Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Mau Kuliah Tapi Tidak Punya Biaya? Ini Kampus yang Bisa Ngutang, Gratis dan Beri Diskon Khusus

by Surtan Siahaan on 26 Juli, 2016

Pendidikan sangat ampuh mengubah nasib seseorang. Tidak heran, jumlah universitas semakin banyak seiring meningkatnya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan setelah SMA. Namun, kuliah bukan hal yang bisa diakses oleh semua orang. Alasannya karena biaya pendidikan yang semakin tinggi tiap tahunnya.

Bila tidak lulus di kampus negri, peluang mengakses pendidikan di universitas semakin tipis karena biaya kampus swasta terkenal mahal. Nah, buat kamu yang masih punya semangat untuk kuliah namun terbentur minimnya biaya, berikut ini daftar kampus yang bisa kamu akses:

Bayar kuliah setelah kerja

Mengadopsi model pembiayaan kuliah a la student loan di luar negeri, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3i) menawarkan program baru yakni Bayar Kuliah Setelah Kerja. Seperti dikutip CekAja dari jpnn, program ini diperuntukkan bagi mahasiswa tahun ajaran baru. Harapannya, dengan program ini calon mahasiswa yang kesulitan biaya bisa tetap melanjutkan pendidikan.

Para mahasiswa pun diperbolehkan untuk membayar biaya kuliahnya setelah bekerja dan memiliki penghasilan. Bagi kamu yang sudah lulus SMA dan berniat melanjutkan kuliah namun terbentur biaya, kampus satu ini bisa jadi pilihan menarik. (Baca juga: Inilah Keuntungannya Punya Dua Kartu Kredit atau Lebih)

Diskon 50% untuk anak karyawan

Untuk mendukung kebutuhan internal akan sumber daya manusia dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan, sejumlah perusahaan besar di dalam negeri kini memiliki universitas sendiri. Salah satu yang cukup populer adalah Universitas Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kelompok Kompas Gramedia.

Menariknya, kampus tersebut juga memberikan fasilitas potongan harga bagi karyawan grup Kompas Gramedia yang menyekolahkananaknya di UMN. Bahkan pada tahun ini potongan harga yang diberikan untuk uang pangkal mencapai 50% dari biaya. Bila perusahaan tempat kamu atau orang tuamu bekerja punya universitas sendiri, coba cari tahu program sejenis.

Kuliah gratis asal lulus 3 tahun

Bagi kalian yang belum lulus SBMPTN tahun 2016 alternatif kampus satu ini mungkin bisa jadi pilihan. Alasannya, biaya kuliah di kampus ini gratis asalkan kamu bisa menempuhnya dalam waktu tiga tahun. Selain itu, jurusan yang disediakan kampus ini bisa membuat kamu berkarier sebagai enginer.

Nama kampusnya adalah Akademi Meteorologi dan Instrumentasi Kementerian Perdagangan RI. Untuk mendaftar dan mengakses kampus ini, kamu bisa mengunjungi situs Kementerian Perdagangan RI. (Baca juga: 7 Langkah Mudah Mendapatkan Pekerjaan Baru)

Cicil pakai kartu kredit

Bila kamu ingin kuliah tapi terbentur tidak adanya uang tunai, trik satu ini bisa digunakan yakni mencicil biaya kuliah dengan kartu kredit. Maksudnya, kamu bisa membayar uang pangkal yang nilainya besar dengan cara mengangsur. Tapi diperlukan usaha yang lebih agar kamu bisa memnafatkan fitur ini.

Caranya dengan mengajukan permohonan pada bank dan kampus untuk melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Bila kamu adalah nasabah yang baik, bisa jadi permohonanmu tersebut dikabulkan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami