Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kenapa Ada Garis Hitam di Kuku? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

by Ayunindya Annistri on 9 Desember, 2019

Pernahkah kamu bertanya-bertanya kenapa ada garis hitam di kuku? Kondisi seperti ini tidak boleh diremehkan karena garis hitam di kuku bisa saja mengindikasi bahwa kamu terkena penyakit berbahaya, salah satunya seperti kanker kulit melanoma.

Umumnya, warna kuku yang sehat adalah putih dengan sedikit merah muda. Namun bila kamu mengalami perubahan warna kuku menjadi lebih gelap atau terdapat garis hitam pada permukaan kuku bisa jadi pertanda tubuh sedang mengalami kondisi tertentu.

Kenapa ada garis hitam di kuku?

Garis hitam di kuku tak selalu menandakan bahwa kamu kekurangan nutrisi, infeksi jamur, atau pernah mengalami cedera serius. Namun lebih dari itu, menurut beberapa sumber garis hitam di kuku muncul karena penderitanya mengalami penyakit berbahaya seperti kanker kulit melanoma.

Melanoma kuku atau istilah medisnya melanoma subungual dapat berkembang pada bagian matriks kuku dengan bentuk vertikal dari pangkal kuku hingga ujung kuku.

Penyakit ini sebenarnya jarang terjadi, namun perlu diantisipasi sedini mungkin bila gejalanya sudah terlihat. Karena melanoma subungual juga tergolong penyakit ganas yang dapat merenggut nyawa.

Dilansir Halodoc dari studi Dermatologic Surgery, sekitar 2,5 persen kasus melanoma kuku dialami orang berkulit putih dan 35 persen terjadi pada mereka yang memiliki kulit berwarna gelap, serta tak luput pula orang-orang Asia.

Untuk mengatasi melanoma subungual, perlu adanya pembedahan dengan mengambil sebagian kuku maupun seluruh kuku. Hal ini dilakukan untuk menghentikan pertumbuhan jaringan abnormal yang terdapat pada bagian matriks kuku.

Pada kasus tertentu, dokter akan menganjurkan penderita melanoma subungual untuk melakukan terapi radiasi agar sel kanker tidak menyebar dengan cepat. Akan tetapi, terapi ini tidak bisa sepenuhnya dikatakan efektif karena kanker melanoma subungual akan tetap menyebar walau dalam jangka waktu lama.

Gejala Kanker Melanoma Subungual

Berbagai penyebab kenapa ada garis hitam di kuku terkadang membuat penderitanya sudah merasa ketakutan meski gejalanya belum terlalu nampak. Bagaimana tidak, kondisi seperti ini bisa dikatakan abnormal dan tak jarang merenggut nyawa jutaan orang bila penanganannya lamban.

(Baca juga: Yuk Kepoin Penyebab, Gejala, dan Cara Mendeteksi Kanker Payudara)

Maka dari itu dibutuhkan pertolongan medis terlebih dahulu bila kamu telah mengalami berbagai gejala kanker melanoma subungual, diantaranya seperti:

  • Kuku berubah warna menjadi cokelat terang hingga hitam dengan bentuk vertikal tanpa disertai cidera sebelumnya.
  • Semakin lama garis hitam di kuku tersebut akan semakin membesar dan relatif tidak bisa hilang walaupun kuku telah tumbuh.
  • Kuku menjadi lebih rawan rapuh dan bentuknya tidak lagi rata.
  • Saat garis hitam tersebut sudah menutupi seluruh bagian kuku, kulit disekitarnya juga ikut menghitam.
  • Pendarahan juga kerap terjadi pada area kuku yang mengalami perubahan warna.

Sebagai tambahan informasi, tidak semua penderita melanoma subungual mengalami perubahan pada warna kuku. Sehingga bila kamu masih bertanya-tanya kenapa ada garis hitam di kuku, sebaiknya langsung segera konsultasikan ke dokter bila memang memungkinkan.

Karena jika tidak segera ditangani oleh tim medis, kanker yang satu ini bisa mengakibatkan berbagai masalah serius yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, mulai dari pendarahan hingga kelainan pada bentuk kaki.

Cara Mendiagnosis Garis Hitam di Kuku

Jika beberapa gejala melanoma subungual sudah terlihat jelas, maka kamu perlu penangan dokter agar bisa diatasi sedini mungkin.

