Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jangan Posting 7 Hal Ini di Sosmed Jika Tidak Mau Karier Mandek

by Rafly Aditia on 2 Mei, 2017

sosial media_kartu kredit - CekAja.com

Saat ini sosial media memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat modern. Bahkan untuk urusan karier sekalipun, sosmed bisa memberikan dampak yang cukup besar.

Contohnya, jika kita posting sesuatu yang salah di sosmed, bisa-bisa karier mandek atau bahkan kehilangan pekerjaan dalam sekejap. Jika tidak mau mengalami hal itu, berikut 7 hal yang tidak boleh kita posting di sosial media:

Pakai bahasa yang kurang baik

Kalau masih suka berbagai foto atau video dengan keterangan yang menggunakan bahasa tak beraturan, lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut.

Berdasarkan survey yang dilakukan Jobvite, 66% perusahaan menilai penggunaan bahasa yang tidak beraturan seperti misalnya ejaan yang tidak semestinya dan kata-kata yang kurang pantas dapat menurunkan penilaian terhadap sang karyawan.

Suka komentar pedas

Sebaiknya jangan terlalu frontal di media sosial karena hal tersebut bisa memberikan dampak buruk termasuk dalam hal karier.

Seperti dilaporkan CNN, seorang mantan produser di Washington National Radio yang melontarkan berbagai komentar rasis dan ofensif karena tim kesayangannya kalah dalam sebuah pertandingan mengalami masalah dalam kariernya. Sebab, beberapa saat setelah itu, dia langsung kehilangan pekerjaan akibat dipecat.

Posting tentang tawaran pekerjaan baru

Dapat tawaran pekerjaan baru? Jadilah lebih dewasa, jangan mengunggah hal-hal seputar tawaran pekerjaan tersebut di sosial media. Karena bisa saja kamu kehilangan tawaran pekerjaan itu yang mungkin dirasa kurang pantas oleh perusahaan yang menawarkan pekerjaan.

Ingat, tim Human Resources memiliki berbagai cara untuk mencari informasi seputar karyawan dan calon karyawannya.

Masih suka foto dengan minuman beralkohol? Setop sekarang juga!

Jika menjalani profesi yang harus menjaga citra seperti guru, dosen atau pejabat pemerintahan hal ini harus dihindari dari sekarang! Memposting foto dengan minuman beralkohol di sosmed menunjukkan ketidakdewasaan seseorang.

Selain itu, hal tersebut juga dapat menimbulkan anggapan miring dari orang-orang di sekitar kita. Belajarlah dari kisah seorang guru bernama Ashley Payne yang pada tahun 2009 mengunggah fotonya dengan segelas wine dan bir di Facebook. Karena hal itu dia dikomplain para orang tua murid dan harus diberhentikan dari sekolah.

Mengeluh tentang kebijakan perusahaan

Jangan sekali-kali mengeluh tentang kebijakan perusahaan lewat bahasa yang kasar atau kurang pantas. Jika hal ini dilakukan, maka siap-siap katakan selamat tinggal terhadap pekerjaan.

Hal ini dialami seorang karyawan California Pizza Kitchen, Timothy DeLaGhetto yang dipecat karena kicauannya di twitter terkait kebijakan perusahaan seputar seragam baru. Timothy tidak menyukai dan menjelek-jelekkan seragam tersebut sehingga pihak perusahaan memutuskan untuk memecatnya.

Menyebarkan rahasia perusahaan

Jangan sekali-kali memberanikan diri atau tanpa sengaja menyebarkan rahasia perusahaan. Karena, pihak perusahaan akan dengan mudah melakukan pememecatan lantaran hal tersebut.

Seorang wanita bernama Nicole Crowther  dipecat secara tidak hormat karena membocorkan sedikit rahasia terkait acara tv yang dibawakannya. Bahkan Nicole dipecat juga via Twitter ketika sang produser, Brad Falchuk membalas kicauannya.

“Semoga dirimu memiliki kualifikasi untuk melakukan sesuatu selain bekerja di dunia hiburan,” ujar Brad kepada Nichole lewat Twitter.

Menjelek-jelekan si bos

Wah, kalau yang satu ini sih sudah pasti tidak boleh dilakukan. Menjelek-jelekkan bos atau atasan di akun sosmed bisa bikin karier mandek atau bahkan dipecat secara mendadak!

Bahkan kalaupun tidak berteman dengan bos sekalipun di sosmed  bisa saja teman-teman kantor yang mengikuti akun sosmed milikmu melaporkan segala umpatan yang kamu posting kepada bos.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami