu bisa berkunjung ke Taman Mangrove di Jakarta Utara. Jangan lupa untuk membersihkan sampah bekas piknik sebelum pulang ya.

Berburu rekreasi keluarga

Sebagai ibu kota, Jakarta punya banyak pilihan rekreasi keluarga. Di area Taman Impian Jaya Ancol saja, kamu bisa memilih berwisata di pantai, naik wahana menegangkan di Dufan, melihat hiu di Sea World, atau berenang di Atlantis Water Adventure. Naik bis wisata keliling Jakarta juga seru lho!

Berburu pengetahuan

Kalau kamu kedatangan keponakan-keponakan dari luar kota, coba ajak mereka rekreasi sambil belajar dengan mengunjungi museum-museum di Jakarta. Di antaranya Museum Gajah yang menyajikan berbagai artefak dari berbagai penjuru Indonesia, Museum Tekstil yang mengoleksi pakaian khas dari Indonesia maupun mancanegara, Museum Wayang, Museum Nasional, Museum Taman Prasasti, Museum Bank Mandiri, Museum Maritim, dan masih banyak lagi.

Selain museum, kamu juga bisa mengajak mereka ke Planetarium atau naik ke puncak Monas! Selain murah, pengetahuan pun bertambah.

Berwisata ke mal

Bagi warga Jakarta, main ke mal sudah biasa. Keberadaan mal yang menjamur ibarat jamur di musim hujan juga sering dikeluhkan karena menjadi biang kemacetan. Maklum saja, bisa dibilang Jakarta dalah kota dengan jumlah mal terbanyak di dunia karena jumlah malnya mencapai 170 lebih.

Di antara banyaknya mal tersebut, ada beberapa yang memiliki konsep bagus sehingga bikin betah berlama-lama bahkan tanpa belanja sekalipun. Sebut saja Central Park dengan kolam dan tamannya, Taman Anggrek dengan area ice skating yang luas, atau Lippo Mall Kemang yang meniru konsep gerai di Singapura. Mumpung tidak macet, tidak ada salahnya saat libur lebaran ini berkunjung ke mal.

Berburu kuliner

Bosan makan ketupat dan opor setiap hari? Saatnya berburu kuliner di pusat-pusat wisata kuliner di Jakarta. Pecenongan, Sabang, dan Menteng adalah pusat wisata kuliner yang banyak dituju para pencinta kuliner. Mulai dari warung tenda sampai restoran mewah, makan khas berbagai daerah di Indonesia ataupun di dunia, semuanya tersedia di Jakarta.

Nongkrong di kafe

Jakarta punya banyak kafe yang tempatnya sangat Instagrammable. Sebut saja Comic Café. Interior Comic Café pasti disukai pencinta komik karena didominasi berbagai poster anime dan komik. Kemudian ada Filosofi Kopi yang pernah menjadi tempat syuting film dengan judul yang sama.

Kafe berteman kucing tidak hanya di Jepang atau Taiwan, tapi Jakarta juga punya. Namanya Cutie Cats Café yang berlokasi di Kemang. Ingin suasana vintage? Datanglah ke Junkyard Café and Bar. Interiornya membuat kita serasa kembali lagi ke masa lalu.

Bagaimana, seru juga kan berlebaran di Jakarta?

Tentang Penulis