Terlebih dahulu, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik kuku. Apabila garis hitam di kuku memang diduga melanoma subungual, dokter akan langsung menjalankan penanganan tahap dua, yaitu biopsi. Cara ini ditempuh guna mendeteksi penyakit yang berhubungan dengan ketidaknormalan bentuk jaringan tubuh.

Rata-rata pasien yang dianjurkan untuk biopsi adalah mereka yang terindikasi mengidap penyakit berbahaya, seperti kanker.

Apabila hasil diagnosis menandakan bahwa kamu positif terkena penyakit melanoma subungual, maka kamu akan mengikuti beberapa tes lainnya untuk mengetahui seberapa parah penyebaran sel kanker tersebut.

Dalam beberapa kasus, melanoma subungual bisa mengakibatkan penderitanya kehilangan jari-jari tangan ataupun kaki guna menghentikan penyebaran sel kanker ke jaringan tubuh lainnya.

Beda Garis Hitam dan Putih Pada Kuku

Tidak hanya garis hitam saja yang bisa muncul di kuku, namun kamu pun pasti pernah mengalami kondisi dimana munculnya garis putih pada kuku yang disebut dengan leukonychia.  Kondisi ini sebetulnya amat wajar terjadi pada jari tangan bagian tengah dan tak jarang diakibatkan karena cidera ringan.

Selain itu, kemunculan garis putih pada kuku juga bisa menandakan adanya infeksi, alergi, atau bahkan efek samping pada obat-obatan yang tengah dikonsumsi.

Dilansir dari Hello Sehat, setidaknya ada 4 jenis garis putih pada kuku yang mengisyaratkan suatu kondisi kesehatan:

  • Leukonychia punctata

Leukonychia punctata merupakan garis putih pada kuku yang paling sering dialami. Garis ini bisa muncul akibat trauma atau cidera pada kuku, dan akan hilang dengan sendirinya selama kuku dalam masa pertumbuhan.

  • Leukonychia totalis

Sedangkan leukonychia totalis bisa terjadi karena kurangnya albumin di dalam tubuh dan menandakan adanya penyakit gagal ginjal ataupun gagal liver. Apabila kamu mengalami kondisi dimana garis putih muncul pada seluruh kuku jari, maka besar kemungkinan bahwa kamu mengalami leukonychia totalis yang mana penyakit ini harus segera ditangani oleh dokter.

  • Leukonychia striata

Leukonychia striata adalah kondisi di mana garis putih pada kuku terlihat sejajar dengan pangkal kuku. Kondisi ini biasanya dialami oleh mereka yang kekurangan asupan vitamin dan nutrisi, gangguan jantung, serta liver.

  • Leukonychia partialis

Bila kamu menemukan garis yang terlihat seperti titik-titik putih pada bagian lempeng kuku, bisa jadi itu adalah leukonychia partialias. Kondisi seperti ini ternyata bisa menjadi salah satu gejala dari leukonychia totalis, di mana kamu membutuhkan penanganan lebih lanjut dari pihak medis.

(Baca juga: Ria Irawan Kembali Dirawat, Yuk Mengenal Penyakit Kanker Lebih Jauh!)

Apabila garis putih hanya berjumlah satu pada tiap kuku jari itu hanyalah masalah sepele yang tak perlu kamu khawatirkan. Namun berbeda halnya bila garis putih tersebut muncul begitu banyak di satu atau bahkan semua kuku jari.

Karena hal ini bisa menandakan bahwa kamu tengah mengalami masalah kesehatan yang cukup serius, salah satunya adalah diabetes. Jika memang hal ini terjadi, sebaiknya kamu segera berkonsultasi pada dokter.

Nah, sudah tahu kan kenapa ada garis hitam di kuku? Bagaimanapun bentuk garis yang muncul di bagian kuku, sebaiknya tidak dianggap sepele ya. Karena kita enggak pernah tahu penyebab pasti dari garis yang muncul pada kuku sampai telah divonis oleh dokter. Jadi, ada baiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter bila telah melihat berbagai gejalanya.

Lindungi diri dan keluarga tercinta dari beragam jenis risiko penyakit dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau