Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Siapkan Uang Tunai Rp105 Triliun!

by Gito on 19 Desember, 2019

Natal dan tahun baru sudah di depan mata. Biasanya dalam momentum tersebut terdapat tradisi yang tidak jauh berbeda saat Idul Fitri tiba, yakni adanya pemberian uang tunai untuk kerabat.

natal - uang tunai
Menyiasati hal itu, Bank Indonesia sudah menyiapkan uang tunai sebesar Rp105 triliun. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan uang tunai saat natal dan tahun baru tiba.

Kamu yang ingin memperoleh uang tunai anyar bisa menukarkannya di loket-loket yang tersedia. Biasanya lokasi loket berada di tempat keramaian, seperti di parkiran Monas ataupun di pusat perbelanjaan.

Bank Indonesia (BI) sendiri menyediakan 1.414 titik layanan penukaran uang yang berada di seluruh Indonesia hingga 31 Desember 2019.

Khusus untuk tahun ini kebutuhan uang tunai diproyeksikan meningkat 7,2% dari tahun sebelumnya. Berikut fakta terkait uang tunai yang disediakan oleh BI.

1. Uang Pecahan Besar dan Uang Pecahan Kecil

Saat tradisi memberikan uang kala Natal atau tahun baru biasanya kamu membutuhkan uang dalam pecahan besar maupun pecahan kecil.

Untuk itu BI menyiapkan sebanyak Rp100,7 triliun uang pecahan besar dan Rp4,3 triliun uang pecahan kecil.

Selain itu, sebagai langkah mitigasi BI juga menyiapkan layanan kas, baik melalui jaringan kantor Bank Indonesia maupun jaringan perbankan, dan infrastruktur sistem pembayaran nontunai yang lancar dan terjaga.

2. Bisa melakukan penukaran di Kantor cabang Bank

Kalau kamu kesulitan menemukan loket layanan untuk penukaran uang tunai, kamu juga bisa datang ke kantor cabang bank terdekat. Biasanya 3 minggu sebelum hari raya loket tersebut sudah tersedia.

Hal itu merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia dan perbankan Indonesia untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat menjelang Periode Natal dan Akhir Tahun 2019.

Kegiatan yang mengambil tema ”Rupiah, Sahabat Untuk Semua” dilakukan dengan ekstensifikasi layanan penukaran melalui kas keliling dan titik penukaran di pusat kegiatan maupun di kantor cabang perbankan.

3. Transfer antar bank tetap bisa dilakukan

Kebutuhan finansial tidak dapat diduga kapan datangnya. Bisa jadi ketika tengah merayakan Natal dan Tahun Baru tiba-tiba kamu memerlukan layanan keuangan.

Untuk itu BI telah memastikan kegiatan transaksi nontunai bisa berjalan dengan lancar dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

Bank Indonesia juga terus mengoptimalkan sistem pembayaran nontunai yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia melalui Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Bank Indonesia telah melaksanakan pengujian terhadap seluruh infrastruktur guna memastikan terselenggaranya layanan sistem pembayaran secara aman, lancar dan efisien khususnya apabila terjadi peningkatan volume transaksi pada akhir tahun.

Bank Indonesia juga terus berkoordinasi dengan peserta sistem pembayaran, guna memastikan optimalnya kegiatan sistem pembayaran.

4. Jangan sampai dapat uang palsu

Bank Indonesia mendorong masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang.

Masyarakat dihimbau agar selalu memperhatikan Ciri Keaslian Rupiah dengan Dilihat, Diraba dan Diterawang serta Merawat Rupiah dengan 5 Jangan (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi).

Masih Kurang Uang Tunai? Akses Fasilitas Perbankan

Kalau kamu memilki banyak agenda untuk dilakukan di akhir tahun ini, manfaatkan fasilitas layanan keuangan dari perbankan.

Apalagi kebanyakan orang biasa melakukan renovasi rumah saat akhir tahun tiba.

Khawatir uang tunai kamu bakal kehabisa, jangan takut kamu bisa menggunakan fasilitas dari bank berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA). Jika memang sudah diniatkan untuk renovasi rumah, jangan kamu gunakan uang tersebut untuk hal konsumtif.

Karena ingat, kamu harus membayar kembali KTA tersebut yang dicicil setiap bulannya. Tahun baru rumah baru, rasanya pas. Kamu bisa mengakses CekAja.com untuk menemukan bunga kredit terendah yang dimilki oleh perbankan.

Sekalian ajukan juga bisa, prosesnya tidak ribet dan semuanya akan diurus secara online. Jadi tunggu apa lagi.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit