Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Lingkungan Bergaji Tinggi

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Sebagian dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan jurusan Teknik Lingkungan. Ya, jurusan yang satu ini mungkin belum setenar Teknik Informatika ataupun Teknik Elektro. Tetapi, bila berbicara mengenai prospek pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan, jurusan ini rupanya enggak kalah menarik dibanding jurusan teknik lainnya.

Di Indonesia sendiri, jurusan Teknik Lingkungan dulu dikenal dengan nama Teknik Penyehatan, yang mana jurusan ini pertama kali ada di ITB sekitar tahun 1962 silam. Kemudian disusul oleh ITS dan Institut Teknologi Yogyakarta yang membuka jurusan Teknik Lingkungan pada tahun 1983.

Rata-rata jurusan Teknik Lingkungan mempelajari bagaimana cara menciptakan sebuah lingkungan yang sehat dengan memanfaatkan teknologi terbarukan. Pada jurusan ini juga, kamu belajar menganalisa permasalahan lingkungan beserta pengambilan solusi yang tepat. Cakupan pembelajarannya meliputi sanitasi masyarakat, rekayasa air buangan industri, pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran udara, serta kesehatan lingkungan.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Lulusan Teknik Lingkungan

Sebelum membahas pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan, kamu harus tahu dulu nih apa saja kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Teknik Lingkungan. Karena tidak semua orang bisa mengemban pendidikan pada jurusan ini.

  • Mampu berpikir kritis dan rasional

Menjadi pribadi yang mampu berpikir kritis dan rasional sudah seharusnya dimiliki oleh mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan. Karena nantinya, kemampuan tersebut bisa diaplikasikan dalam menganalisis suatu masalah yang mungkin berdampak besar terhadap lingkungan serta makhluk hidup.

  • Mampu memecahkan masalah

Pintar dalam memecahkan masalah menjadi keunggulan sendiri bagi mereka yang memilih berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan. Pasalnya, hampir setiap hari kita melihat berita mengenai kerusakan lingkungan, yang berarti lulusan Teknik Lingkungan harus mampu memberikan solusi dan tanggap dalam menangani masalah tersebut.

  • Teliti dan punya wawasan luas

Serupa dengan jurusan teknik lainnya, Teknik Lingkungan membutuhkan orang-orang yang memiliki tingkat ketelitian tinggi, karena banyaknya mata kuliah hitungan dalam jurusan ini. Selain itu, mahasiswa Teknik Lingkungan juga harus memiliki wawasan yang luas, terlebih soal lingkungan dan teknologi.

(Baca Juga: Deretan Profesi Kerja yang Cocok Buat Sarjana Lulusan Ilmu Filsafat)

Peluang Pekerjaan Jurusan Teknik Lingkungan

1. Ahli Ekologi

Pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan yang pertama adalah menjadi seorang ahli ekologi, dimana tugas utamanya melakukan observasi dan penelitian terhadap makhluk hidup serta pengaruhnya pada ekosistem.

Peluang kerja di bidang tersebut semakin luas seiring dengan perkembangan zaman, yang mana seorang ahli ekologi bisa bekerja di NGO atau pemerintah. Tapi sebelum itu, pastikan kamu telah memiliki ilmu-ilmu dasar seputar ilmu biologi dan rekayasa teknologi.

2. Environmental Manager

Pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan berikutnya adalah menjadi environmental manager atau manajer lingkungan. Pekerjaan ini memanfaatkan dasar ilmu tentang prasarana lingkungan untuk merencanakan desain konsep pada suatu perusahaan atau lembaga secara terstruktur.

Lebih spesifik lagi, seorang manajer lingkungan bertanggung jawab penuh terhadap proyek prasarana lingkungan, mulai dari membuat perencanaan umum, menentukan kebutuhan yang sesuai dengan proyek, hingga menganalisis dampak dari konstruksi prasarana yang dibuat.

3. Petugas Konservasi Lingkungan

Sesuai dengan namanya, seorang petugas konservasi lingkungan bertanggung jawab dalam menciptakan dan mengelola suatu lingkungan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mereka juga sering kali memberikan pemahaman pada orang-orang untuk lebih sadar akan kerusakan lingkungan alam.

Biasanya seorang petugas konservasi lingkungan bekerja di lapangan dengan jam kerja yang lebih fleksibel. Untuk bisa menjalani pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan yang satu ini, kamu harus memiliki pengetahuan dasar tentang Sistem Informasi Geografis (SIG). Selain itu, kamu pun harus paham tentang sistem administrasi dalam IT dan memiliki skill presentasi yang mumpuni.

4. Konsultan Lingkungan

Bekerja sebagai konsultan lingkungan juga tak kalah menjanjikan. Bagaimana tidak, salah satu pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan ini jelas mendatangkan keuntungan besar dari segi gaji yang bakal diterima karyawan. Setiap bulan rata-rata seorang staff konsultan lingkungan bisa menerima gaji hingga Rp 9 juta. Lingkup pekerjaannya sendiri meliputi kontaminasi lingkungan, pengelolaan limbah dan daur ulang, serta menanggulangi risiko maupun dampak dari bencana lingkungan.

5. Ahli Konservasi Tanah dan Air

Pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan yang satu ini memang masih sedikit peminatnya, namun pekerjaan ini jelas memiliki peluang karir menjanjikan. Hebatnya lagi, gaji yang bakal diterima oleh seorang ahli konservasi tanah dan air bisa mencapai puluhan juta tergantung dari jabatan serta pengalaman yang dimiliki. Secara spesifik, tugas dari ahli konservasi tanah dan air ialah merencanakan, mengontrol, dan menjaga kelestarian lingkungan khususnya pada tanah dan air.

Besaran Gaji yang Diterima Karyawan Jurusan Teknik Lingkungan

Setelah mengetahui apa saja pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan, tentu muncul pertanyaan dalam benak kita, seberapa besar sih gaji yang bakal diterima tiap bulannya untuk lulusan jurusan ini? Dikutip dari Best Jobs 2019 yang dirilis oleh US News & World Report, Teknik Lingkungan menjadi jurusan yang ramai diminati dan berhasil menempati posisi keempat untuk kategori Best Engineering Jobs.

Lebih lanjut US News menyampaikan bahwa, rata-rata pekerjaan jurusan Teknik Lingkungan di Amerika dapat menerima gaji sekitar Rp 1,29 miliar tiap tahunnya. Bahkan, bila kamu telah memegang jabatan tinggi dalam perusahaan konsultan lingkungan ternama di Amerika, gaji yang akan kamu terima bisa mencapai Rp 1,5 miliar per tahun.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri