Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat, Apa Saja?

by Ayunindya Annistri on 26 November, 2019

Apakah kamu pernah terserang penyakit asam urat? Jika iya, berarti kamu harus merubah gaya hidup dan mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat. Pasalnya, salah satu faktor terbesar datangnya penyakit asam urat ini ialah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin.

Secara umum, penyakit asam urat terjadi karena tingginya kadar asam urat di dalam darah, yang mana seharusnya batas normal asam urat dibawah 7 mg/dL. Jika lebih dari itu, asam urat dalam darah akan membentuk kristal dan memicu timbulnya pembengkakan pada sendi.

Selain itu, kristal juga bisa terbentuk di saluran kemih dan bila dibiarkan terus-menerus menumpuk, dapat berakibat fatal yaitu menyebabkan penyakit batu ginjal.

Seperti Apa Gejala Penyakit Asam Urat?

Nyeri pada sendi hingga membengkak adalah gejala dari penyakit asam urat. Penyakit ini jarang menunjukkan gejala awal dan justru baru muncul ketika penderita divonis mengalami asam urat kronis.

Pada kasus tertentu, gejala asam urat sering terjadi dalam beberapa jam saja, yakni saat tengah malam selama 1 hingga 2 hari. Namun tidak sedikit pula yang sudah merasakan gejala tersebut ada hingga 12 bulan lamanya. Sehingga harus segera mendapatkan penanganan yang tepat serta mengonsumsi banyak makanan untuk penderita asam urat.

Beragam Bahaya Asam Urat Bila Tidak Diobati

Tidak hanya mengalami pembengkakan sendi ataupun penyakit batu ginjal saja, masih ada banyak lagi bahaya asam urat yang mengintai bila kamu tidak segera mengobatinya, yaitu dengan rutin mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat.

Lalu, apa sajakah bahaya asam urat? Berikut penjelasan lengkapnya seperti yang dilansir dari Alodokter:

1. Penyakit jantung koroner

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh akan memicu datangnya penyakit lain yang lebih berbahaya, salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

Secara umum, penyakit jantung koroner terjadi karena adanya penyumbatan lemak di dalam pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Tetapi kalau disebabkan karena asam urat, penyakit ini muncul akibat kristal asam urat tertimbun dalam pembuluh darah.

2. Tophi

Tophi adalah benjolan kecil yang warnanya putih serupa dengan cairan pasta gigi. Benjolan ini bisa saja muncul di beberapa bagian tubuh seperti ibu jari kaki, telinga, jari tangan, hingga tumit, karena tingginya kadar asam urat yang menumpuk di area bawah kulit dan membentuk kristal padat.

Jika tidak segera ditangani, tophi bisa saja meradang dan pastinya membuat penderita asam urat tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Diabetes

Asam urat dan diabetes merupakan double kill yang sangat berbahaya bila tidak segera ditangani oleh dokter. Pasalnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa persentase terjadinya diabetes akibat kadar asam urat yang tinggi yaitu mencapai 20 persen.

Sehingga penderita asam urat sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan serta gaya hidup yang benar. Jika tidak ingin mempercepat risiko kematian lantaran asam urat meradang.

(Baca Juga: Kenali Lebih Awal Gejala, Ciri dan Penyebab Diabetes yang Sering Mengancam Kesehatan)
5 Makanan untuk Penderita Asam Urat

Gaya hidup yang sehat juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang tepat untuk penderita asam urat. Kedua hal ini termasuk bagian terpenting dalam mengobati penyakit sendi alias asam urat tersebut. Berikut 5 makanan untuk penderita asam urat yang bisa kamu coba:

1. Daun Pandan

Daun pandan - Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat, Apa Saja.jpg

Tidak hanya dicari untuk menambah cita rasa dalam masakan saja, daun pandan rupanya juga berkhasiat baik untuk mengurangi gejala dan penyakit asam urat.

Seperti yang dikutip dari Stethnews, daun pandan mengandung minyak esensial dan tanin yang baik untuk melawan inflamasi atau peradangan dalam tubuh.

Salah satu cara mengolah daun pandan sebagai makanan untuk penderita asam urat adalah menjadikannya minuman rebusan dengan tambahan sedikit madu. Akan lebih efektif lagi jika dikonsumsi secara rutin.

2. Pisang

Pisang - Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat, Apa Saja.jpg

Salah satu cara mengontrol kadar asam urat dalam tubuh yaitu dengan melakukan diet purin. Karena faktor utama seseorang terkena penyakit asam urat adalah tingginya kadar purin yang mengakibatkan ginjal tidak bisa bekerja efektif untuk memecah asam urat, sehingga sisanya menumpuk di dalam sendi-sendi tubuh.

Untuk melakukan diet purin, kamu harus mengonsumsi makanan yang rendah purin dan salah satunya adalah pisang. Makanan untuk penderita asam urat ini bermanfaat untuk menurunkan dan mengurangi efek asam urat pada tubuh serta kaya akan vitamin C yang memang dibutuhkan oleh penderita asam urat.

3. Wortel

Wortel - Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat, Apa Saja.jpg

Makanan untuk penderita asam urat selanjutnya yang wajib dikonsumsi adalah wortel. Mengapa? Karena wortel memiliki kandungan purin yang paling rendah diantara jenis sayuran lainnya. Kamu bisa mengonsumsi wortel dengan cara direbus lalu dimakan langsung atau menjadikannya jus bersama campuran seledri dan timun.

4. Tomat

Tomat - Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat, Apa Saja.jpg

Buah tomat sempat ramai diperbincangkan oleh para peneliti, lantaran disebut sebagai pemicu datangnya penyakit asam urat. Namun penelitian tersebut belum tentu benar dan butuh dikaji lebih dalam lagi.

Hal ini karena masih banyaknya peneliti yang percaya bahwa tomat memang sangat ampuh sebagai makanan untuk penderita asam urat.

5. Kentang

Kentang - Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat, Apa Saja.jpg

Kandungannya yang kaya akan vitamin C, magnesium, dan fosfor menjadikan kentang sebagai salah satu makanan yang banyak dicari oleh penggiat diet. Tidak hanya itu saja, kentang juga dianggap memiliki khasiat yang luar biasa terutama untuk penyakit asam urat, sehingga patut masuk dalam daftar makanan untuk penderita asam urat.

Untuk menjadikannya obat, kamu bisa mengolah kentang dengan 2 cara. Pertama, merebus kentang dan dikonsumsi secara rutin. Kedua, menjadikannya jus dengan tambahan madu untuk menambah rasa manis dalam jus tersebut.

Bila salah satu diantara makanan tersebut, kamu konsumsi secara rutin dengan jumlah yang sesuai, bukan tak mungkin kadar asam urat dalam tubuhmu akan tetap terkontrol baik. Lakukan dari sekarang dan nikmati khasiatnya untuk tubuh hingga masa mendatang.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau