Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Macam-Macam Microsoft Office Serta Kegunaannya

by Teti Purwanti on 31 Maret, 2020

Microsoft Office merupakan software atau perangkat lunak yang paling sering digunakan, baik pelajar, juga pekerja profesional untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaannya dan juga tugas.

macam-macam microsoft office serta kegunaannyaMicrosoft office terbagi menjadi beberapa jenis yang juga memiliki kemampuan berbeda untuk memudahkan tugas-tugas setiap penggunanya.

Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu software Ms.Office yang paling sering digunakan. Boleh jadi setiap laptop dan perangkat komputer setiap orang pasti memiliki aplikasi ini. Aplikasi ini diterbitkan pada tahun 1983 dengan berbagai versi, saat ini Ms.Word sudah ada versi terbaru yaitu Ms.Word 2016.

Ms.word merupakan aplikasi pengolah kata, dalam artian semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Ms.Word. Contoh nya, membuat surat, membuat tabel, input gambar, membuat desain sederhana, membuat dokumen, dan berbagai macam pengolahan data lainnya. Saat ini Ms. Word juga sudah dikenal dari anak sekolah tingkat dasar hingga anak kuliahan untuk menyelesaikan skripsinya.

Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi microsoft office yang berfungsi sebagai pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik. Dengan Ms.Excel pengguna dapat membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan.

Ms. Excel dapat membantu pengguna dalam membuat laporan keuangan seperti laporan akuntansi, baik berupa laporan angka maupun grafik. Namun untuk melakukan perhitungan secara otomatis pengguna harus menggunakan rumus dan logika. Microsoft Excel sebagai program populer memiliki kelebihan dibandingkan dengan aplikasi sejenis antara lain:

  •   Antarmuka pengguna yang user friendly.
  •   Tersedianya fitur untuk membuat grafik data.
  •   Adanya fitur pemrograman VBA.
  •   Kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar.
  •   Mudah dioperasikan jika paham rumus dan logika dalam Excel.
Microsoft Powerpoint

Ms.Power point merupakan aplikasi dari Microsoft Office yang berfungsi sebagai media presentasi dengan menggunakan slide. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dimudahkan untuk melakukan presentasi, selain itu dalam Power Point juga terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi menjadi lebih menarik.

Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dan menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparansi proyektor atau biasa disebut OHP (Over Head Projector). Dengan menggunakan Microsoft Power Point berbagai macam tools dan template yang memberikan efek tertentu pada sebuah presentasi. Kelebihan Microsoft Power Point antara lain:

  •   Mudah untuk dioperasikan
  •   Tersedia berbagai macam desain dan animasi
  •   Tersedia berbagai macam template menarik
  •   Dapat dibuat dalam berbagai format
Microsoft Office Outlook

Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office. Aplikasi ini mengelola informasi pribadi yang digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Selain itu, juga memiliki fungsi seperti membuat catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender.

Microsoft Outlook ini bisa digunakan di semua perangkat windows, bukan hanya di komputer saja. Misalnya saja program Outlook Mobile yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi data Outlook ke gawai. Microsoft Outlook mempunyai berbagai kelebihan, diantaranya yaitu :

  • Interface ( tampilan ) sederhana namun tetap elegan.
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan video call dengan Skype.
  • Memiliki fitur undo untuk mengembalikan perintah yang baru saja dilaksanakan.
  • Bisa dengan mudah terhubung ke sosmed ( social media ).
  • Memiliki kapasitas SkyDrive sebesar 7 GigaByte.
  • Dapat secara langsung mengedit dokumen office di SkyDrive
  • Dapat memilah email masuk sesuai kategori yang dikehendaki.
  • Dapat terhubung ke perangkat mobile seperti smartphone.
Microsoft Office OneNote

Microsoft OneNote adalah aplikasi office yang berfungsi seperti kertas catatan. Bukan hanya bisa menulis, namun juga menggambar, memasukkan objek, mencorat-coret, menampilkan screenshot, memberi komentar, serta membagikannya dengan rekan sekerja. Berbeda dari Microsoft Word, di OneNote kamu bisa menulis dan meletakkan apapun di tempat manapun yang kamu suka. Hampir sama seperti saat mencoret-coret di kertas, di OneNote kamu juga bebas untuk meletakkan elemen catatan.

OneNote sangat mungkin digunakan untuk mencatat ide, membuat daftar To Do List, rencana proyek, dan catata cepat. Selain itu, OneNote juga memiliki beberapa kelebihan lain, seperti:

  •   Terintegrasi dengan microsoft office
  •   Sinkronisasi dengan SkyDrive (Cloud Storage milik Microsoft)
  •   Bisa memasukan apa saja layaknya buku catatan
  •   Mudah dibagikan
Microsoft Office Access

Program aplikasi komputer dari Office lainnya adalah Acces. Program ini digunakan untuk perusahaan kecil dan juga rumahan untuk mengolah data dengan Microsoft Jet Database Engine. Program ini juga bisa menampilkan grafis yang sempurna sehingga mudah dipahami pengguna dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database.

Microsoft Access mempunyai banyak sekali fungsi yang membantu kinerja seseorang dalam mengolah data sehingga lebih mudah dan mengefektifkan waktu. Apalagi aplikasi ini juga mudah digunakan dan praktis. Sayangnya, banyak fitur yang masih berbayar. Biasanya program ini sudah di-bundling dengan program besutan Microsoft Office lainnya.

Microsoft Office Front Page

Microsoft FrontPage adalah sebuah program aplikasi editor html dan sebagai alat bantu administrasi situs web. Dalam FrontPage salah satu fitur yang terkenal adalah Template Web yang otomatis. Template yang dibuat oleh FrontPage mencakup sistem navigasi otomatis dan mampu menciptakan tombol-tombol yang dapat dianimasikan untuk beberapa halaman yang telah di tambahkan oleh pengguna FrontPage dan juga dapat merancang suatu halaman yang ingin di tampilkan di web. Front Page mampu menampilkan struktur data dan memudahkan navigasi situs web, serta mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menampilkan data yang dibuat oleh Microsoft office yang lainnya.

Microsoft Office Visio

Microsoft Office Visio merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat diagram Flowchart dan berbagai macam diagram, brainstorm dan beberapa skema jaringan. Aplikasi ini juga menggunakan fitur grafik vektor sehingga pengguna lebih dimudahkan untuk menggunakannya.

Kelebihan Visio adalah perangkatnya mudah dipahami dan mudah digunakan. Apalagi pilihan gambarnya pun banyak. Hanya saja, instalasi Office ini cukup rumit dan salah satu software yang berbayar.

Microsoft Office InfoPath

Microsoft Office InfoPath merupakan aplikasi Office yang berfungsi untuk pengembangan formulir data berbasis XML, seperti merancang, mendistribusikan, mengisi dan mengirimkan formulir elektronik yang berisi data terstruktur. Ms.Infopath dikeluarkan pada tahun 2003 dengan menyediakan beberapa fitur menarik.

Ketika dikembangkan, InfoPath memiliki nama kode XDocs dan menawarkan fitur-fitur seperti kemampuannya untuk membuat dan menampilkan dokumen XML dengan dukungan terhadap skema XML yang didefinisikan sendiri. InfoPath sendiri sudah menyediakan template-template yang langsung bisa digunakan untuk keperluan kita seperti : Absence Request, Invoice, Meeting Agenda, Resume, Service Request, Time Card, Sales Report, Travel Request, dan masih banyak lagi.

Microsoft Office Publisher

Aplikasi ini digunakan untuk kegiatan desktop publishing, seperti koran,majalah, poster, mading ,kalender dan lain-lain. Publisher juga sangat membantu dan praktis dalam bermain gambar. Aplikasi ini juga memiliki banyak efek untuk menunjang bentuk, teks, dan gambar publikasi menjadi tampak lebih profesional.

(Baca Juga: 4 Cara Membeli Game di Steam Mudah dan Cepat)

Microsoft Publisher juga hadir dengan mengusung tools canggih untuk menunjang publikasi. Melalui aplikasi ini, bisa melakukan personalisasi dengan lebih mudah. Memanfaatkan fitur mail merge, sehingga bisa memasukkan foto dan link serta meningkatkan personalisasi kartu, email, dan buletin. Menggunakan aplikasi Publisher, juga akan lebih mudah berkolaborasi bersama tim karena adanya fitur kolaborasi yang memungkinkan adanya perubahan dari file dari beberapa orang sekaligus. 

Apache OpenOffice

Meski menjadi yang terbanyak digunakan, bukan berarti Microsoft Office tidak punya pesaing. Salah satunya adalah OpenOffice yang  dikenal sebagai software produktivitas gratis dan terbaik yang pernah ada. Hal ini tentu saja tidak berlebihan mengingat software besutan Apache Software Foundation ini memang menawarkan tool yang tak kalah lengkap.

Ya, OpenOffice dilengkapi dengan tool serupa layaknya Word, Excel, PowerPoint di Microsoft Office. Menariknya, OpenOffice juga dapat membaca dan mengedit dokumen berformat Microsoft Office sekaligus kembali menyimpan dengan format yang sama.

LibreOffice

Tak jauh berbeda dengan pesaingnya, LibreOffice menawarkan fitur serupa yakni teks editor, spreadsheets, presentasi, grafis dan database. Yang membuat LibreOffice lebih menarik, software yang dikembangkan oleh Document Foundation ini menawarkan fitur yang lebih bervariasi. Sebut saja salah satunya seperti PDF import, presentation minimizer, dan Wiki publisher.

NeoOffice

NeoOffice sebenarnya juga merupakan produk ‘satu atap’ dengan OpenOffice. Bahkan, software produktivitas alternatif ketiga ini diciptakan terlebih dahulu sebelum kedua saudaranya lahir. Di atas kertas, OpenOffice dan LibreOffice memang lebih friendly karena mendukung platform Windows, Mac OS X, dan Linux. NeoOffice boleh dikatakan lebih unggul jika untuk platform Mac OS X.

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.