Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mengenal Brompton, Sepeda Lipat Mahal yang Bikin Geger Indonesia

by Miftahul Khoer on 13 Desember, 2019

Pada 17 November lalu ramai pemberitaan pesawat jenis Airbus A330-900 Neo yang baru saja dibeli maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dari Toulouse, Perancis ketahuan membawa barang selundupan sepeda motor klasik Harley Davidson dan juga dua unit sepeda lipat Brompton.

Sepeda Brompton

Untuk Harley Davidson masyarakat mungkin sudah familiar kalau motor tersebut punya harga selangit. Tapi untuk sepeda lipat, ternyata sepeda Brompton punya harga fantastis hingga puluhan juta rupiah per unitnya. Berikut fakta-fakta seputar sepeda lipat Brompton yang lagi ramai menjadi buah bibir di Indonesia:

  • Buatan London sejak 1975

Brompton adalah merek sepeda lipat yang diproduksi di London, Inggris sejak tahun 1975. Sepeda Brompton ditemukan dan didirikan oleh Andrew Ritchie pada saat dia menciptakan sebuah prototipe cikal bakal sepeda Brompton di kamarnya di South Kensington, London. Pada saat mendesain sepeda ini, Ritchie menghadap ke Brompton Oratory sehingga memberikan sepeda tersebut nama Brompton.

Salah satu penyebab yang membuat sepeda ini memiliki harga mahal adalah setiap produknya dibuat menggunakan tangan atau handmade oleh para mekaniknya. Sepeda-sepeda Brompton dibuat oleh para pengrajin terampil di pabriknya yang berada di London sehingga menghasilkan produk yang tangguh.

Setiap pengrajin dilatih terlebih dahulu oleh Brompton selama 18 bulan dan memiliki ‘tanda tangan’ yang dicapkan pada bagian sepeda yang mereka kerjakan. Sepeda ini memiliki harga jual mahal juga karena reputasi dari teknik dan desain dari Inggris yang dihormati di seluruh dunia.

(Baca juga: Selain Brompton, Ini Jenis Sepeda yang Harganya Bikin Copot Jantung)

Selama Ari Askhara Menjabat, Awak Kabin Garuda Alami Kejangggalan Ini
https://www.cekaja.com/info/selama-ari-askhara-menjabat-awak-kabin-garuda-alami-kejangggalan-ini/

Brompton merupakan salah satu produk dengan desain unggulan secara global dari Inggris seperti layaknya produk-produk seperti Dyson, Mclaren, Dualit, dan Rolls Royce. Brompton menggunakan berbagai teknologi terkemuka dari prototipe cepat menggunakan printer 3D yang presisi menggunakan mesin CAM untuk industri otomotif sehingga setiap produk yang dihasilkannya memiliki kualitas yang baik.

  • Punya empat tipe produk

Sepeda mewah ini punya berbagai macam jenis yang bisa dilihat dari model setangnya, antara lain tipe S, M, P, dan H. Brompton tipe S cocok digunakan oleh pesepeda yang ingin menggowes dengan kecepatan tinggi karena bobot sepedanya lebih ringan sehingga hambatan angin terhadap kecepatan sepeda lebih sedikit.

Kemudian untuk tipe M bisa memberikan perjalanan yang nyaman dan efisien karena penggunanya bisa duduk dalam kondisi tegak saat menggowes sepeda ini. Tipe ini punya desain klasik dan cocok untuk berkeliling area perkotaan dengan pemandangan yang bagus.

Selain itu, ada juga tipe P dengan desain paling rumit dan menawarkan dua posisi pegangan. Satu posisi setang memiliki tinggi yang melebihi tipe M, dan satu posisi lainnya lebih rendah dari tipe S. Setang pada tipe P ini memang dirancang untuk tur dan perjalanan jauh karena penggunanya dapat mengubah posisi tangan dan membuat perjalanan jarak jauh menjadi lebih nyaman.

Untuk Brompton tipe H punya desain setang lebih tinggi dari semua jenis sepeda Brompton yang ada. Jenis setang tipe ini menggunakan setang yang digunakan oleh tipe M namun lebih panjang sekitar 60 mm. Tipe ini cocok untuk perjalanan santai untuk keliling kota.

  • Tiga diler di Indonesia 

Sepeda Brompton dijual di Indonesia melalui tiga diler yang ada di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. Di diler-diler ini para penggemar Brompton selain bisa membeli sepeda, juga bisa membeli aksesoris dan suku cadang sepeda serta melakukan perawatan sepeda.

  • Harga mulai dari Rp20 jutaan

Sepeda ini punya harga bervariasi tergantung pada tipe dan jenis sepeda yang dipilih mulai dari Rp20 jutaan hingga lebih dari Rp60 jutaan per unitnya. Sepeda ini juga mengeluarkan beberapa seri eksklusif dan terbatas.

  • Seri khusus dengan produksi terbatas

Pada saat Royal Wedding pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton di Inggris tahun 2011 lalu, brand ini mengeluarkan seri Royal Wedding Edition 2011 yang hanya dibuat 300 unit untuk pasar Asia Timur. 

Sepeda khusus ini didesain dengan warna sake white dan dilengkapi dengan S bag bergambar mahkota dan sadel Brooks B17 special copper rail. Sepeda ini dijual di situs penjualan online dengan harga Rp80 jutaan.

(Baca juga: Boleh Ditiru Jakarta, Ini Daftar Kota Surga Bagi Pesepeda)

Selain itu, ada juga seri Brompton Jubilee 2012 yang dibuat sebanyak 500 unit untuk memperingati ulang tahun ke 60 Ratu Elizabeth II bertahta di kerajaan Inggris yang dijual dengan harga Rp46 jutaan.

  • Barang koleksi sejak lama

Sepeda Brompton sebenarnya bukan sepeda merek baru bagi penggemar sepeda. Namun, kasus penyelundupan menggunakan pesawat Garuda Indonesia menjadikan nama sepeda ini menjadi lebih familiar di masyarakat yang ternyata memiliki harga fantastis untuk sebuah sepeda lipat.

Apakah kamu tertarik membelinya? Manfaatkan kartu kredit BRI untuk membelinya di toko-toko sepeda langganan kalian ya. Pilih dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.