Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kamu Orang yang Narsis? Ini Dampaknya Bagi Karier

by Rafly Aditia on 24 Januari, 2017

bahaya narsis - CekAja.com

Narsis dan percaya diri adalah dua hal yang berbeda. Perlu kamu ketahui, narsis atau sifat terlalu bangga dangan diri sendiri adalah sifat yang dapat membuat kariermu terpuruk di masa depan.

Kira-kira kamu narsis atau tidak? Berikut 5 tanda kamu terlalu narsis yang bisa memberikan dampak buruk untuk karier di tahun 2017:

Dikit-dikit beri saran

Orang yang percaya diri dan suka membantu teman bukanlah orang yang sedikit-dikit kasih saran. Kalau kamu terlalu sering memberikan saran yang gak diminta oleh teman, itu tandanya kamu narsis dan tidak baik.

Biasanya karena hal itu, teman kantor akan melihatmu sebagai pengganggu dan sulit untukmu menjaga relasi dan kondisi kerja dengan baik dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu rubahlah kebiasaan selalu kasih saran tanpa diminta menjadi lebih mendengarkan dan menyimak cerita-cerita teman di kantor.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Terlalu sering interupsi

Memiliki ide brilian dan aktif dalam meeting memang baik, tetapi kalau sedikit-sedikit melakukan interupsi saat ada meeting di kantor adalah salah satu hal yang negatif. Dengan hal tersebut, kamu akan dicap sebagai penganggu dan bahkan bukan orang yang tepat untuk memimpin sebuah tim atau divisi.

Kalau kamu ingin naik pangkat dan jadi pemimpin yang baik adalah merubah sifat tersebut menjadi lebih tenang dan terbuka terhadap kritik serta saran.

Banyak alasan

Orang narsis akan selalu banyak alasan pada setiap kegagalan yang disebabkan oleh dirinya. Hal ini akan membuatmu terlihat tidak bertanggung jawab dan tidak pantas untuk menjadi pemimpin di kantor.

Apabila kamu ingin memiliki karir yang cemerlang dan jabatan lebih tinggi, kamu harus berani bertanggung jawab dan mengakui kesalahanmu. Begitulah sifat pemimpin di kantor yang seharusnya!

Sibuk urus penampilan

Berpenampilan menarik itu memang baik, tetapi kalau kamu hanya mengurus penampilan luar tanpa memperbaiki kualitas diri dan skill yang dimiliki adalah salah besar.

Kalau mau mempunya jenjang karir yang baik, jangan hanya memusingkan tentang kemeja apa yang akan dipakai ke kantor atau lipstick mana yang cocok dengan seragam hari ini. Cobalah untuk lebih fokus terhadap meningkatkan kemampuan yang dimiliki, banyak belajar dari berbagai sumber seperti seminar atau bahkan mbah google adalah hal yang wajib dilakukan.

(Baca juga: Dekorasi Ini Harus Ada di Rumahmu Agar Hoki di Tahun Ayam Api)

Merasa paling baik

Jika kamu punya posisi sebagai pemimpin sebuah tim dan merasa lebih baik dari yang lainnya, bersiap ucapkan selamat tinggal terhadap mimpi untuk memiliki karir cemerlang. Karena hal seperti itu hanya akan membuatmu narsis dan bawahan menjadi kurang nyaman bekerja di bawahmu. Tim yang dikelola bisa berantakan karena berbagai hal termasuk keegoisanmu.

Untuk itu, cobalah menjadi lebih bijak dengan menganggap setiap orang memiliki talenta masing-masing yang bisa dimanfaatkan. Jangan juga terlalu menspesialkan anak buah tertentu, ingat semuanya memiliki talenta yang dapat berkontribusi dengan cara yang berbeda.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami