Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ternyata Ini Logam Paling Berharga dan Mahal Selain Emas

by Estrin Vanadianti Lestari on 9 December, 2019

Tahukah kamu bahwa logam jenis emas ternyata bukan jenis logam paling berharga atau paling mahal di dunia. Namun masih saja ada yang beranggapan bahwa emas adalah logam yang paling bergengsi untuk dimiliki sebagai produk perhiasan maupun investasi.

Emas juga disebut sebagai logam paling berharga dan populer. Bahkan hampir setiap waktu dan tempat, kita bisa melihat jenis logam ini.

Misalnya di toko perhiasan, orang yang menggunakan perhiasan anting, kalung, gelang, dan cincin dari emas, makanan, hingga bangunan yang memiliki kandungan emas seperti monas, atau kubah masjid, dan masih banyak lagi.

Dengan populernya logam jenis emas, membuat banyak masyarakat menjadi tidak terlalu tertarik dengan jenis logam lain. Padahal, jenis logam paling berharga bukan cuma emas.

Jika dilihat dari harga jualnya, bisa jadi masih banyak jenis logam lain yang harganya melebihi harga emas.

Tetapi sayangnya, dari bermiliar orang di dunia, mungkin hanya beberapa orang saja yang mengerti tentang jenis logam paling berharga, dan tahu mana logam yang lebih langka, dan mahal.

Karena ternyata, sekiranya masih ada beberapa logam lainnya yang memiliki nilai yang berharga, mahal, dan langka. Penasaran apa saja deretan logam paling berharga tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Deretan Logam Paling Berharga Selain Emas
1. Francium – Rp13 triliun / gram

Logam paling berharga yang pertama adalah francium. Logam yang dikenal sangat reaktif ini sangatlah unik. Logam ini berhasil dibentuk di laboratorium.

Umurnya juga tidak panjang, hanya bertahan 22 menit saja dan setelah itu francium akan segera menguap. Lalu mengapa harganya bisa mencapai triliunan?

Ternyata bukan masalah di kegunaan logamnya, akan tetapi proses pembetukkannya, yang membuatnya mahal.

Pasalnya, jika seseorang ingin membeli satu gram logam francium, mereka harus mengeluarkan biaya sebesar Rp13 triliun rupiah, hingga logam tersebut berhasil dibentuk di lab.

Namun, sepertinya mungkin tidak akan ada orang yang mau mengeluarkan uang sampai triliunan, hanya untuk seseuatu yang akan hilang, bahkan hanya dalam hitungan menit.

Terlebih, secara komersial logam ini ini sama sekali tidak memiliki kegunaan yang berarti, karena logam ini juga sudah sangat langka, dan cenderung tidak stabil. Namun, biasanya, francium hanya digunakan untuk tujuan penelitian saja.

(Baca juga: Antam Lego Emas Rp744.000 per Gram Hari Ini)
2. Karbon – Rp877,5 juta / gram

Karbon, merupakan salah satu logam paling berharga selanjutnya. Logam karbon bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti di batu bara dan grafit, namun karbon tersebut tidak memiliki harga yang mahal.

Akan tetapi, karbon bisa sangat mahal, jika atom karbon diatur ulang, sehingga terbentuk karbon murni dalam bentuk padat.

Nah, karbon tersebutlah yang digunakan sebagai unsur pembentukan berlian. Wah, pantas saja harganya bisa mencapai ratusan juta per gram.

3. Plutonium – Rp54 juta / gram

Logam paling berharga yang juga merupakan salah satu logam berat ini bernama plutonium.

Biasa digunakan sebagai bahan utama pada pembuatan senjata nuklir, plutonium juga dapat mempertahankan reaksi berantai nuklir, sangat radioaktif, dan bersifat menghancurkan.

Satu hal lain yang membuat logam ini berharga adalah, plutonium tidak terdapat di alam, melainkan ditemukan dalam biji Uranium. Dan itulah salah satu alasan mengapa logam plutonium ini menjadi mahal.

4. Rhodium – Rp1,4 juta / gram

Logam paling berharga selanjutnya adalah jenis logam rhodium. Memiliki ciri-ciri warna putih keperakan, keras, dan tahan lama, logam jenis ini biasanya digunakan sebagai agen paduan untuk mengeraskan platinum dan paladium.

Paduan tersebut digunakan dalam rol tungku dan busing untuk menghasilkan serat kaca, komponen termokopel, elektroda busi pesawat terbang, dan cawan lebur laboratorium.

Rhodium memiliki harga yang cukup tinggi karena kelangkaannya. Harga rhodium sendiri di tahun 2008 saja sudah mencapai lebih dari 10 ribu USD per ons.

Selain itu, produksi tahunan rhodium di dunia juga terbilang kecil, dan sebagian besar berasal dari Afrika Selatan, Rusia dan Kanada.

5. Lanthanum – Rp864 ribu / gram

Logam paling berharga berikutnya adalah jenis logam lanthanum. Logam yang memiliki warna putih keperakan ini ternyata memiliki tekstur yang lembut, bahkan saking lembutnya bisa dipotong menggunakan pisau.

Disebut-sebut logam lanthanum juga sudah sangat langka, sehingga bisa memiliki harga yang mahal.

Namun, ternyata logam ini tidak terlalu berguna. Akan tetapi, lanthanum memiliki senyawa yang bisa diaplikasikan di berbagai bidang.

Di antaranya bisa digunakan sebagai katalisator lampu busur karbon untuk lampu studio dan proyektor, dan lain sebagainya.

6. Platinum – Rp810 ribu / gram

Logam paling berharga selanjutnya adalah Platinum. Tidak hanya berharga, logam jenis platinum juga dikenal memiliki ketahanan luar biasa terhadap korosi, bahkan ketika berada di suhu tinggi sekalipun.

Selain itu, logam platinum juga disebut-sebut jumlahnya sudah sangat langka, sehingga dalam satu tahunnya platinum hanya diproduksi beberapa ratus ton saja.

Logam paling berharga jenis platinum ini juga sering digunakan sebagai perhiasan, kedokteran, obat-obatan, hingga banyak digunakan dalam industri mobil.

Karena berharga dan langka, maka tak heran jika harga per gramnya bisa mencapai Rp810 ribu.

(Baca juga: Mudah, Murah, Menguntungkan, Tiga Alasan Investasi Emas Cocok Buat Milenial)
7. Emas – Rp746 ribu / gram

Logam paling berharga selanjutnya yang sangat dikenal banyak orang adalah emas.

Memiliki warna yang sangat cantik dan indah, yakni kuning metalik ketika dalam keadaan padat, emas juga memiliki tekstur yang lembut, mudah dibentuk, ringan, dan mudah ditempa.

Hingga saat ini, emas masih sering dijadikan sebagai alat investasi, pembayaran, hingga perhiasan. Harganya yang cenderunh stabil dan kadang naik juga, membuat logam ini paling diincar untuk berinvestasi.

8. Platinum – Rp563.000/gram

Logam paling berharga yang namanya diambil dari bahasa Spanyol “platino’ ini adalah platinum, yang berarti perak kecil.

Untuk ciri-cirinya, platinum dikenal dengan bentuk yang padat, lunak, namun tidak reaktif dan tergolong logam non-korosif.

Sehingga, platinum juga dikenal sebagai bahan pembuat perhiasan, dan hal itu dikarenalkan bentuk dan penampakannya yang mewah dan resistesinya yang dinilai bagus.

Nah, bagaimana dengan informasi terkait logam paling berharga tersebut? Apakah kamu tertarik membelinya untuk investasi?

Meski, terbilang mahal dan berharga, namun untuk urusan investasi, masyarakat dunia mungkin masih memilih emas. Hal tersebut juga dikarenakan emas lebih mudah untuk diperdagangkan.

Namun, untuk bisa melakukan investasi ternyata tidak hanya bisa menggunakan emas atau hal yang berbentuk logam lo. Kamu juga bisa melakukan investasi lainnya yang juga bisa membuatmu untung, serta modal awal yang murah.

Semua informasi terkait jenis investasi juga bisa kamu lihat di situs Cekaja.com. Yuk, investasi sejak dini!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk