Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Mau Liburan Murah di Cianjur? Ini 10 Destinasinya

by Surtan Siahaan on 1 December, 2017

Liburan murah - CekAja

Mau liburan murah dengan lokasi terjangkau dari Jakarta? Kenapa tidak ke Cianjur saja. Di kota berhawa sejuk ini, terdapat segudang destinasi menarik.

Mau tahu apa saja lokasi perjalanan wisata di daerah yang masuk wilayah administrasi Jawa Barat ini? Nah, khusus buat rekan CekAja yang berencana berlibur dalam waktu dekat, berikut 10 destinasi pilihannya.

Kebun Raya Cibodas

Di Cianjur, Kecamatan Cipanas merupakan wilayah yang paling banyak destinasi wisatanya. Salah satu yang terkenal sejak lama adalah Kebun Raya Cibodas.

Taman asri yang luasnya mencapai 80 hektar ini terletak di Desa Cimacan di komplek Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Bagi rekan CekAja yang suka udara dingin dan pemandangan cantik bunga serta tumbuhan, kebun yang didirikan Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda ini ini wajib dikunjungi.

Selain dapat menemukan koleksi bunga dan tamanam, di sini kita dapat menjumpai air terjun dan kolam dengan air sangat jernih.

Curug Citambur

Mau lihat air terjun setinggi 130 meter yang jatuh dari lereng hijau? Rekan CekAja harus datang ke Cianjur Selatan. Sebab di Desa Karang Jaya, Pagelaran, terdapat Curug Citambur yang menawarkan pemandangan tersebut.

Jika datang ke Cianjur, rugi bila tidak mendatangi air terjun satu ini. Namun, tidak disarankan untuk mandi di bawah air terjun ketika puncak musim hujan karena debit air bisa meningkat dan berbahaya bagi pengunjung. Meski demikian, pemandangannya dijamin tidak akan bikin bosan.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Bila hobi mendaki gunung, Cianjur punya tempat mendaki yang dekat dengan Jakarta yakni Gunung Gede Pangrango. Gunung ini bisa didaki dari Cibodas. Untuk mencapai puncak Gunung Gede-Pangrango dibutuhkan waktu sekitar 6 hingga 7 jam perjalanan.

Di gunung ini terdapat sejumlah objek menarik seperti air terjun, air panas alami (hot spring water) dan Alun-alun Surya Kencana.

Bila ingin mendaki gunung ini siapkan fisik dan peralatan yang memadai seperti tenda, jas hujan, kantong tidur hingga jaket tebal.

Situs Gunung Padang

Situs megalitikum berupa batu susun dan punden berundak ini sempat membuat kehebohan beberapa waktu lalu karena disinyalir merupakan piramida.

Nah, bila rekan CekAja termasuk orang yang suka aktivitas outbond dan juga menggemari sejarah, lokasi wisata murah yang terletak di Desa Kryamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur ini layak untuk didatangi.

Pengunjung bisa mendaki bukit setinggi 885 meter di atas permukaan laut dan menemukan pemandangan kota Cianjur yang menawan.

Masjid Agung Cianjur

Tema liburan ke Cianjur tidak melulu alam. Di kota ini kita juga bisa berwisata reliji dengan mengunjungi Masjid Agung Cianjur yang kaya akan sejarah penyebaran agama Islam. Masjid yang terletak di pusat kota ini dibangun sekitar tahun 1810.

Lokasi masjid megah ini tak jauh dari alun-alun dan kantor pos Cianjur. Gaya perpaduan modern dan klasik dengan Menara-menara menjulang tinggi membuat bangunan satu ini mudah dikenali dari jauh. Masjid ini memiliki daya tampung hingga 4.000 jamaah.

Widget TRV Insurance

Puncak Rindu Alam

Ini mungkin destinasi wisata yang paling sering dikunjungi turis dari Jakarta dan sekitarnya. Maklum untuk mendatangi tempat ini tidak susah.

Jalan dari Jakarta menuju puncak pun tergolong mulus dan baik. Di sini kita bisa menikmati pemandangan alam yang tidak pernah membosankan untuk dipandang.

Lokasi wisata satu ini pun ramah untuk keluarga karena ditunjang oleh fasilitas umum seperti tempat makan hingga rumah ibadah.

Rekan CekAja bisa melepas lelah sambil minum the hangat di warung-warung yang berada di pinggir-pinggir jalan.

Wisata Kuliner Cianjur

Sepertinya rugi besar jika kita ke Cianjur tanpa mencicipi makanan lokal Cianjur yang rasanya jempolan. Sejumlah makanan yang sebaiknya dijajal ketika mendatangi kota ini adalah bubur ayam Cianjur, Laksa Cianjur, Sate Maranggi, roti Tan Keng Cu dan Geco. Makanan-makanan ini mudah ditemui karena lokasinya berada di pusat kota.

Kota Bunga Cianjur

Objek wisata satu ini menawarkan kebun bunga yang sangat luas dengan koleksi bunga yang terawat Menariknya, kota ini dibangun dengan tema little venice sebuah kota air yang sangat indah di Italia. Pengunjung pun bisa mengelilingi kota buatan ini menggunakan sebuah kano.

Kota Bunga Cianjur sangat direkomendasikan bagi rekan CekAja yang ingin mengajak serta sanak keluarga dan anak-anak. Sebab, di tempat ini banyak disediakan wahana permainan anak berikut penyewaan kuda.

Wisata Agro Inkarla

Ini merupakan objek wisata keluarga yang sangat direkomendasikan di Cianjur. Wisata ini menawarkan konsep penginapan asri yang diklilingi taman bunga.

Pemandangan di penginapan ini cantik dan eksotis lantaran dibangun dengan latar pegunungan yang jelas terlihat.

Selain wisata perkebunan dan tempat peristirahatan, terdapat sejumlah fasilitas lain seperti kolam renang, ruang billiard, outbound, pinball, rumah pohon, sungai dan labirin.

Tempat ini juga cocok didatangi bagi rekan CekAja yang berlibur bersama rombongan keluarga yang besar. Sebab, daya tampung tersedia cukup besar yakni mencapai puluhan orang.

Soal harganya, cukup murah. Sebab, untuk rombongan minimal 20 orang, per kepala hanya dipungut senilai Rp 111 ribu untuk weekday dan Rp 121 ribu untuk akhir pekan.

Lembah Karmel

Selain masjid agung, umat Nasrani juga berkesempatan untuk berwisata reliji di Cianjur. Sebab, di sini terdapat Lembah Karmel, sebuah tempat ziarah yang teduh dan tenang. Lokasinya terletak di Desa Cikanyere Kecamatan Sukaresmi.

Tempat ini dikelola oleh sejumlah biarawan Katolik yang mengabdikan diri untuk melakukan pelayanan terhadap sesama.

Untuk rekan CekAja yang ingin meninggalkan sejenak rutinitas dan mndekatkan diri pada Yang Kuasa. Tempat ini sangat direkomendasikan.

Widget TRV Insurance

 

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami