Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Lama Menganggur Karena Tidak Kunjung Dapat Kerja? Ini Penyebabnya

by Rafly Aditia on 23 Januari, 2017

wawancara kerja - CekAja.com

Bagi kamu yang baru saja lulus, atau justru baru akan lulus kuliah dalam waktu dekat, pasti sudah mulai bersiap untuk mencari pekerjaan. Rasa khawatir tidak lolos seleksi saat mengirim lamaran pun mulai muncul.

Apalagi kalau kamu punya teman yang lebih senior dan belum kunjung mendapat panggilan kerja sejak lulus kuliah. Rasa khawatir pun makin sering muncul. Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali sarjana yang menganggur. Lantas, apa penyebabnya? Berikut 5 penyebabnya:

Tidak punya pengalaman kerja

Memang sih tidak sedikit lowongan kerja yang terbuka untuk freshgraduate Tetapi mereka yang memiliki pengalaman kerja lebih diutamakan. Itulah alasan kenapa seorang freshgraduate jarang mendapat panggilan interview kerja.

Solusinya? Cobalah cari pengalaman kerja freelance atau paruh waktu. Sebab, pengalaman kerja menjadi nilai lebih saat proses perekrutan dibandingkan kamu tidak punya pengalaman sama sekali.

Kurang soft skill

Sekarang perusahaan tidak selalu terpatok dengan nilai yang tertera di ijazah. Karena nilai itu tidak selalu mencerminkan kemampuan kerja seseorang. Banyak sarjana dengan ip tinggi kalah bersaing dengan mereka yang ip nya standar-standar saja.

Penyebabnya adalah kurangnya soft skill. Maka dari itu, penguasaan keahlian lain seperti kemampuan marketing, menulis dan lainnya harus segera kamu pelajari dan jangan hanya mengandalkan ilmu yang kamu dapatkan di dalam kelas! (Baca juga: 7 Alasan Kuat untuk Bikin Surat Resign Cepat-cepat)

Tidak menguasai bahasa asing

Salah satu kesalahan besar sarjana adalah tidak menguasai bahasa asing. Padahal, menguasai lebih dari satu bahasa adalah nilai tambah yang sangat terpakai di dunia kerja.

Khususnya bahasa Inggris. Kamu wajib menguasai bahasa internasional ini. Karena, sudah jadi hal umum bagi dunia kerja saat ini untuk menguasai bahasa Inggris demi kelancaran dan mendukung performa kerja.

Mentalnya masih mahasiswa

Walau sudah lulus dan menjadi sarjana, masih banyak yang memiliki mental mahasiswa bukan pekerja keras yang siap menghadapi ketatnya dunia kerja. Misalnya masih manja dan mengandalkan orang tua, tidak memiliki tujuan dan tidak punya tolak ukur kesuksesan.

Karena terlalu asyik dengan moto let it flow, banyak sarjana yang akhirnya lama menganggur dan tidak mengalami peningkatan dalam hidupnya untuk urusan karir. (Baca juga: Meski Sepele, Tapi Bisa Bangkitkan Motivasi Kerja)

Banyak mengeluh dan kurang berusaha

Mungkin kamu sering mendengar teman yang berkata sudah mengirim banyak lamaran ke berbagai perusahaan dan mengeluh belum dapat panggilan interview juga. Ketika ditanya sudah berapa banyak lamaran yang mereka kirimkan, jawabannya hanya 5 atau 10?

Duh, baru mengirim lamaran segitu saja sudah merasa berusaha keras dan mengeluh karena tidak dipanggil-panggil untuk wawancara kerja. Ini merupakan salah satu kesalahan bagi para sarjana yang sedang memburu pekerjaan.

Ingat, semakin banyak kamu menebar jaring maka kemungkinan untuk mendapatkan ikan akan semakin besar. Begitu juga dengan mengirim lamaran pekerjaan, teruslah cari tahu tentang  berbagai lowongan kerja dan kirim lamaranmu sampai akhirnya nanti kamu mendapatkan pekerjaan yang dirasa cukup sesuai. Ingat juga, jangan mudah mengeluh dalam mencari pekerjaan!

Daftar kartu kredit yang berikan diskon belanja di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.