Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kenapa Sih Harga Smartphone Bisa Mahal?

by Rafly Aditia on 7 April, 2016

Jenius - CekAja

Smartphone telah menjadi kebutuhan utama manusia modern karena fungsinya yang penting mulai dari alat bersosialisasi, belajar, bahkan bekerja sekalipun. Lantaran kecanggihannya itu, tidak heran jika sebuah smartphone memiliki harga yang mahal.

Coba saja tengok iklan smartphone di media masa, harga satu unitnya bisa lebih dari Rp 10 juta. Sebenarnya, selain karena peranan smartphone yang penting dan susah dilepaskan dari aktivitas manusia, muncul pertanyaan: apa yang menyebabkan harga smartphone jadi begitu mahal? Untuk kamu yang punya pertanyaan serupa, berikut ini jawabannya:

Hadirnya fitur-fitur tertentu

Setiap jenis smartphone memiliki kelebihan fitur masing-masing. Perbedaan inilah yang bisa membuat harga sebuah smartphone tertentu begitu mahal. Beberapa fitur smartphone yang terkenal sebagai penyebab tingginya harga adalah fitur anti air, fitur tahan banting, fitur sensor sidik jari hingga fitur anti baret.

(Baca juga: Hati-hati, Karena Kecanduan 5 Hal Ini Kamu Bisa Terserang Penyakit Mengerikan)

Kapasitas memori

Alasan lain yang membuat harga Smartphone lebih mahal adalah kapasitas memorinya. Ketentuan ini bahkan berlaku untuk jenis dan tipe smartphone yang sama. Sebab, semakin besar kapasitas memorinya, semakin berguna smartphone tersebut bagi penggunanya.

Salah satu contohnya adalah harga iPhone SE. Smartphone jenis ini dengan kapasitas sebesar 16 GB dihargai senilai US$ 399, sementara iPhone SE berkapasitas 64 GB memiliki harga seratus dolar lebih mahal yaitu US$ 499.

 

RAM

Random Access Memory atau RAM merupakan memory tempat penyimpanan sementara ketika perangkat dijalankan dan diakses pada waktu bersamaan. Simpelnya, RAM mempengaruhi kecepatan fungsi smartphone kamu ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Semakin kecil RAM maka biasanya smartphone yang kamu gunakan cenderung kurang responsif. Hal ini membuat RAM menjadi faktor penyebab harga smartphone menjadi lebih mahal. Semakin besar RAM sebuah smartphone, biasanya akan semakin mahal smartphone tersebut.

Kamera

Kamera pada smartphone merupakan salah satu fitur penting. Kemunculan media sosial yang memungkinkan pengguna smartphone saling berbagi gambar dan video membuat konsumen menuntut produsen agar selalu meningkatkan kualitas kamera.

Bahkan, ada beberapa tipe smartphone yang menjadikan kamera sebagai nilai jual utamanya. Contohnya seperti Samsung Galaxy S7 Edge yang dibanderol dengan harga Rp 10,4 juta atau Sony Xperia Z5 Premium berkamera 23 megapixel yang harganya senilai Rp 11,5 juta.

(Baca juga: Laki? Dijamin Makin Keren Kalau Naik 5 Motor Termahal Dunia Ini)

Merek

Alasan terakhir adalah brand alias merek. Kalau tidak percaya coba saja bandingkan antara Xiaomi Mi 3 dengan Apple iPhone 5. Harga iPhone jelas lebih mahal dibandingkan Xiaomi. Padahal, keduanya memiliki fitur serta spesifikasi yang tidak jauh berbeda.

Bahkan, dari segi tertentu Xiaomi Mi 3 justru lebih unggul. Misalnya untuk urusan kamera Xiomi Mi 3 memiliki kamera utama 13 megapixel sementara Iphone 5 hanya 8 megapixel. Tetapi, karena brand iPhone jauh lebih terkenal di masyarakat, maka harga smartphone Amerika ini jauh lebih mahal.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami