Mengenal BRANKAS, Tabungan Emas ala Antam

2 min. membaca Oleh CekAja on

Sejak zaman nenek-nenek kita dulu, emas sudah dijadikan sebagai tabungan untuk mengamankan nilai uang. Mereka mengumpulkan emas untuk biaya pendidikan anak, haji, dan bahkan sebagai dana darurat. Jika sewaktu-waktu butuh dana dalam jumlah besar, emas simpanan pun bisa dijual.

tabungan emas

Emas memang punya berbagai keunggulan, salah satunya adalah sifatnya yang likuid alias mudah dicairkan. Emas juga merupakan investasi yang minim risiko. Secara jangka panjang, nilai emas juga terus mengalami peningkatan. Keunggulan lainnya, modal untuk memulai investasi emas tergolong terjangkau.

Nah, kalau kamu tertarik untuk berinvestasi emas, kemudian mengumpulkan emas batangan sedikit demi sedikit, mungkin nantinya kamu akan merasa repot bagaimana cara menyimpannya. Tak perlu khawatir, karena sekarang ini cara berinvestasi emas kian mudah, salah satunya kamu bisa mencoba layanan dari PT Antam Tbk yang bernama BRANKAS.

Apa Itu BRANKAS?

BRANKAS berasal dari kata:

Berencana: edukasi pada masyarakat mengenai investasi emas.

Aman: dijamin Antam dan di-back up fisik.

Kelola: dikelola secara mandiri oleh investor.

Emas: kemurnian emas dijamin 99,99% dan bersertifikat standar London Bullion Market Association atau LBMA.

BRANKAS melayani pembelian emas, penyimpanan emas, penjualan kembali (buy back), dan pencetakan sesuai dengan pecahan yang diinginkan. Nantinya, tabungan emas dapat dicairkan dalam bentuk fisik atau tunai dengan harga yang kompetitif. Selain itu, BRANKAS juga memberi kemudahan pembayaran zakat dan infaq bekerja sama dengan BAZNAS.

Dengan kata lain, setelah melakukan transaksi pembelian emas, kamu tidak langsung mendapatkan emas dalam bentuk fisik. Kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu tanpa khawatir akan keamanannya. Sewaktu-waktu ketika  kamu membutuhkannya, barulah kamu mencairkan emas tersebut. 

Keunggulan BRANKAS adalah harga beli lebih murah, harga jual kembali (buy back) lebih tinggi, transaksi online di mana saja, serta dapat dicairkan dan dicetak kapan saja. Dan seperti telah disebutkan di atas, produk emas yang ditawarkan dengan kemurnian 99,99% dan sertifikat berstandar LBMA.

LBMA merupakan lembaga internasional yang menyusun dan mengelola standar kualitas pemurnian emas dunia. LBMA menjamin nilai kemurnian dan keaslian produk emas yang diperjualbelikan serta rantai pasokan emas yang bertanggung jawab atau bebas dari kegiatan pelanggaran HAM, pencucian uang dan terorisme.

(Baca juga: Aneka Cara Investasi Emas di Pegadaian, Kamu Mau yang Mana?)

Cara Mendaftar dan Bertransaksi di BRANKAS

Untuk melakukan pendaftaran BRANKAS, kamu bisa mendatangi Kantor Logam Mulia Pulogadung atau Butik Emas LM di seluruh Indonesia yaitu di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, dan Makassar.

Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi form registrasi dan menyerahkan dokumen persyaratan yaitu berupa fotokopi kartu identitas yang berlaku (KTP), fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan fotokopi Kartu Keluarga untuk keperluan ahli waris.

Jika pendaftaran sudah selesai, transaksi bisa dilakukan secara online melalui www.brankaslm.com pada hari dan jam kerja, baik untuk transaksi pembelian, penjualan (buy back) maupun order pengambilan emas fisik. Selain itu, bisa juga dengan mendatangi Kantor Logam Mulia Pulo Gadung atau ke Butik Emas di kota-kota besar di Indonesia.

(Baca juga: 5 Hal yang Membuat Harga Emas Naik Turun, Apa Aja?)

Tipe Keanggotaan BRANKAS

Terdapat beberapa tipe keanggotaan layanan BRANKAS yaitu sebagai berikut:

  1. Bronze, limit pembelian 100 gram, minimal pembelian 1 gram, saldo minimal 1 gram, biaya administrasi per tahun Rp100.000
  2. Silver, limit pembelian 250 gram, minimal pembelian 1 gram, saldo minimal 1 gram, biaya administrasi per tahun Rp150.000
  3. Gold, limit pembelian 500 gram, minimal pembelian 1 gram, saldo minimal 1 gram, biaya administrasi per tahun Rp300.000
  4. Platinum, limit pembelian 1.000 gram, minimal pembelian 1 gram, saldo minimal 5 gram, biaya administrasi per tahun Rp450.000
  5. Diamond, limit pembelian 2.500 gram, minimal pembelian 1 gram, saldo minimal 10 gram, biaya administrasi per tahun Rp900.000
  6. Prioritas, limit pembelian 10.000 gram, minimal pembelian 1 gram, saldo minimal 20 gram, biaya administrasi per tahun Rp2,5 juta

Bagaimana? Tertarik investasi emas?

[widg-inv]

Tentang kami

CekAja

CekAja