Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jika Mudik Lebaran ke Pulau Sumatera, Ini 5 Tempat Wisata yang Wajib Disambangi

by JTO on 7 Juli, 2016

Riuhnya tradisi mudik Lebaran selalu diiringi oleh padatnya kunjungan tempat wisata daerah tujuan. Salah satunya adalah Pulau Sumatera. Apa saja objek wisata di pulau terbesar keenam di dunia ini yang kerap padat wisatawan di saat Lebaran?

Dapat dikatakan, umumnya pemudik yang datang ke Sumatera adalah para perantau yang bekerja di Pulau Jawa. Memiliki bentuk pulau yang memanjang, kota-kota di Sumatera dihubungkan oleh tiga ruas jalan lintas; lintas tengah, timur, dan barat. Tiga ruas ini melintang dari barat laut hingga tenggara.

Jalur mudik darat Pulau Sumatera pun tidak kalah eksotik dengan pulau lain di Indonesia. Contohnya adalah kalur Kelok 9 yang terletak di Payakumbuh, Sumatera Barat. Sambil mudik, tempat ini sering jadi tempat rekreasi karena memiliki pemandangan yang menarik.

Selain tempat tersebut, berikut adalah beberapa objek wisata di Pulau Sumatera lainnya yang banyak dikunjungi oleh para pemudik di saat Lebaran.

Sumatera Utara

#Istana Maimun

Maimun_Castle_Medan_Indonesia

Tempat wisata pertama yang bisa kamu kunjungi di Sumatera Utara adalah Istana Maimun, Medan. Keelokan arsitekturnya membuat daya tarik tersendiri bagi istana peninggalan Kerajaan Deli ini. Selain menjadi menjadi ikon bagi penduduk Sumatera Utara, Istana Maimun dikatakan sebagai salah satu istana termegah dan terindah di Indonesia. (Baca juga: Lima Tempat Wisata Lebaran Paling Padat di Jakarta)

Banyak cerita sejarah budaya melayu bisa didapatkan di Istana yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan, Sumatera Utara, ini. Memiliki 30 ruangan, pembangunan Istana Maimun dilakukan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Alamsyah. Arsitekturnya adalah perpaduan budaya Melayu Islam, Spanyol, India, dan Italia.

#Danau Toba

Lake_Toba,_North_Sumatera_(13)

Tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, danau vulkanis terbesar dan terluas di dunia ini juga dikenal hingga dunia internasional. Pemandangannya sangat memikat, mulai dari hamparan airnyanya hingga pemandangan memesona pegunungan hijau di sekitarnya. Bahkan, di tengah danau ini terdapat ikon kepariwisataan Sumatera Utara, yakni Pulau Samosir. (Baca juga: 5 Tradisi Lebaran Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia)

Cara terbaik untuk menikmati pesona Danau Toba bisa dilakukan dari Kota Parapat. Pasalnya kota ini berada di semenanjung yang menonjol ke danau. Dengan menyewa sepeda, kamu bisa berkeliling wisata menyusuri pinggiran danau. Tersedia juga berbagai wisata olah raga air yang bisa dicoba di sini.

#Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Dwi Warna

Objek wisata ini dapat ditempuh dengan melakukan perjalanan selama dua jam dari Kota Medan. Letaknya ada di tengah hutan Sibolangit. Kamu yang senang dengan wisata alam, maka akan terpuaskan dengan pesona dua warna yang dimiliki air terjun ini, yaitu biru untuk air yang dingin dan putih untuk air yang hangat. Jika ingin lebih berpetualang, kamu pun bisa menginap dengan cara camping di sekitar areal wisata.

 

Sumatera Barat

#Janjang Saribu, Bukit Tinggi

Great Wall Janjang Saribu

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke negeri Tiongkok jika ingin berkunjung ke Great Wall. Janjang seribu sering dikatakan sebagai tembok besarnya Sumatera Barat. Janjang Seribu memiliki panjang sekitar 1 kilometer. Karena itu, untuk menyusurinya kamu perlu stamina yang baik. Patahan-patahan lempeng yang menjulang membentuk bukit adalah fenomena alam yang menjadi pemandangan menakjubkan di tempat ini. (Baca juga: Keperluan Lebaran yang Bisa Lebih Untung Jika Belanja Pakai Kartu Kredit)

#Lobang Jepang

Japanese_Tunnel_Bukittinggi_Indonesia

Lokasi objek wisata goa bernama Lubang Jepang ini bersebelahan dengan Janjang Seribu. Namanya di dapat karena goa ini merupakan peninggalan penjajahan Jepang di Bukti Tinggi. Dulu, goa ini dijadikan sebagai penjara dan markas pertahanan yang didirikan pada 1942 – 1945. Dalam sejarahnya, pada saat Jepang menjajah Indonesia, pembangunan goa ini dilakukan dengan sistem kerja paksa atau Romusa.

#Jam Gadang

Jam Gadang

Wajib hukumnya untuk menyambangi objek wisata ini saat berkunjung ke Sumatera Barat. Jam Gadang memiliki nilai sejarah tinggi dan telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Keunikan dari jam ini adalah angka empat yang tertera. Angka empat romawi ditulis dengan simbol IV, pada jam gadang angka IV ditulis dengan IIII. (Baca juga: 5 Makanan Lezat Ini Pantang Disantap Jika Tak Mau Masa Pensiun Habis di Rumah Sakit)

 

Sumatera Selatan

#Pulau Kemaro

Pulau Kemaro

Terletak di tengah Sungai Musi, Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di ibukota Propinsi Sumatera Selatan, Palembang. Di tengah pulau ini terdapat Vihara dan pagoda yang sering didatangi oleh umat Budha untuk berdoa dan berziarah.

#Air Terjun Lematang Indah

pagaralam-Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang merupakan objek wisata yang terkenal. Terletak di Kota Pagar Alam, keindahan alam yang sangat menarik akan kamu temui dalam perjalanan menuju objek wisata ini.

#Benteng Kuto Besak

Benteng_Kuto_Besak

Bangunan ini adalah peninggalan kerajaan yang dibangun pada 1776 -1803 Masehi saat pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin. Usianya yang mencapai ratusan tahun membuat objek wisata ini sangat terkenal di Kota Palembang. Apalagi, letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera. (Baca juga: Upload Foto Mudik Lebaran, Dapatkan Voucher Belanja Gratis Jutaan Rupiah)

#Jembatan Ampera

Ampera_Bridge,_Palembang

Melintas di atas Sungai Musi, jembatan ini merupakan ikon dari Kota Palembang. Kamu belum dikatakan pernah berkunjung ke Palembang bila belum menyambangi jembatan di atas salah satu sungai paling panjang di Indonesia ini.

 

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami