Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Mau Tahu Berapa Kebutuhan Hidup Kita Saat Pensiun? Ini Cara Menghitungnya

by Tisyrin N. T on 15 Mei, 2017

pensiun sejahtera_investasi - CekAja.com

Menikmati masa pensiun dengan tenang tanpa kekurangan dalam hal finansial adalah keinginan setiap orang.

Sayangnya, tak setiap orang mampu mewujudkan hal tersebut. Agar masa pensiun indah, tak ada salahnya mempersiapkan segi finansialnya sejak dini. Namun, di usia 20-an biasanya seseorang belum terpikir untuk menyiapkan masa pensiunnya.

Padahal, semakin dini melakukan persiapan, maka waktunya juga akan semakin panjang, sehingga tidak kesulitan dalam mengejar target uang pensiun lebih mudah. Bagi karyawan masalah ini jauh lebih mudah karena perusahaan biasanya mendaftarkan karyawannya ke dalam program pensiun.

Bagaimana jika berprofesi sebagai pengusaha? Bagaimana jika perusahaan tidak mendaftarkan ke program pensiun? Tentu menyiapkan pensiun menjadi PR bagi diri sendiri. Langkah awalnya dengan memperkirakan berapa kebutuhan saat pensiun kelak. Berikut ini gambaran cara menghitung kebutuhan di masa pensiun.

Lihat berapa pengeluaran saat ini

Penting sekali untuk mengetahui secara rinci berapa pengeluaran setiap bulannya. Karena itu, mencatat pengeluaran adalah hal yang tak boleh disepelekan. Saat ini sudah tersedia banyak aplikasi yang memudahkan kita mengatur keuangan, termasuk mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Lalu apa kaitannya dengan masa pensiun? Jumlah pengeluaran saat ini sangat berpengaruh untuk memperkirakan jumlah pengeluaran di masa pensiun kelak.

Saat pensiun, pengeluaran akan berkisar 70% -80% dari pengeluaran saat ini

Setelah mengetahui pengeluaran saat ini, selanjutnya adalah menghitung estimasi kebutuhan pensiun dengan nilai di masa kini. Pengeluaran saat pensiun hanya sebesar 70%-80% dari pengeluaran saat ini. Mengapa? Karena sudah ada pengeluaran yang berkurang misalnya tidak lagi membiayai anak.

Hitung berapa lama lagi akan pensiun

Ini akan memudahkan dalam memperkirakan kebutuhan pensiun. Selain itu juga melihat sebanyak apa waktu yang dimiliki untuk melakukan persiapan. Kita bisa mempersiapkan kebutuhan di masa pensiun dengan cara berinvestasi atau langsung mendaftarkan diri mengikuti program pensiun.

Dengan menghitung berapa lama lagi waktu pensiun akan tiba, kita pun bisa menentukan instrumen investasi yang cocok untuk dimiliki.

Jangan lupakan inflasi

Dalam menghitung kebutuhan pensiun, faktor penting lain yang tak boleh terlewatkan adalah inflasi. Karena terdapat inflasi, harga bahan makanan saat ini akan naik berkali-kali lipat di masa depan.

Contoh:

Usia : 25 tahun

Rencana usia pensiun : 55 tahun

Pengeluaran saat ini : Rp5 juta per bulan

Pengeluaran ketika masa pensiun tiba (berdasarkan nilai saat ini) : Rp5 juta x 80% = Rp4 juta per bulan

Pengeluaran  ketika masa pensiun tiba (mempertimbangkan inflasi 6% per tahun) : Rp22,97 juta per bulan

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami