Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum

by Vera Khairifah on 27 Januari, 2020

Universitas dengan kualitas terbaik tentu saja menjadi idaman semua calon mahasiswa. Untuk kamu yang berminat masuk Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, simak nih informasi jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum berikut ini.

Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum

Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek

Jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek banyak diminati karena mempelajari ilmu alam dan teknik. Makanya disebut dengan saintek alias ilmu sains dan Teknik.

Pengaplikasian kedua ilmu tersebut sangat dibutuhkan. Tak heran jika tenaga kerja di bidang saintek memiliki prospek kerja yang baik pula.

Di Undip, sebagian besar jurusan bidang saintek terakreditasi A atau yang berarti memiliki kualitas terbaik. Berikut daftar jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek:

1. Ilmu Gizi

Total pendaftar: sekitar 2.700-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 49 kursi

Akreditasi: A

Jurusan Ilmu Gizi Undip masuk ke dalam Fakultas Kedokteran. Beberapa hal yang dipelajari di jurusan ini antara lain tentang pelayanan gizi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, teori dasar ilmu gizi, pangan, biomedik, patofisiologi, kesehatan masyarakat dan pengetahuan tentang pelayanan dan kewenangan ahli gizi dalam sistem kesehatan nasional dan sistem ketahanan pangan dan gizi nasional.

Lulusan Jurusan Ilmu Gizi dapat bekerja sebagai seorang Ahli Gizi, Peneliti, Ahli Diet dan Nutrisi, Teknisi Ilmu Pangan, Ahli Perawatan Kulit, dan lain sebagainya.

2. Kedokteran

Total pendaftar: sekitar 4.300-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 86 kursi

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek lainnya adalah Kedokteran. Kamu akan mempelajari hal-hal yang terkait dengan ilmu kesehatan, pemahaman struktur tubuh manusia, penggunaan obat-obatan, hingga ilmu pelayanan masyarakat.

Lulusan dari S1 jurusan ini akan diarahkan untuk berlanjut ke tahap profesi untuk mendapat gelar Dokter, dan tahap spesialisasi untuk gelar Dokter Spesialis bidang tertentu. Jurusan Kedokteran Undip termasuk yang terbaik jika dibandingkan dengan universitas lainnya di Indonesia, lho.

3. Teknik Sipil

Total pendaftar: sekitar 3.000-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 70 kursi

Akreditasi: A

Di Jurusan Teknik Sipil, kamu akan mempelajari dasar-dasar ilmu Teknik Sipil dan pengaplikasiannya. Juga, ada pembekalan materi soft skill yang meliputi kepemimpinan, kemampuan berorganisasi, kerjasama, dan komunikasi.

Pekerjaan Jurusan Teknik Sipil di antaranya adalah Teknisi Sipil, Insinyur, Drafter Arsitektur, Pengawas Konstruksi dan Bangunan, dan masih banyak lagi.

4. Arsitektur

Total pendaftar: sekitar 1.900-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 48 kursi

Akreditasi: A

Undip menawarkan Jurusan Arsitektur yang mempelajari Ilmu Desain Bangunan dan Desain Lingkungan Binaan berbasis Sustainable Development yang tanggap terhadap dinamika sosial kultural, perkembangan ipteks pemanasan global, krisis energi & bencana alam.

(Baca Juga: Jurusan IPS Paling Favorit)
5. Perencanaan Wilayah dan Kota

Total pendaftar: sekitar 2.100-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 56

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek yang terakhir adalah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Dengan meningkatnya pembangunan di berbagai daerah, tenaga kerja yang merupakan lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai perencanaan bagian dari suatu kota. Seperti perencanaan transportasi, sistem informasi perencanaan, prasarana wilayah dan kota, analisis lokasi, pola ruang, dan masih banyak lagi.

Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Soshum

Sedangkan untuk jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum (ilmu sosial dan humaniora) mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sosialisasi manusia.

Mulai dari keterkaitan dengan budaya, komunikasi, kegiatan perkantoran, dan lain sebagainya.

Jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum terdiri dari:

1. Administrasi Bisnis

Total pendaftar: sekitar 2.600-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 42

Akreditasi: A

Ilmu Administrasi Bisnis terdiri dari materi pembelajaran seputar marketing, akuntansi dan keuangan, manajemen sumber daya manusia, serta entrepreneurship.

Jurusan bidang Soshum ini diharapkan dapat mencetak tenaga kerja sebagai Konsultan Bisnis, Peneliti, Pendidik, maupun Pelaku Bisnis yang mandiri.

2. Ilmu Komunikasi

Total pendaftar: sekitar 2.700-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 55

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum lainnya adalah Ilmu Komunikasi. Jurusan ini terbagi atas peminatan Jurnalistik yang mempelajari Teknik penulisan dan pelaporan sebuah peristiwa, dan ilmu media lainnya.

Kemudian ada pula peminatan Komunikasi Strategis yang mempelajari marketing communication, periklanan, dan hubungan masyarakat.

3. Hubungan Internasional

Total pendaftar: sekitar 1.800-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 39

Akreditasi: B

4. Ilmu Perpustakaan

Total pendaftar: sekitar 1.300-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 32

Akreditasi: A

Kamu mungkin masih sedikit asing dengan jurusan kuliah ini. Ilmu Perpustakaan di Undip mempelajari manajemen perpustakaan dan pengelolaan informasi berbasis teknologi informasi, metode dan sarana penelusuran informasi, strategi pemasaran dan distribusi informasi, dan ilmu kepustakawanan lainnya.

Setelah lulus dari jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum tersebut, mahasiswanya dapat bekerja sebagai Pustakawan, Peneliti Arsip Penting, Konsultan Informasi, dan Pembuat Sistem Informasi Perpustakaan.

5. Ilmu Pemerintahan

Total pendaftar: sekitar 1.600-an peserta

Kuota (jumlah mahasiswa diterima): 42

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Undip bidang Soshum yang terakhir adalah Jurusan Ilmu Pemerintahan.

Jurusan yang tergabung di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini cocok banget untuk kamu yang tertarik dengan seluk beluk Pemerintahan sebuah daerah.

Daftar materi yang bisa didapatkan mahasiswa yang berhasil masuk ke jurusan paling favorit bidang Soshum ini terdiri dari fungsi-fungsi pemerintahan,  relasi antara pemerintah dan yang diperintah dalam konteks global, nasional, daerah dan desa.

Jurusan Ilmu Pemerintahan memiliki dua peminatan, yakni Manajemen Politik dan Pemerintahan, serta Analisis Kebijakan Pemerintah.

(Baca Juga: Ini 10 Jurusan Unpad Paling Favorit Bidang Saintek dan Soshum 2019)
Daftar Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Undip 2020

Sekarang, kamu sudah mengetahui daftar jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum. Lalu, bagaimana sih cara masuk jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum ini?

Untuk tahun 2020 ini, setidaknya ada lima cara masuk jurusan di Undip dengan mengikuti tahap seleksi tertentu. Di antaranya sebagai berikut:

  • Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB)

Yakni jalur seleksi untuk siswa/siswi yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik. Jika kamu pernah meraih juara atau menjadi partisipan dalam perlombaan bergengsi, kamu bisa masuk Undip dengan seleksi ini.

Pendaftarannya mulai dari 1 November 2019 sampai 1 Maret 2020 di situs www.undip.ac.id.

  • Ujian Mandiri (UM)

Yakni seleksi dengan ujian beberapa mata pelajaran yang bisa kamu daftar mulai tanggal 1 Mei 2020.

  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Yakni seleksi penerimaan mahasiswa baru tanpa melalui tes. Penilaian didasarkan pada nilai rapor SMA pada semester 1 hingga semester 5. Pendaftaran dibuka pada 11 Februari 2020 hingga 25 Februari 2020.

  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Yakni seleksi dengan ujian beberapa mata pelajaran yang bisa kamu ikuti setelah pengumuman kelulusan SMA dan setingkatnya digelar. Pendaftaran dibuka 2 Juni 2020 hingga 13 Juni 2020.

  • Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) D-IV

Yakni seleksi untuk penerimaan mahasiswa tingkat D4 (Vokasi) melalui penunjukkan potensi diri dan tanpa tes terulis. Pendaftaran dibuka 1 Februari 2020 sampai 15 April 2020.

Jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum memang memiliki persaingan masuk yang ketat. Tapi, bukan berarti kamu tak bisa masuk ke jurusan tersebut selama belajar dengan giat.

Tak perlu khawatir soal biaya Pendidikan di jurusan paling favorit di Undip bidang Saintek dan Soshum. Ajukan saja KTA dengan syarat mudah melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast